HOME / Kebutuhan Protein / Cara Menghitung Asupan Kalori Yang Baik dan Benar Menurut Ahlinya

Cara Menghitung Asupan Kalori Yang Baik dan Benar Menurut Ahlinya

Cara Menghitung Asupan Kalori Yang Baik dan Benar Menurut Ahlinya
Cara Menghitung Asupan Kalori Yang Baik dan Benar Menurut Ahlinya (Foto: Marcus Aurelius)

Cara menghitung asupan kalori, bisa jadi pertanyaan andalan, untuk orang yang sedang menurunkan berat badan. Yah, karena, bagaimana pun juga, suka tidak suka, setuju atau tidak setuju. Perhitungan tentang, berapa kalori dari makanan yang dikonsumsi. Harus jadi hal yang diperhitungkan, supaya tidak berlebihan. Demi, keinginan punya berat badan yang ideal, bisa terwujudkan dan jadi kenyataan. Betul?

Dan, kalau kamu, sedang mencari informasi, bagaimana cara menghitung asupan kalori. Udah, tenang, dan selamat. Selamat untuk apa? selamat, karena kamu, sudah berada di tempat yang tepat. Karena artikel ini, akan memberikan kamu informasi, bagaimana cara menghitung asupan kalori. Informasi ini kan, yang sedang kamu cari? Jadi yuk, tanpa banyak basa-basi, kita langsung ke pembahasan yang inti.

Pahami Ini Sebelum Hitung Asupan Kalori

Sebelum kamu mengetahui, cara menghitung asupan kalori. Ada baiknya, kamu harus memahami tiga hal dibawah ini. Kenapa harus begitu? Yah, karena, dengan kamu mengetahui tiga hal ini tersebut. Kamu akan jauh lebih paham dan kenal, seluk beluk menghitung asupan kalori itu, seperti apa dan bagaimana. Jadi, silahkan dibaca dengan teliti, poin-poin dibawah ini. Oke? 

Aturan Paten Untuk Kalori  

Hal yang wajib kamu ingat dan pahami, kalori itu ukuran, bukan jenis makanan. Dan, apapun yang bisa dikonsumsi, akan selalu ada kandungan kalorinya. Mulai dari, makanan, minuman, buah-buahan, sayuran, dll. Intinya, semua yang bisa dikonsusmi, pasti punya kalori. Untuk angka kandungan kalori, biasanya disajikan dalam bentuk kkal, contohnya 600 kkal, untuk menyebutkan kandungan 600 kalori.

Beda Orang Beda Kebutuhan Kalori

Ini nih, yang menjadi alasan, kenapa kita harus menghitung asupan kalori. Karena, setiap orang, pasti punya kebutuhan kalori yang berbeda. Kenapa bisa begitu? Yah, karena, kebutuhan kalori ini biasanya, dipengaruhi oleh beberapa hal, seperti, umur, tinggi badan, berat badan, jenis kelamin, hingga aktivitas keseharian. Yang mana, tentu saja, semua hal-hal tersebut, setiap orang pasti tidak akan bisa sama.

Baca Juga:  Cara Menghitung Kebutuhan Kalori Per Hari Yang Belum Banyak Diketahui

Tiga Rumus Untuk Hitung Kebutuhan Kalori  

Ada tiga rumus, yang bisa digunakan, untuk menghitung kebutuhan kalori. Dengan kata lain, tiga rumus itu juga, bisa jadi salah satu, cara menghitung asupan kalori, yang harus kamu penuhi per hari. Yang pertama, bisa menggunakan rumus harris-benedict.  Yang Kedua, kamu bisa menggunakan rumus WHO. Dan yang ketiga, terakhir, kamu bisa menggunakan rumus, yang ada pada kalkulator kebutuhan kalori.

Dengan menggunakan tiga rumus diatas. Kamu hanya bisa menemukan angka, kebutuhan kalori kamu perhari, bukan angka asupan kalori. Karena, kalau kamu melakukan, cara menghitung asupan kalori. Berarti, secara tidak langsung, kamu menghitung kalori dari setiap apapun yang kamu konsumsi. Kan, namanya juga, menghitung asupan kalori. Jadinya, kalori di makanan semuanya dihitung. Masuk akal?

Kalau begitu, cara menghitung asupan kalori seperti apa dong?

Pertanyaan yang luar biasa. Silahkan, geser artikel ini kearah bawah, untuk mendapatkan jawabannya.

Cara Menghitung Asupan Kalori

Ini bisa jadi kabar buruk, untuk kamu yang berharap, cara menghitung asupan kalori dengan menggunakan rumus-rumus. Karena, sayangnya, sebanyak apapun mengulik informasi. Tetap saja, tidak ada informasi yang kuat, yang menyatakan kalau rumus A atau rumus B, bisa digunakan untuk menghitung asupan kalori. Rata-rata, hanya ada informasi tentang tiga rumus yang sebelumnya dibahas.

Tapi, jangan dulu tutup artikel ini. Karena, ada satu kabar baik, khusus untuk kamu. Yaitu, sekarang, kamu bisa menghitung asupan kalori dengan menggunakan aplikasi. Iyah, serius, jadinya, di aplikasi tersebut. Kamu bisa mengetahui jumlah kalori, dari makanan dan minuman yang kamu konsumsi, hanya bermodalkan beberapa kali sentuhan. Tidak perlu, pake rumus-rumusan dan hitung-hitungan pastinya.

Baca Juga:  Cara Menghitung Kalori untuk Diet Secara Simpel dan Praktis

Untuk rekomendasi aplikasinya, banyak. Ada, Lose it, FatSecret, FitBit, MyFitnessPal, LifeSum, Noom, Cronometer, dan Carb Manager. Jika belum memungkinkan, menggunakan aplikasi berbahasa Inggris. Kamu bisa menggunakan, aplikasi yang namanya hitung kalori. Tenang aja, aplikasi ini menggunakan bahasa Indonesia. Enggak nyangka, cara menghitung asupan kalori, bisa juga jadi segampang ini. Setuju?

Sumber:

https://hellosehat.com/nutrisi/cara-menghitung-kebutuhan-kalori/

https://www.brilio.net/gadget/11-aplikasi-penghitung-kalori-makanan-terbaik-android-cocok-buat-diet-220202g.html

artikel terkait

DAPATKAN E-BOOK INI

Kumpulan tips diet simpel sehari-hari

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments