HOME / Berat Badan / Cara Mudah Untuk Bisa Ketahui Berat Badan Ideal Remaja 13 Tahun

Cara Mudah Untuk Bisa Ketahui Berat Badan Ideal Remaja 13 Tahun

Cara Mudah Untuk Bisa Ketahui Berat Badan Ideal Remaja 13 Tahun
Cara Mudah Untuk Bisa Ketahui Berat Badan Ideal Remaja 13 Tahun (Foto: Alexandr Podvalny)

Berat badan ideal remaja 13 tahun, tentu saja sudah tidak asing untuk dipertanyakan oleh sebagian orang. Apalagi jika mengingat bahwa, usia 13 tahun masih berada di waktu remaja mengalami pubertas, yang selalu diiringi dengan pertumbuhan segala-segalanya.

Termasuk berat badan, pastinya. Jadinya, ketakutan akan kelebihan berat badan, tentu saja menjadi hal yang wajar untuk dirasakan.

Dan, untuk kamu, iyah kamu, yang saat ini, sedang mencari informasi tentang berat badan ideal remaja 13 tahun. Selamat, kamu sudah berada di tempat yang tepat. Karena pertanyaan soal berapa berat badan ideal remaja 13 tahun juga, yang jadi pembahasan artikel ini pastinya. Jadi yuk, tanpa basa basi, kita langsung ke pembahasan inti. Woke?

Faktor Yang Mempengaruhi Berat Badan Remaja

Sebelum kamu mengetahui, berapa berat badan ideal remaja 13 tahun. Ada baiknya, kamu wajib mengetahui dan memahami dulu. Faktor-faktor apa saja, yang bisa mempengaruhi berat badan remaja.

Dibawah ini, poin-poin pembahasannya:

Bentuk Tubuh  

Pada saat menginjak usia remaja, pertumbuhan fisik mulai terlihat ada keberadaannya. Dengan kata lain, di waktu yang sama juga, bentuk tubuh akan mulai terbentuk. Dan, hal yang perlu kamu pahami, ada perbedaan karakteristik dan standar angka timbangan, di setiap bentuk tubuh yang remaja punya.

Kenapa ini bisa terjadi? Yah, karena, setiap bentuk tubuh itu memiliki titik massa otot dan tempat penimbunan lemak yang berbeda. Ada yang dibagian atas tubuh, dibagian bawah tubuh, atau pun ada di bagian tengah. Jadi, rasanya, kurang tepat, jika kamu beranggapan bahwa, berat badan kamu harus sama dengan teman kamu, walaupun usia kalian sama. Bisa aja bentuk tubuh kalian beda. Iyah kan?

Baca Juga:  Menu Harian untuk Menambah Berat Badan dalam Waktu Seminggu

Tinggi Badan

Tentunya, kamu sudah tidak asing lagi, mendengar bahwa, tinggi badan bisa mempengaruhi angka berat badan ideal seseorang bukan? Yah, karena, memang begitu adanya. Tinggi badan, bisa mempengaruhi angka ideal timbangan, tentunya berlaku juga untuk berat badan ideal remaja 13 tahun.

Biasanya, orang yang memiliki angka tinggi badan yang tinggi, cenderung memiliki bobot tubuh yang ringan. Sebaliknya, orang yang memiliki angka tinggi badan yang rendah, biasanya memiliki bobot tubuh yang cenderung berat. Tapi, jangan jadikan itu patokan pasti, karena pengaruh genetik juga gaya hidup seseorang, bisa lebih dipercaya kebenarannya dibanding dengan hanya berpatokan pada tinggi badan.

Bagaimana, setelah kamu mengetahui, dua faktor yang mempengaruhi berat badan remaja dari penjelasan diatas. Jadi, sudah bisa menyimpulkan dong, kalau berat badan ideal remaja 13 tahun, tidak bisa hanya bisa sekedar kamu patok dengan angka. Karena, akan lebih baik, jika kamu menghitungnya.

Terus, cara menghitungnya bagaimana?

Pertanyaan bagus, geser terus artikel ini ke arah bawah untuk mendapatkan jawabannya.

Cara Menghitung Berat Badan Ideal Yang Tepat

Sebetulnya, ada dua cara untuk mendapatkan angka berat badan ideal yang tepat, salah satunya adalah dengan BMI alias Body Massa Index. Dan kabar baiknya, ini bisa diterapkan juga untuk menentukan angka berat badan ideal remaja 13 tahun. Dibawah ini, cara menghitung BMI yang bisa kamu coba tiru

Pertama, kamu perlu mengkalikan angka tinggi badan yang kamu punya ke kuadrat, setelah itu, kamu bisa bagi angka berat badan kamu ke angka kuadrat tinggi badan.  Misal, tinggi badan kamu 150 cm dan berat badan 50 kg. Ini perhitungan BMI kamu.

Baca Juga:  Ini Jadwal Makan untuk Menambah Berat Badan Secara Sehat

BMI= 1,50 x 1,50 = 2,25 cm

       = 50 : 2,25 = 22,2

Jadinya, angka BMI kamu adalah 22,2.

Setelah itu, kamu tinggal bandingkan angka BMI yang kamu punya, masuk ke kategori berat badan yang mana. Apakah masuk ke kategori kurang yang angkanya dibawah 18,5. Atau masuk ke kategori normal, yang angkanya diantara 18,5-22,9. Atau masuk ke  kategori cenderung obesitas, yang angkanya antara 23-29,9. Atau bisa juga, masuk ke kategori obesitas, yang hasil angka IMT nya 30 ke atas.

Mudah sekali bukan, untuk menghitung  berat badan ideal remaja 13 tahun di artikel ini?

Sumber:

https://kumparan.com/hello-ladies/berat-badan-ideal-umur-13-tahun-segini-kisarannya-1w8f7r1ryQT/full

https://www.alodokter.com/komunitas/topic/berapakah-berat-badan-ideal-untuk-usia-13tahun-perempuan-dan-bagaimanakah

https://hellosehat.com/nutrisi/cara-menghitung-indeks-massa-tubuh/

artikel terkait

DAPATKAN E-BOOK INI

Kumpulan tips diet simpel sehari-hari

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments