HOME / Tips Diet / Mengenal Aturan, Rekomendasi Makan, dan Pantangan Diet OCD

Mengenal Aturan, Rekomendasi Makan, dan Pantangan Diet OCD

Mengenal Aturan, Rekomendasi Makan, dan Pantangan Diet OCD
Mengenal Aturan, Rekomendasi Makan, dan Pantangan Diet OCD

Berat badan menjadi salah satu masalah yang membuat risiko mengalami berbagai penyakit lebih tinggi. Salah satu cara untuk bisa menjaga berat badan adalah dengan melakukan diet, seperti diet OCD ini. Cara diet yang benar harus diketahui apalagi berkaitan dengan jenis makanan dan pantangan diet OCD.

Mengenal Diet OCD

OCD sendiri merupakan jenis diet yang Deddy Corbuzier, seorang mentalis kenalkan di Indonesia. Ada metode yang terbilang unik pada jenis diet ini di mana tidak ada yang spesial dalam menu diet OCD agar berhasil. Porsi dan jenis makan masih seperti biasa hanya saja dalam waktu yang benar-benar ketat.

Cara diet ini menerapkan cara berpuasa di jam-jam tertentu sesuai dengan rentang waktu tertentu. Jadi ini merupakan program memperbaiki berat badan dengan makan di waktu tertentu saja. Rentang waktu untuk makan dalam diet ini punya julukan jendela makan.

Jenis Jendela Makan OCD

Ada aturan ketat mengenai waktu untuk makan yang harus dipilih supaya nantinya hasil diet terasa memuaskan. Di dalam jendela makan sendiri, ada beberapa pola berbeda, berikut ini contohnya:

1. Pola 8 Jam

Pertama ada jenis jendela makan selama 8 jam, dalam pola ini lebih cocok untuk pemula yang baru mengenal OCD. Caranya adalah hanya boleh makan dengan “bebas” selama kurun waktu 8 jam setiap harinya. Jadi misalnya saja bebas makan bermula pukul 8, maka hanya boleh makan sampai pukul 16.00.

2. Pola 6 Jam

Berikutnya ada diet OCD 6 jam, pola ini lebih cocok untuk yang sudah terbiasa dengan pola 8 jam. Waktu awal kapan seseorang boleh mulai makan ini bisa mengaturnya sendiri tetapi tetap hanya 6 sehari.

3. Pola 4 jam

Terakhir ada pola yang terbilang sulit yaitu 4 jam dan hanya untuk orang dengan pengalaman diet di pola 6 jam. Seseorang hanya boleh makan seperti biasa dalam waktu 4 jam sehari dan sisanya akan berpuasa.

Baca Juga:  Waktu Makan yang Baik Supaya Tubuh Tetap Sehat dan Bugar

Rekomendasi dan Pantangan Makanan Diet OCD

Banyak orang yang mengalami diet OCD gagal dan ini sebenarnya terjadi karena asupan makanan yang salah. Sebenarnya tidak ada makanan khusus yang harus ada, hal terpenting adalah kandungan kalori setiap makan. Jadi setiap hendak makan, asupan kalori yang masuk perlu mendapat perhatian lebih.

Beberapa rekomendasi makanan yang rendah kalori, misalnya saja whole grain, roti gandum, dan daging. Tetapi setiap kali makan, jangan pernah rakus karena berisiko membuat asupan kalori setiap harinya tetap berlebih.

Berbicara perihal pantangan makan selama menjalani diet OCD, sebenarnya tidak ada pantangan apapun. Seseorang masih tetap bisa makan makanan enak seperti hamburger selama terus memperhitungkan kalori yang masuk.

Hal paling penting adalah porsinya, jadi harus benar-benar mendapat perhatian banyaknya makanan yang masuk. Meski begitu sebaiknya harus menghindari makanan yang mengandung lemak serta minyak tinggi. Pilih saja beberapa makanan sehat, kacang-kacangan, telur, atau daging ayam pun juga boleh.

Manfaat setelah Diet OCD

Ketika sudah melakukan diet OCD sesuai aturan, ada beberapa manfaat yang bisa tubuh terima. Hal pertama tentu saja adalah mengurangi dan menjaga berat badan supaya tetap kondisi ideal. Selain itu, ketika asupan kalori terjaga, resiko penyakit diabetes menjadi lebih rendah dan memperbaiki insulin.

Pencernaan orang dengan diet ini menjadi lebih baik sekaligus menghindarkan dari kolesterol tinggi.

Saat melaksanakan sebuah diet, hal yang paling membuat malas adalah tidak boleh memakan makanan enak. Tidak adanya pantangan diet OCD ini bisa menjadi nilai tambah tersendiri untuk orang yang gemar makan enak.

Sumber:

https://archive.tabloidbintang.com/gaya-hidup/cantik-sehat/72978-diet-ocd-deddy-corbuzier-adakah-pantangan-makanan.html
https://www.qoala.app/id/blog/gaya-hidup/sehat/cara-diet-ocd-yang-benar/
https://www.fimela.com/beauty-health/read/3723189/diet-ocd-seminggu-turun-4-kg-tetap-bisa-makan-enak

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Share on tumblr
Share on pinterest

artikel terkait

DAPATKAN E-BOOK GRATIS

Kumpulan tips diet simpel sehari-hari

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments