HOME / Tips Diet / Pola Makan yang Sehat Sesuai Kebutuhan Nutrisi untuk Tubuh

Pola Makan yang Sehat Sesuai Kebutuhan Nutrisi untuk Tubuh

Pola Makan yang Sehat Sesuai Kebutuhan Nutrisi untuk Tubuh
Pola Makan yang Sehat Sesuai Kebutuhan Nutrisi untuk Tubuh

Menerapkan pola makan yang sehat sebenarnya tidak sulit. Tetapi, terlalu banyak pilihan dan keinginan membuat semua orang menerapkannya perlu kedisiplinan tinggi. Ada banyak pantangan terdengar dari berbagai pihak.

Misalnya, dilarang makan daging berlemak. karena, efeknya tidak bagus untuk kesehatan. Bagi penderita darah tinggi hindari daging kambing. Sebenarnya, semua itu dikonsumsi tidak ada masalah dan wajib untuk dimakan.

Beberapa negara lain sudah mulai menerapkan pola makan sehat seperti ini dengan menjaga benar menu makanan mereka setiap harinya. Karena, saat Anda gagal dalam untuk menjaganya berbagai risiko datang.

Bisa mengalami penyakit jantung atau diabetes. Permasalahan utamanya ada di kandungan lemak yang bertumpuk. Perlu diingat, kandungan tersebut bukan hanya dari daging saja. Melainkan, karbohidrat dan glukosa secara berlebihan.

Keduanya, bisa menjadi penyumbang berat badan naik secara berlebihan. Oleh karena itu, sebaiknya, mulai perhatikan apa saja yang bisa dimakan setiap harinya. Serta sesuaikan dengan asupan nutrisinya.

Menyeimbangkan kandungan satu dengan lainnya dinilai efektif dalam menerapkan pola hidup sehat. Contohnya, konsumsi protein, Karbohidrat, serta lemak harus seimbang setidaknya rata-rata 30% dari total asupan harian.

Pola Makan yang Sehat dan Dianjurkan

Satu catatan penting yang harus diberi garis tebal adalah jangan pernah menghindari lemak. Banyak kasus orang sedang melakukan program diet tidak makan daging tetapi, lebih memilih memperbanyak karbo serta glukosa.

Kondisi tersebut jauh lebih buruk dibandingkan Anda makan lemak seperti biasa karena, tubuh juga butuh sebagai energi setiap hari. Anjuran berikutnya adalah hindari menu olahan seperti junk food.

Mungkin, untuk satu atau dua kali masih diperbolehkan. Setidaknya, satu minggu atau lebih baik sebulan sekali saja. Bahaya, dari menu olahan ini sangat nyata penambahan berat badan menyebabkan penyakit bertambah.

Baca Juga:  Perlu Dicoba: Ide Menu Sarapan Sehat Untuk Diet

Junk food memiliki berbagai racun didalamnya. Hal ini bisa diperparah bila Anda kurang bergerak atau sulit berolahraga. Selain itu, bila dilihat dari kadar gizi, sepertinya tidak ada.

Dengan kata lain, pencinta junk food mereka makan racun bila itu setiap hari, maka dampaknya akan sangat terasa. Oleh karena itu, cobalah menggantinya dengan sayuran hijau. Banyak vitamin dan serat.

Sayuran hijau ini pilihannya ada banyak tetapi, perlu diperhatikan juga jumlah konsumsinya. Jangan sampai berlebihan. Pemenuhan serat serta vitamin tersebut membuat rasa kenyang bisa bertahan cukup lama.

Jadi, kemungkinan untuk ingin makan lagi pasti kecil. Pilihannya adalah bayam atau tomat bisa juga kangkung. Olahannya sendiri cukup banyak tetapi, paling baik adalah direbus dibandingkan digoreng.

Karena, minyak untuk penggorengan sendiri juga menyumbang berbagai penyakit dikemudian hari. Belum lagi bumbu dan lain sebagainya. Tetapi, jangan terlalu lama direbus, bisa jadi nutrisinya akan hilang.

Membuat Jurnal Tentang Makanan Sehat

Sebagai upaya menjalankan pola makan sehat dan dianjurkan oleh para pakar. Sebaiknya, Anda lakukan konsultasi kepada Ahli gizi terlebih dulu. Kemudian, membuat jurnal secara keseluruhan, lebih baik per bulan.

Tetapi, tidak salah juga bila pembuatannya juga dilakukan per minggu. Beberapa pakar menyebutkan hal ini bisa jadi solusi dalam menurunkan berat badan. Karena, hasilnya cukup efektif menstimulus otak.

Usahakan dalam mengisi jurnal tersebut sudah sesuai dengan kebutuhan nutrisi harian. Berapa Vitamin A, B, dan C, Zinc serta mineral. Penerapan ini membuat tubuh sehat dan berat bisa menurun.

Pola makan yang baik memang diperlukan oleh semua orang. Terutama, bagi mereka penderita penyakit tertentu. Harus diperhatikan secara detail. Agar penyakit bisa disembuhkan atau minimal berkurang secara perlahan.

Baca Juga:  Dengan Pola Makan Sehat Kualitas Hidup Semakin Meningkat

Boleh kembali ke pola tidak sehat misal makan junk food lagi. Hanya saja, cukup sekali saja. Jangan berlebihan misalnya, satu bulan cukup sekali. Usahakan peraturan tersebut selalu dipatuhi.

Kebiasaan makan juga perlu dievaluasi. Bila selama ini membuat perut kenyang atau bahkan, berlebihan. Sebaiknya, mulai dikurangi. Baiknya, posisikan perut dalam keadaan tidak kenyang atau lapar pastikan ditengah,

Jadi, polanya seperti ini, sebelum merasa kenyang berhenti. Jika, akan lapar makan untuk bisa menerapkannya perlu ada waktu. Contohnya, jam 12 siang harus konsumsi, kemudian nanti 5 sore.

Untuk pengaturannya tergantung Anda poinnya adalah konsumsi sedikit dan sesuai kebutuhan. Dengan menerapkan pola makan yang sehat seperti ini, dijamin imun tubuh akan meningkat dan terhindar dari penyakit.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Share on tumblr
Share on pinterest

artikel terkait

DAPATKAN E-BOOK GRATIS

Kumpulan tips diet simpel sehari-hari

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments