HOME / Berat Badan / Berat Badan Ideal Anak Menurut WHO (Untuk Orangtua Harap Disimak)

Berat Badan Ideal Anak Menurut WHO (Untuk Orangtua Harap Disimak)

Berat Badan Ideal Anak Menurut WHO (Untuk Orangtua Harap Disimak)
Berat Badan Ideal Anak Menurut WHO (Untuk Orangtua Harap Disimak) (Foto: Denafi Sy)

Berat badan ideal anak menurut who, tentu, tidak bisa dianggap sebelah mata. Karena, untuk WHO sendiri, sudah hampir berpuluh-puluh tahun lamanya. Dijadikan, badan untuk kiblatnya, tentang seluk-beluk kesehatan manusia secara global. Termasuk, dengan perhitungan, berat badan ideal anak. WHO, sudah punya juga angka-angka standarnya. Tapi, apakah kita bisa langsung percaya?

Jawabannya, tidak bisa begitu saja. Karena, walaupun, berat badan ideal anak menurut who. Angka-angka standarnya, sudah berasal dari penelitian yang ada di 5 benua. Dengan keadaan dan situasi yang berbeda, pastinya. Tetap saja, masih ada beberapa faktor, yang bisa menjadi penyebab. Berat badan anak itu tidak sesuai dengan standar who. Dan dibawah ini, sudah ada penjelasan lengkapnya.

Faktor Yang Mempengaruhi Berat Badan Anak

Hati-hati, jangan sekali-kali punya anggapan. Kalau berat badan anak tidak sama, dengan berat badan ideal menurut who. Itu berarti, anak tidak sehat. Karena, pikiran itu belum tentu tepat. Ada beberapa faktor, yang jadi penyebab, kenapa berat badan seorang anak itu berbeda-beda. Dan, berikut ini, poin-poin pembahasannya:

Faktor Keturunan

Sudah pasti, keadaan fisik keduaorangtua, punya pengaruh juga untuk keadaan fisik anaknya. Jika seorang anak, dilahirkan di keluarga yang memiliki berat badan angkanya tinggi. Kemungkinan besar, anak tersebut juga akan memiliki angka berat badan yang tinggi. Begitu pula, sebaliknya. Anak yang memiliki orangtua berbadan kecil, kemungkinan, tubuh kecil juga akan dialami oleh anak-anaknya.

Faktor Asupan

Selain tadi faktor keturunan, faktor asupan juga ambil peran. Dalam penentuan, naik turunnya, angka berat badan seorang anak. Yah, karena, apapun makanan yang dikonsumsi oleh anak. Sudah pasti, akan selalu ada kandungan nutrisinya. Kalau kandungan nutrisinya baik, akan punya pengaruh baik juga untuk angka timbangan anak. Kalau nutrisinya kurang, ya, angkanya juga bisa kurang.

Baca Juga:  Ini Berat Badan Ideal Remaja Agar Tetap Terlihat Kece & Sehat

Ada Tiga Patokan

Ini serius, ternyata, ada tiga hal yang bisa dijadikan patokan. Apakah berat badan seorang anak ini, tergolong ideal atau tidak. Tentu saja, patokannya ini tidak hanya bergantung, pada angka standar berat badan ideal menurut who. Dan tiga patokan tersebut, diantaranya, ada berat badan, tinggi badan, dan jenis kelamin. Ketiga hal ini, punya pengaruh besar, dengan hasil angka standarnya nanti.

Kalau begitu, berarti, berat badan ideal menurut who salah yah?

Kata siapa, tentu saja tidak. Karena, ya, tadi, balik lagi, untuk who sendiri. Sudah pasti, menetapkan angka-angka standar berat badan ideal anaknya itu, tidak main-main. Tidak ada kebenaran dan kesalahan disini. Tapi, tidak menutup kemungkinan, lebih baik. Dari standar who tadi, digali lagi, dan disesuaikan kembali, dengan kondisi juga situasi anak secara personal.

Bagaimana caranya? Sabar. Silahkan kamu geser kebawah, untuk mendapatkan jawabannya. Woke?

Studi Kasus Berat Badan Ideal Anak Menurut WHO

Misal, ada seorang anak yang berusia 5 tahun. Ternyata, berat badan dari anak tersebut, sudah mencapai angka 17 kg. Angka ini, sudah jelas berbeda, dengan berat badan ideal anak menurut who. Karena, jika mengacu pada who sendiri, anak yang berusia 5 tahun harus memiliki berat badan sekitar 18 kg. Lebih tepatnya, 18,2 kg untuk anak perempuan. Dan, 18,3 kg untuk anak laki-laki.

Apakah dengan begitu, anak 5 tahun yang memiliki berat badan 17 kg ini tidak sehat?

Jawabannya, belum tentu.

Bisa jadi, anak 5 tahun tersebut, memang memiliki keluarga yang badannya itu kecil dan mungil. Jadinya, badan kecil dan mungil itu turun juga ke anak tersebut. Bisa juga, makanan yang dikonsumsi sehari-hari oleh anak 5 tahun tersebut, masih kurang nutrisinya. Tentunya, sekali lagi, ini bukan berarti, anak tidak sehat. Melainkan, hanya perlu perubahan saja, di pola makan anak.

Baca Juga:  Apakah Minum Air Putih Bisa Menambah Berat Badan?

Bisa dimulai, dengan mengganti lauk yang sering dimakan anak, menjadi lebih banyak proteinnya, seperti menggunakan telur, ikan, juga daging ayam. Jadinya, dengan begitu, angka, berat badan ideal anak menurut who. Bukan dijadikan bahan perbandingan, melainkan untuk jadi bahan landasan. Sepakat?

Sumber:

https://www.alodokter.com/komunitas/topic/anak-2-tahun-lebih-berat-badannya-baru-10-kg

https://www.sehatq.com/artikel/berat-badan-ideal-anak-usia-0-12-tahun

artikel terkait

DAPATKAN E-BOOK INI

Kumpulan tips diet simpel sehari-hari

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments