HOME / Tips Diet / 6 Pilihan Makanan Rendah Lemak yang Cocok untuk Diet

6 Pilihan Makanan Rendah Lemak yang Cocok untuk Diet

6 Pilihan Makanan Rendah Lemak yang Cocok untuk Diet
6 Pilihan Makanan Rendah Lemak yang Cocok untuk Diet

Lemak menjadi hal yang dihindari terutama oleh orang yang sedang menurunkan berat badan. Makanan rendah lemak pun dipilih agar berat badan tidak melonjak.

Sebenarnya, orang-orang secara umum juga perlu memerhatikan lemak yang mereka makan. Pasalnya, kelebihan lemak akan memberi dampak buruk bagi tubuh.

Konsumsi lemak berlebih dapat menyebabkan obesitas, penyakit jantung, stroke, diabetes, dan gangguan pencernaan. Selain itu, kenaikan berat badan akibat konsumsi lemak berlebih dapat merusak sel otak.

Agar tidak kelebihan lemak, makanan berikut bisa Anda pilih sebagai menu harian.

Sayuran

Sayuran menjadi makanan rendah lemak yang menyehatkan bagi tubuh. Makanan ini mengandung berbagai nutrisi penting. Terutama sayuran hijau yang tinggi serat dan baik untuk pencernaan.

Karena kandungan seratnya, sayuran hijau bisa menjadi makanan rendah lemak untuk diet. Serat memberi rasa kenyang lebih lama sehingga Anda akan makan lebih sedikit. Banyaknya makanan yang dimakan pun bisa dikontrol.

Contoh sayuran hijau yaitu bayam, kangkung, brokoli, kale, dan lainnya. Di luar itu, sayur selain sayuran hijau pun tetap rendah lemak dan bernutrisi bagi tubuh. Misalnya, wortel yang mengandung vitamin.

Buah

Buah merupakan makanan rendah lemak dan kalori. Contohnya, kandungan lemak pada 100 gram semangka hanya sekitar 0,15 gram. Sedangkan kalorinya, hanya sebesar 30 kalori tiap 100 gram.

Meski kandungan lemak pada buah sangat rendah, nutrisi yang dikandungnya cukup banyak. Beberapa buah mengandung antioksidan sebagai penangkal radikal bebas. Dengan begitu, penyakit akan lebih sulit untuk masuk ke dalam tubuh.

Selain itu, beberapa buah diperkaya serat sehingga baik untuk pencernaan. Serat memperlancar proses pencernaan dan membuatnya tetap sehat. Serat juga memberi rasa kenyang lebih lama sehingga mengontrol jumlah makan akan lebih mudah.

Baca Juga:  Manfaat Mengkonsumsi Makanan Sehat Dalam Menjaga Badan Tetap Fit

Putih Telur

Putih telur memiliki kandungan lemak yang rendah. Putih telur dari 1 butirnya bahkan hanya mengandung 0,06 gram lemak. Jumlahnya lebih sedikit dibanding kuning telur yang memiliki lemak sebanyak 4,5 gram.

Kalori pada putih telur juga kecil, hanya 17 kalori. Meski begitu, putih telur mengandung protein sebanyak 3,6 gram. Ini menjadikan putih telur makanan rendah lemak tinggi protein yang cocok untuk diet.

Ikan

Ikan adalah salah satu sumber protein yang rendah lemak. Sebagai contoh, kandungan lemak pada 100 gram ikan tongkol hanya sebesar 0,92 gram. Dengan begini, Anda bisa makan ikan tanpa khawatir akan kandungan lemaknya.

Ikan juga mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh. Selain protein, ikan mengandung omega-3. Zat ini baik untuk menjaga agar jantung tetap sehat.

Kacang Hijau

Kacang-kacangan adalah sumber protein yang baik. Salah satunya adalah kacang hijau. Sumber protein ini mengandung lemak sekitar 0,58 gram tiap 100 gramnya.

Kacang hijau yang rendah lemak tetap mengandung nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Fosfor, kalsium, kalium, zat besi, serta beragam vitamin ada di dalam kacang hijau.

Manfaat kacang hijau pun banyak. Misalnya, melancarkan pencernaan, menyehatkan jantung, menjaga berat badan, dan lainnya.

Dada Ayam Tanpa Kulit

Dada ayam tanpa kulit juga merupakan makanan dengan kandungan lemak yang rendah. Tiap 100 gram dada ayam tanpa kulit hanya sekitar 3,5 gram.

Tentu akan berbeda jika Anda menyertakan kulitnya ke dalam menu. Karena lemak yang ada pada ayam banyak terdapat pada kulitnya. Jika mengambil kulitnya saja, kandungan lemaknya sekitar 40,68 gram tiap 100 gramnya.

Itulah contoh makanan rendah lemak yang bisa Anda pilih. Cara mengolah makanan tadi juga perlu diperhatikan. Pengolahan dengan digoreng tentu akan menambah jumlah minyak dibanding dengan dikukus.

Baca Juga:  Wajib Diketahui: 5 Alasan Mengapa Sarapan Itu Penting

Sumber:

https://www.sehatq.com/artikel/makanan-rendah-lemak-yang-baik-untuk-kesehatan/amp
https://mobile.fatsecret.co.id/kalori-gizi/umum/putih-telur
https://hellosehat.com/nutrisi/berat-badan-turun/protein-rendah-lemak/%3famp=1
https://www.alodokter.com/jangan-sia-siakan-beragam-manfaat-kacang-hijau-ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Share on tumblr
Share on pinterest

artikel terkait

DAPATKAN E-BOOK GRATIS

Kumpulan tips diet simpel sehari-hari

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments