HOME / Tips Diet / 2 Cara Menghitung Berat Badan Ideal Wanita Sesuai Umur

2 Cara Menghitung Berat Badan Ideal Wanita Sesuai Umur

2 Cara Menghitung Berat Badan Ideal Wanita Sesuai Umur
2 Cara Menghitung Berat Badan Ideal Wanita Sesuai Umur

Tubuh dengan berat badan ideal tidak hanya bisa menambah kepercayaan diri dan menjaga penampilan. Nyatanya, ini juga baik untuk tetap menjaga tubuh dalam kondisi sehat. Sudah tahu bagaimana cara menghitung berat badan ideal wanita sesuai umur?

Menjaga berat badan tetap ideal mungkin butuh usaha yang lebih bagi sebagian orang. Untuk berbagai alasan, Anda bisa tetap mempertahankan berat badan agar tidak bertambah ataupun berkurang.

Sekarang ini, banyak sekali website yang memungkinkan Anda untuk tahu cara menghitung berat badan ideal wanita sesuai umur online.

Berat Badan Ideal Wanita

Anda bisa menggunakan tabel berat badan ideal untuk mengetahui apakah berat badan sudah ideal atau belum. Atau Anda bisa berpatokan pada Body Mass Index atau BMI dengan ketentuan sebagai berikut:

  • BMI kurang dari 18 maka berat tubuh tergolong kurus
  • Untuk BMI antara 18-25 maka berat badan terbilang normal
  • Untuk BMI antara 25-27 maka dinyatakan gemuk atau kelebihan berat badan
  • Sementara untuk BMI di atas 27, berarti tubuh tergolong obesitas

Cara Menghitung Berat Badan

Jika sudah tahu tinggi ideal wanita berdasarkan umur, Anda bisa mengecek berat badan yang ideal. Menghitung berat badan tidak bisa hanya melihat kondisi fisik. Usia, jenis kelamin, aktivitas fisik, dan persentase lemak tubuh adalah beberapa faktor yang mempengaruhi penghitungan berat badan.

Body Mass Index atau BMI

BMI adalah perhitungan berat badan yang melibatkan tinggi dan berat badan. Cara ini bisa membantu Anda mengetahui kategori berat badan, apakah kurus, normal, gemuk, atau bahkan obesitas.

Metode ini membantu Anda mendapatkan pengukuran spesifik tidak hanya untuk orang dewasa, tetapi juga untuk anak dan remaja. Massa otot salah satu faktor yang mempengaruhi perhitungan berat badan. Biasanya, berat badan wanita lebih rendah dari pada laki-laki karena faktor tersebut.

Baca Juga:  5 Manfaat Makan Telur Rebus di Pagi Hari Setiap Hari

Perhatikan tinggi dan berat badan ideal sesuai umur untuk menghitung menggunakan BMI.

BMI= berat badan (kg) / [tinggi badan (m) × tinggi badan (m)]

Contoh:

BMI= 50 / [1,48 x 1,48]

= 50 / 2,19

= 22,83

Rumus Broca

Penamaan rumus ini diambil dari nama penemunya, yaitu Pierre Paul Broca. Dibandingkan dengan BMI, rumus ini bisa menghitung berat badan lebih spesifik karena ada perbedaaan antara jenis kelamin. Dengan demikian, Anda bisa menghitung berat badan ideal wanita berdasarkan umur.

Berat badan ideal = [tinggi badan (cm) – 100] – [(tinggi badan (cm) – 100) x 15%]

Contoh:

BB ideal = [148 – 100] – [(148 – 100) x 15%]

= 48 – [48 x 15%]

= 48- 7,2

= 40,8

Jadi, berat badan ideal untuk wanita dengan tinggi badan 148 adalah 40,8 kg.

Karena kondisi tubuh wanita berpengaruh pada berat badan, maka perhitungan berat badan mereka tidak selalu akurat. Kondisi tubuh antara ibu hamil dan wanita lansia membuat mereka memiliki berat badan ideal yang berbeda.

Jika dibandingkan dengan wanita lansia, wanita mudah memiliki lemak yang lebih sedikit. Oleh karena itu, berat badan ideal mereka berbeda.

Tips Menjaga Berat Badan

Untuk menjaga berat badan tetap ideal, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan, seperti melakukan olahraga teratur, menjaga pola makan dan menghindari kebiasaan makan yang buruk. Selain itu, Anda juga bisa berkonsultasi dengan ahli agar mendapatkan pendampingan dari orang yang tepat.

Jadi, setelah mengetahui cara menghitung berat badan ideal wanita sesuai umur, apakah Anda akan segera mempraktikannya? Menjaga berat badan dalam kondisi ideal berarti juga menjaga tubuh dalam kondisi sehat. Namun, harus Anda imbangi dengan gaya hidup yang sehat.

Baca Juga:  Cara Jitu untuk Meraih Berat Badan Ideal

Sumber:

https://mommyasia.id/8112/article/berapa-sih-berat-badan-ideal-berdasarkan-umur-dan-jenis-kelaminnya-cek
https://jovee.id/ladies-ini-dia-cara-menghitung-berat-badan-ideal-anda/
https://www.99.co/blog/indonesia/cara-menghitung-berat-badan-ideal/

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Share on tumblr
Share on pinterest

artikel terkait

DAPATKAN E-BOOK GRATIS

Kumpulan tips diet simpel sehari-hari

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments