HOME / Ahli Gizi / 6 Cara Agar Bisa Cepat Tidur Pulas dan Bebas Insomnia

6 Cara Agar Bisa Cepat Tidur Pulas dan Bebas Insomnia

6 Cara Agar Bisa Cepat Tidur Pulas dan Bebas Insomnia
6 Cara Agar Bisa Cepat Tidur Pulas dan Bebas Insomnia

Idealnya, orang dewasa butuh waktu tidur sekitar 8 jam sehari. Tapi, jumlah tersebut ternyata sulit ditepati bagi sebagian orang. Setiap waktunya tidur selalu saja ada masalah yang mengganggu.

Lembur pekerjaan, ketagihan bermain ponsel, hingga gangguan insomnia. Bagi Anda yang mengalami hal ini, coba terapkan 6 cara agar bisa cepat tidur pulas berikut ini.

  1. Buat Jadwal Tidur

Cara pertama agar Anda bisa tidur lelap setiap hari yaitu dengan membuat jadwal tidur secara khusus. Setelah membuatnya, pastikan Anda juga mematuhinya setiap hari.

Jangan terbiasa begadang hingga mengurangi waktu tidur dan akhirnya tidur terlalu banyak di akhir pekan. Karena hal itulah yang bisa mengganggu jam biologis dan menyebabkan Anda insomnia.

  1. Olahraga Rutin

Rajin berolahraga tidak hanya baik untuk menjaga kesehatan fisik, tapi juga membantu meningkatkan kualitas tidur lho! Biasakan olahraga rutin setiap hari, mulai dari yang sifatnya ringan, sedang, atau berat.

Kebiasaan olahraga efektif sebagai salah satu cara agar bisa cepat tidur malam. Karena dengan aktif bergerak di pagi atau siang hari, Anda lebih mudah mengantuk dan akhirnya cepat tertidur. Kualitas tidur pun meningkat lebih baik dan menghindarkan Anda dari berbagai gangguan tidur.

  1. Mandi Air Hangat

Cara cepat tidur pulas berikutnya yaitu dengan mandi air hangat sebelum tidur. Kenapa harus air hangat? Karena temperaturnya mampu melancarkan sirkulasi darah dan merilekskan tubuh.

Otot-otot tubuh yang tegang pun jadi lebih rileks dan terasa tenang. Sehingga Anda bisa mengurangi kecemasan hingga gangguan migrain yang menghambat tidur.

  1. Hindari Bermain Gadget

Terlalu lama bermain gadget adalah salah satu pemicu insomnia yang sering terjadi. Mulai dari bermain ponsel, menghadap layar komputer, atau menonton TV terlalu dekat. Layar biru yang dipancarkan dari semua alat elektronik tersebut beresiko mengurangi hormon melatonin dalam tubuh. Sehingga Anda semakin sulit tidur dan diliputi kecemasan sepanjang malam.

Baca Juga:  5 Tanda Imun Kuat yang Perlu Anda Perhatikan!

Cara mengatasi insomnia seperti ini yaitu dengan mengurangi penggunaan gadget sebelum tidur. Setidaknya jauhi berbagai alat elektronik sekitar satu setengah jam menjelang tidur. Lalu ganti dengan melakukan kegiatan yang bisa merilekskan tubuh dan pikiran, misalnya dengan relaksasi.

  1. Relaksasi

Pernahkan Anda memejamkan mata dan bersiap untuk tidur, tapi kemudian muncul banyak pikiran yang mengganggu? Mulai dari meresahkan kejadian tadi pagi, kemarin hari, hingga sesuatu hal di masa depan yang belum terjadi.

Jika muncul pikiran yang mengganggu, segera tangkis dengan keyakinan bahwa masalah tersebut hanyalah ketakutan yang belum tentu terjadi.

Di sinilah pentingnya relaksasi sebagai salah satu cara tidur berkualitas. Bagaimana caranya? Contohnya beragam. Mulai dari melakukan peregangan lewat gerakan yoga, membaca buku ringan, menulis jurnal syukur, memasang aromaterapi dan mendengarkan musik yang menenangkan.

  1. Terapkan Teknik Tidur Cepat

Anda juga bisa menerapkan cara tidur cepat 30 detik agar segera terlelap dan bebas insomnia. Caranya yaitu dengan melakukan teknik pernapasan 4-7-8 yang bisa dimulai membuang nafas sekuatnya, tutup mulut, dan tarik nafas lagi dalam 4 hitungan.  Tahan nafas  hitungan, kemudian keluarkan hingga 8 hitungan.

Dengan teknik pernapasan seperti ini Anda bisa mengambil lebih banyak oksigen. Sehingga saraf-saraf tubuh lebih rileks, dan Anda pun bisa cepat tertidur pulas.

Gangguan tidur tidak terjadi begitu saja. Beberapa penyebabnya memang dikarenakan kebiasaan buruk kita sendiri, seperti terlalu banyak bermain gadget menjelang tidur.

Untuk itu, terapkan 5 cara agar bisa cepat tidur di atas agar tidur Anda semakin berkualitas. Lakukan secara rutin agar bisa menjadi kebiasaan yang baik dan sehat.

Sumber:

https://www.alodokter.com/ini-cara-cepat-tidur-yang-mudah-dan-praktis
https://hellosehat.com/pola-tidur/tips-tidur/cara-cepat-tidur-dalam-satu-menit/
https://kesehatan.kontan.co.id/news/6-cara-cepat-tidur-efektif-yang-patut-dicoba

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Share on tumblr
Share on pinterest

artikel terkait

DAPATKAN E-BOOK GRATIS

Kumpulan tips diet simpel sehari-hari

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments