HOME / Kebutuhan Protein / Makanan Kaya Nutrisi? Temukan Arti dan Contoh Jenis-Jenis Makanannya

Makanan Kaya Nutrisi? Temukan Arti dan Contoh Jenis-Jenis Makanannya

Makanan Kaya Nutrisi? Temukan Arti dan Contoh Jenis-Jenis Makanannya
Makanan Kaya Nutrisi? Temukan Arti dan Contoh Jenis-Jenis Makanannya (Foto: Daria Shevtsova)

Makanan kaya nutrisi, memang sudah seharusnya menjadi informasi yang banyak dicari. Karena, bagaimana pun juga, makanan yang kaya nutrisi, mau tidak mau memang harus dikonsumsi. Tidak peduli, mau masih itu masih anak-anak, dewasa, remaja, balita, bahkan lansia. Semuanya, pasti punya kebutuhan nutrisi yang wajib dipenuhi. Supaya apa? Ya, supaya tubuh bisa sehat. Betul?

Dan, kabar buruknya. Walaupun sering dijadikan topik pembicaraan, ternyata masih ada  juga golongan orang-orang. Yang belum sepenuhnya memahami, apa itu makanan kaya nutrisi, dan apa saja contoh makanan kaya nutrisi. Apakah kamu termasuk salah satu orangnya? kalau iyah, kamu tenang aja. Karena, dengan kamu menggeser ke bawah, kamu akan menemukan semua jawabannya.  

Apa Itu Makanan Kaya Nutrisi?

Untuk mempermudah kamu, memahami apa itu makanan kaya nutrisi. Dibawah ini, sudah ada poin-poin pembahasan, tentang seluk beluk makanan kaya nutrisi, yang wajib kamu ketahui. Jadi, harap dibaca semua poin-poinnya dengan teliti, supaya tidak ada yang salah nanti. Woke?

Kandungan Nutrisinya Itu Tidak Satu Per Makanan

Yah, namanya juga, makanan kaya nutrisi. Berarti secara tidak langsung, bisa diartikan, sebagai makanan yang memang banyak nutrisinya. Dan, kalau sudah diartikan banyak, berarti nutrisi dari per makanan kaya nutrisi, bisa lebih dari satu. Ambil contoh, untuk telur aja. Dari satu butir telur, bisa mengandung beberapa nutrisi, antara lain, ada protein, vitamin D, vitamin B12 hingga zat besi.

Nutrisi Dari Makanannya Itu Baik Untuk Kesehatan

Sudah pasti. Nutrisi-nutrisi yang ada, di makanan kaya nutrisi. Semuanya, pasti baik untuk kesehatan. Baik disini, sifatnya akan berbeda, tergantung dengan orang yang mengkonsumsinya. Misal, seorang anak, disarankan mengkonsumsi telur, karena bisa membantu perkembangan otak. Berbeda dengan orang dewasa, mengkonsumsi telur, biasanya, jadi pilihan, untuk melakukan diet.

Baca Juga:  5 Sumber Makanan Yang Mengandung Protein Hewani Tinggi

Bisa Dikonsumsi Secara Sendirian dan Digabungkan

Jelas. Makanan kaya nutrisi, bisa dikonsumsi secara sendirian atau juga digabungkan. Ibaratnya, satu saja sudah baik, ya, kalau dua, bisa jadi lebaih baik. Misal, sarapan dengan satu telur rebus aja, itu sudah bisa baik untuk kesehatan. Kalau satu telur rebus, ditambah dengan roti gandum dan daging. sudah pasti, selain bisa lebih enak di lidah, bisa lebih sehat dan bikin perut kenyang juga. Setuju?

Nah, itu dia tiga poin pembahasan tentang apa itu makanan kaya nutrisi. Gimana, kira-kira, sekarang, kamu sudah bisa menebak belum, jenis-jenis makanan apa saja, yang bisa disebut makanan kaya nutrisi? Kalau belum, tidak apa-apa. Karena dibawah, sudah tersedia lengkap penjelasannya.

Contoh Makanan Kaya Nutrisi

Dibawah ini, sudah ada tiga rekomendasi jenis makanan kaya nutrisi. Yang dijamin, semuanya pasti mudah untuk kamu temukan, dimana pun tempat kamu tinggal. Penasaran apa saja jenis makanan- makanannya? Tenang, karena setelah kalimat ini, akan ada poin-poinnya pembahasannya.

Sayuran Hijau

Sayuran hijau yang dimaksudkan disini, tentunya mengarah ke setiap sayuran yang memiliki warna hijau. Seperti, bayam, brokoli, mentimun, selada, kale, dll. Kenapa sayuran-sayuran tersebut termasuk ke jenis makanan kaya nutrisi? Yah, karena, dalam sayuran hijau, ada banyak nutrisinya. Diantaranya, ada kandungan serat, vitamin A, vitamin C, magnesium, kalsium, lutein, dan lain-lain.

Buah Alpukat

Hayoh, siapa yang langsung senang. Setelah mengetahui, kalau ternyata alpukat, termasuk juga ke makanan yang kaya nutrisi. Kalau kamu orangnya, selamat, karena selama ini kamu sudah berhasil mengkonsumsi makanan yang kaya nutrisi. Hati-hati, karena dalam satu alpukat aja, sudah banyak nutrisinya. Antara lain, ada vitamin K, vitamin C, Vitamin B5, Vitamin B6, mineral, hingga potasium.

Baca Juga:  Rekomendasi Jenis Sayuran Yang mengandung Protein Tinggi Yang Enak

Kacang-Kacangan

Jangan salah, kacang-kacangan juga, bisa termasuk ke jenis makanan kaya nutrisi. Walaupun memiliki ukuran yang kecil, nutrisi yang terkandung di kacang tidak sekecil ukurannya. Gimana enggak kecil coba, bayangkan. Kacang-kacangan, bisa dijadikan sumber protein, punya serat yang tinggi juga. Bahkan, si mungil yang satu ini, bisa juga bermanfaat untuk manajemen gula darah. Luar biasa sekali bukan?

Setelah kamu membaca artikel ini sampai selesai. Jadi penasaran, sudah berapa persen, pertambahan pengetahuan kamu, terkait makanan kaya nutrisi sekarang?

Sumber:

https://www.republika.co.id/berita/pc647c349/10-makanan-sempurna-yang-direkomendasikan-ahli-nutrisi-1

https://www.nutriclub.co.id/article-balita/nutrisi/gizi/makanan-nutrisi-tinggi

artikel terkait

DAPATKAN E-BOOK INI

Kumpulan tips diet simpel sehari-hari

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments