HOME / Kebutuhan Protein / 5 Makanan Rendah Protein yang Aman untuk Penderita Gagal Ginjal

5 Makanan Rendah Protein yang Aman untuk Penderita Gagal Ginjal

5 Makanan Rendah Protein yang Aman untuk Penderita Gagal Ginjal
5 Makanan Rendah Protein yang Aman untuk Penderita Gagal Ginjal

Protein adalah salah satu sumber gizi yang penting untuk kesehatan tubuh. Namun, kandungan protein tinggi justru berbahaya bagi penderita gagal ginjal. Karena itulah, penderita gagal ginjal perlu melakukan diet protein dengan cara memakan makanan rendah protein seperti berikut ini.

  1. Kembang Kol

Kembang kol adalah salah satu jenis sayur rendah protein yang bisa dikonsumsi oleh penderita gagal ginjal. Anda juga bisa memanfaatkannya sebagai pengganti kentang yang biasa digunakan untuk lauk berkalium rendah. Karena dalam 124 gram kembang kol hanya mengandung sekitar 176 mg kalium.

Selain aman untuk ginjal, kembang kol juga memiliki banyak nutrisi baik untuk tubuh. Mulai dari vitamin, C dan K yang baik untuk meningkatkan imunitas. Selain itu, sayuran ini juga kaya akan serat dan zat anti-inflamasi untuk melawan peradangan akibat pola hidup tidak sehat.

  1. Kubis

Rekomendasi makanan rendah protein dan lemak berikutnya adalah kubis. Sama seperti kembang kol, sayuran in juga termasuk bahan makanan yang rendah kalium, sehingga aman untuk merawat ginjal tetap sehat. Yang mana, dalam 70 gram kubis hanya terdapat sekitar 13 mg kalium.

Tidak hanya itu saja, kubis juga mempunyai banyak kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh. Salah satunya adalah serat tak larut yang mampu melancarkan BAB serta memelihara sistem pencernaan agar tetap sehat.

Kandungan vitamin C dan K di dalamnya juga lumayan tinggi, sehingga bisa menunjang antibodi dalam tubuh.

  1. Lobak

Rekomendasi makanan rendah protein untuk ginjal adalah lobak. Sayuran ini juga mempunyai kandungan kalium dan fosfor yang tak terlalu tinggi, yaitu sekitar 23 mg kalium dan 135 mg fosfor dalam 58 sehingga tidak bereaksi buruk terhadap gram lobak. Sehingga bahan makanan yang satu ini tidak akan bereaksi buruk terhadap ginjal.

Baca Juga:  Inilah Gejala, Penyebab, & Cara Mengatasi Kekurangan Protein

Kandungan nutrisi dalam sayur lobak juga lumayan banyak. Salah satu yang paling penting yaitu vitamin C sebagai zat antioksidan efektif untuk meringankan risiko katarak dan penyakit jantung.

Rasanya yang agak menimbulkan sensasi pedas juga semakin menambah cita rasa lobak, sehingga Anda pun bisa memakannya lebih nikmat.

  1. Ayam Tanpa Kulit

Penderita gagal ginjal sebaiknya disarankan diet rendah protein. Salah satunya dengan membatasi kandungan protein yang biasanya banyak ditemukan pada daging. Namun, Anda tetap boleh memakan daging ayam untuk mencukupi kebutuhan protein dalam tubuh.

Tapi, perlu diperhatikan agar tidak memakan kulitnya. Jadi, cukup konsumsi dagingnya saja.

Pastikan juga Anda memilih daging ayam segar yang diolah dengan cara memanggangnya. Hal ini agar daging ayam lebih sehat dan juga rendah lemak. Anda bisa mencoba bagian dada ayam yang memiliki kandungan kalium dan natrium rendah, sehingga aman untuk ginjal.

  1. Putih Telur

Selain memanfaatkan dagingnya, Anda juga bisa memakan telur sebagai alternatif lauk untuk penderita ginjal. Ingat ya, bagian putih telurnya saja. Karena bagian kuning telurnya memiliki fosfor yang cukup tinggi dan kurang baik untuk ginjal.

Sebaliknya, putih telur mengandung lebih sedikit kalium, natrium,dan fosfor. Sehingga tidak bermasalah untuk orang yang mengalami penyakit ginjal.

Biasanya putih telur juga dimanfaatkan untuk perawatan dialisis. Yaitu perawatan bagi orang yang memiliki kebutuhan protein tinggi, tapi harus membatasi konsumsi fosfor.

Agar fungsi ginjal kembali sehat dan terjaga dengan baik, sebaiknya para penderita gagal ginjal membatasi konsumsi protein. Baik itu kandungan protein hewani maupun protein nabati.

Anda bisa mencoba 5 makanan rendah protein di atas untuk memulai diet protein sekarang juga. Tentunya, tetap barengi dengan konsumsi makanan sehat lainnya dan rutin berolahraga.

Baca Juga:  Kebiasaan Hidup Sehat dengan Pedoman Gizi Seimbang

Sumber:

https://www.alodokter.com/komunitas/topic/lauk-pauk-protein-rendah
https://health.kompas.com/read/
2020/10/31/150300068/13-makanan-yang-bagus-untuk-penyakit-ginjal?page=all

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Share on tumblr
Share on pinterest

artikel terkait

DAPATKAN E-BOOK GRATIS

Kumpulan tips diet simpel sehari-hari

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments