HOME / Tips Diet / Wajib Diketahui: 5 Alasan Mengapa Sarapan Itu Penting

Wajib Diketahui: 5 Alasan Mengapa Sarapan Itu Penting

Wajib Diketahui: 5 Alasan Mengapa Sarapan Itu Penting
Wajib Diketahui: 5 Alasan Mengapa Sarapan Itu Penting

Sarapan adalah salah satu kegiatan yang wajib dilakukan di pagi hari. Tidak hanya dapat memberikan energi, sarapan juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Itulah mengapa sarapan itu penting dilakukan.

Proses pembakaran kalori dan metabolisme dalam tubuh terjadi karena adanya kebiasaan melakukan makan di pagi hari. Tidak hanya itu, dengan sarapan, kebutuhan gizi dan vitamin dalam tubuh dapat tercukupi dengan baik melalui makanan yang dikonsumsi.

Mengapa Sarapan Itu Penting?

Perlu diketahui bahwa sarapan juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, seperti untuk metabolisme dan juga membakar kalori dalam tubuh. Manfaat sarapan ini tidak hanya untuk orang dewasa saja, anak-anak pun juga dapat merasakan manfaat sarapan bagi kesehatan tubuh mereka.

Berikut ini adalah alasan mengapa sarapan itu penting bagi tubuh:

1. Melindungi Tubuh Dari Penyakit

Ketika bangun tidur, kadar gula darah pada tubuh biasanya menjadi rendah, sehingga energi juga menurun. Sarapan pagi selain dapat menghasilkan energi, juga dapat menambah imunitas bagi tubuh, serta melindungi tubuh dari risiko terkena berbagai penyakit, seperti penyakit jantung dan diabetes.

Sindrom metabolik, kolesterol jahat, dan meningkatnya trigliserida terjadi karena perut tidak terisi. Oleh sebab itu, disarankan untuk tetap mengonsumsi makanan yang bernutrisi saat sarapan.

2. Membuat Pikiran Menjadi Fokus

Sarapan itu ibarat ‘bahan bakar’ bagi tubuh, seperti mobil yang memerlukan bahan bakar agar dapat jalan dengan cepat. Tubuh pun juga begitu, memerlukan energi untuk dapat beraktivitas seharian.

Jika bahan bakar untuk tubuh sudah terisi, maka konsentrasi akan terjaga dan membuat pikiran menjadi lebih fokus, mudah konsentrasi, karena adanya peningkatan fungsi dan kerja pada otak.

3. Meningkatkan Semangat

Perut lapar atau tidak terisi akan mudah membuat diri menjadi mudah emosi, mudah marah atau kesal. Tidak hanya itu, perut kosong akan membuat tubuh tidak bertenaga, sehingga menjadi tidak semangat beraktivitas. Hal ini terjadi karena tubuh mengalami kekurangan kadar gula.

Baca Juga:  Apa Itu Gizi Seimbang: Pengertian dan Cara Memperolehnya

Jika kadar gula yang dikendalikan oleh pankreas dan hati terlalu rendah maka kelenjar adrenalin akan terpacu untuk mengeluarkan hormon stres. Dengan sarapan dapat membuat stress di pagi hari hilang dan memiliki tenaga untuk beraktivitas serta membuat diri menjadi semangat.

4. Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan.

Menurut para ahli kesehatan, sarapan dapat membuat berat badan seseorang lebih terjaga dengan baik, sebab ada pola makan yang seimbang dibanding yang tidak pernah sarapan di pagi hari.

Terkadang masih banyak persepsi yang menganggap enteng mengenai pentingnya sarapan pagi, sehingga banyak orang yang melewatkannya.

Tidak jarang bagi yang sedang melakukan program diet yang tidak melalui prosedur konsultasi kepada ahli, memiliki pemahaman bahwa kalau sarapan akan membuat berat badan naik.

Hal tersebut salah besar, ternyata sebaliknya, manfaat sarapan pagi untuk diet adalah dapat menurunkan berat badan.

5. Memberikan Nutrisi Bagi Tubuh

Dengan rutin melakukan sarapan sehat setiap pagi, gizi serta nutrisi pada tubuh pun terpenuhi, mulai dari kebutuhan vitamin A, B, C, kalsium dan asupan serat semua akan didapatkan dari rutin sarapan sehat setiap pagi.

Dari beberapa manfaat sarapan yang sudah dijelaskan di atas, maka pertanyaan tentang mengapa sarapan itu penting, terjawab sudah. Agar sarapan memberikan manfaat yang maksimal bagi tubuh Anda, maka Anda tetap perlu memerhatikan kandungan gizi dan nutrisi pada menu sarapan sehat. Semangat hidup sehat!

Sumber :

https://www.alodokter.com/manfaat-sarapan-yang-tidak-boleh-dilewatkan
https://www.alodokter.com/pentingnya-sarapan-dan-makan-malam-saat-diet

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Share on tumblr
Share on pinterest

artikel terkait

DAPATKAN E-BOOK GRATIS

Kumpulan tips diet simpel sehari-hari

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments