HOME / Ahli Gizi / Peran Ahli Gizi Penting? Kata Siapa, Baca Deh Artikel Biar Gak Salah Pilih

Peran Ahli Gizi Penting? Kata Siapa, Baca Deh Artikel Biar Gak Salah Pilih

Peran Ahli Gizi Penting? Kata Siapa, Baca Deh Artikel Biar Gak Salah Pilih
Peran Ahli Gizi Penting? Kata Siapa, Baca Deh Artikel Biar Gak Salah Pilih (Foto: Destiawan Nur Agustra)

Peran ahli gizi, agaknya memang sudah menjadi pertanyaan kebiasaan, bagi segilintir orang yang akan melakukan diet. Pertanyaan soal sepenting apa sih peran profesi ‘ngomongin makan’ ini tentunya wajar, apalagi untuk penggiat diet pemula yang masih belum memiliki pengalaman dan pengetahuan apa-apa.

“Kenapa sih harus konsultasi dulu, sama ahli gizi. Kalau mau diet  mah, diet aja langsung, kan udah banyak informasi tentang diet di internet.”

Tenang, apapun pertanyaan soal peran ahli gizi yang kini ada di benak kamu. Hari ini akan ada jawabannya, dengan bantuan artikel ini pastinya.  Jadi yuk, tanpa basa basi, kita kupas tuntas peran ahli gizi disini.

Seperti biasa, disimak teliti, supaya angka timbangan kamu bisa berkurang satu lagi

Alasan Harus Konsultasi dengan Ahli Gizi

Sebelum kamu bisa menyimpulkan, seberapa penting peran ahli gizi, dalam penurunan berat badan yang kamu inginkan. Kamu wajib memahami terlebih dahulu, alasan-alasan kenapa kamu harus melakukan konsultasi ke ahli gizi terkait dengan program diet yang akan kamu jalani.

Berikut penjelasannya:

Masalah Kesehatan Setiap Orang Berbeda

Kamu tidak bisa menyamaratakan masalah gizi kamu, dengan orang lain. Termasuk dengan studi kasus yang sudah bertebaran di internet. Karena, setiap orang memiliki masalah kesehatan gizi yang tidak akan bisa sama. Kenapa ini bisa terjadi? ya, karena latar belakang setiap orang berbeda-beda.

Dengan perbedaaan latar belakang inilah, makanan yang dikonsumsi sehari-hari pasti ada perbedaan juga. Tetapi, hebatnya peran ahli gizi, tenaga profesional ini bisa menggali informasi dan mengatasi masalah kesehatan seseorang sesuai dengan latar belakang yang mereka punya. Keren kan?

Keadaan Setiap Orang Berbeda

Selain masalah kesehatan yang berbeda, setiap orang juga memiliki keadaan kesehatan yang tidak akan sama. Dimulai dari masalah alergi, gaya hidup sehari-hari, hingga makanan dan cara menghidangkan sajian yang sering dilakukan dalam keseharian. Enggak setiap orang suka dengan gorengan, enggak setiap orang tidak suka dengan sayuran. Betul?

Baca Juga:  Mengulik Lebih Dalam Lagi Manfaat Ilmu Gizi Olahraga Yang Banyak Sekali

Disinilah, peran ahli gizi sangat dibutuhkan. Karena kamu, bisa mencapai suatu keinginan, misalnya turun berat badan. Tetapi untuk mencapai keinginan tersebut, caranya itu disesuaikan dengan keadaan kamu. Misal, kamu memiliki alergi terhadap ikan, biasanya nanti akan ada pilihan lain pengganti ikan yang bisa kamu konsumsi, agar penurunan berat badan tidak ada hambatan. Bukankah ini terdengar lebih mudah?

Keamanan Tidak Perlu Ditanya

Kamu bisa saja, mencari informasi tentang cara diet sebanyak apapun yang kamu bisa. Mempraktikkan semuanya, semampu kamu, sebiasa kamu. Tanpa ada campur tangan peran ahli gizi, kamu melakukan semuanya. Ya, sebetulnya itu boleh-boleh saja dilakukan.

Tetapi, yang sekarang jadi pertanyaan adalah, bagaimana dengan keamanan tubuh kamu nanti setelah melakukan diet tersebut? Akan beda cerita, kalau kamu melakukan konsultasi ke ahli gizi terlebih dahulu sebelum melakukan diet. Peran ahli gizi, tentu tidak bisa kamu ragukan soal keamanan informasinya.

Mengingat, tenaga profesional ini sudah dibekali ilmu pengetahuan yang tidak main-main. Dibesarkan juga, dengan pengalaman menangani kasus kesehatan yang tidak hanya satu atau dua orang. Jadi, keamanan soal setiap informasi yang nanti disampaikan, tentu saja bisa terjamin kebenarannya. Masuk akal tidak?

Setelah menyimak artikel ini, sampai disini. Kira-kira, jawaban kamu soal peran ahli gizi itu penting atau tidak, sudah terjawab belum nih?

Sumber:

https://www.sirka.io/blog/peran-ahli-gizi-dalam-diet-seimbang-konseling-hingga-meal-plan

artikel terkait

DAPATKAN E-BOOK INI

Kumpulan tips diet simpel sehari-hari

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments