HOME / Tips Diet / Anda Wajib Tahu: 4 Menu Makanan Tinggi Protein untuk Diet

Anda Wajib Tahu: 4 Menu Makanan Tinggi Protein untuk Diet

Anda Wajib Tahu: 4 Menu Makanan Tinggi Protein untuk Diet
Anda Wajib Tahu: 4 Menu Makanan Tinggi Protein untuk Diet

Salah satu penunjang diet adalah menu makanan dengan protein yang tinggi. Makanan tinggi protein untuk diet sebetulnya cukup bervariasi. Pada pembahasan kali ini, Anda akan mengetahui beragam makanan yang kaya protein untuk membantu diet Anda.

Kebutuhan Protein dalam Program Diet

Mungkin terlintas dalam pikiran Anda, mengapa protein sangat dibutuhkan dalam berhasilnya program diet?

Makanan dengan protein tinggi merupakan makanan yang rata-rata membantu perut tetap terasa kenyang. Berbagai variasi makanan protein tinggi umumnya mengandung nutrisi yang berperan penting untuk menjaga tubuh tetap sehat.

Dengan kata lain, terpenuhinya asupan nutrisi yang terkandung dalam berbagai jenis makanan berprotein tinggi akan membantu tubuh Anda tetap bugar meski saat program diet. Ditambah lagi, makanan tersebut efektif dalam mengontrol nafsu makan agar tidak berlebihan.

Apa Saja yang Variasi Menu Makanan yang Kaya Protein?

Dalam rangka program diet, memilih menu makanan tinggi protein sangat penting. Terlebih lagi, menu yang bervariasi juga tidak kalah pentingnya. Jadi, akan lebih baik jika Anda tetap memvariasikan menu untuk diet Anda.

Lalu, apa saja contoh menu diet tinggi protein? Untuk menjawabnya, berikut adalah beberapa makanan yang bisa Anda coba untuk menunjang program diet Anda.

1. Menu Ikan Laut

Segala jenis ikan laut sebetulnya memiliki kandungan protein yang tinggi. Sebagai contohnya, ikan tuna, ikan salmon, udang, dan juga kepiting adalah sumber protein dan zat nutrisi lainnya.

Mengonsumsi ikan laut sebagai menu makanan diet sangat cocok untuk sebagian orang. Terlebih lagi, rasa kenyang akan terasa lebih lama karena terdapat kandungan protein dalam setiap kalori pada ikan laut.

Untuk memaksimalkan hasil, ikan yang Anda konsumsi sebaiknya tidak digoreng ataupun dilapisi tepung. Ini akan berakibat pada penambahan karbohidrat yang akan menghambat diet Anda.

Baca Juga:  Bikin Langsing, Daftar 5 Makanan Rendah Kalori untuk Diet

2. Olahan Daging Segar

Variasi menu diet berikutnya adalah daging segar. Protein tinggi juga terdapat pada daging merah, seperti daging ayam, sapi, dan kalkun. Makanan ini sangat direkomendasikan untuk membuat berat Anda turun.

Mengapa daging segar dapat membantu dalam program diet? Sebenarnya makanan ini sarat akan protein tinggi, mineral, serta vitamin terkhusus vitamin B12. Sedangkan tidak ada kandungan karbohidrat sama sekali dalam daging segar.

Bagaimana mengolah makanan ini agar nutrisi yang didapatkan bisa maksimal? Anda sebetulnya bisa memanggang atau membakarnya. Hanya saja, pada daging ayam disarankan untuk menyisihkan kulitnya terlebih dahulu karena kulit ayam mengandung lemak.

3. Sayuran sebagai Alternatif Menu Diet

Pasti Anda tidak asing saat sayuran disebutkan sebagai alternatif menu untuk berdiet. Banyak sayuran hijau seperti brokoli, mentimun, dan juga kol yang tinggi akan kandungan protein namun tetap rendah karbohidrat dan kalori.

Selain kandungan proteinnya yang tinggi, sayur mayur dikenal kaya akan serat dan air yang akan memberikan rasa kenyang diperut setelah dikonsumsi. Alhasil, Anda tak perlu meragukan khasiat sayur-sayuran dalam menunjang program diet Anda.

4. Segala Jenis Kacang-Kacangan

Untuk melengkapi asupan protein terkhusus saat diet, mengkonsumsi segala jenis kacang-kacangan juga disarankan. Jenis kacang polong hingga kedelai adalah contohnya. Sebagai menu untuk program diet, kacang-kacangan juga efektif dalam menjaga memenuhi kebutuhan nutrisi serta tetap menjaga tubuh tetap sehat.

Jadi, apa kesimpulannya? Kesimpulannya adalah Anda tidak perlu terlalu ketat dalam memilih menu makanan untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan ideal. Menu makanan tinggi protein untuk diet yang sudah disebutkan di atas pasti akan membantu memenuhi kebutuhan nutrisi dan melancarkan diet Anda.

Baca Juga:  Manfaat Diet untuk Manusia Ternyata Sangat Besar

Sumber:

https://www.medicalnewstoday.com/articles/321522#high-protein-foods-for-weight-loss
https://www.dietdoctor.com/high-protein/foods
https://jovee.id/20-makanan-lezat-sumber-protein-tinggi/
https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20210325102707-262-621912/7-makanan-tinggi-protein-untuk-diet-turunkan-berat-badan

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Share on tumblr
Share on pinterest

artikel terkait

DAPATKAN E-BOOK GRATIS

Kumpulan tips diet simpel sehari-hari

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments