HOME / Kebutuhan Protein / 7 Rekomendasi Camilan Tinggi Protein yang Lezat dan Sehat

7 Rekomendasi Camilan Tinggi Protein yang Lezat dan Sehat

7 Rekomendasi Camilan Tinggi Protein yang Lezat dan Sehat
7 Rekomendasi Camilan Tinggi Protein yang Lezat dan Sehat

Tidak dapat dipungkiri bahwa saat ini semakin banyak jenis camilan yang beredar dalam masyarakat. Tetapi Anda tidak boleh sembarangan dalam memilihnya. Camilan tinggi protein bisa menjadi opsi terbaik untuk bisa ngemil sehat.

Protein memegang peran yang penting karena bisa membuat tubuh tetap sehat dan bernutrisi. Memperhatikan asupannya dengan maksimal dapat menjaga kesehatan tubuh.

Lalu, apa saja jenis camilan dengan protein tinggi yang bisa diperoleh?

Apa Saja Contoh Camilan dengan Protein Tinggi?

Sebelum membahas mengenai camilan berprotein, Anda perlu mengingat bahwa kebutuhan protein setiap orang berbeda. Hal itu bisa didasarkan pada berat badan maupun umur. Untuk lebih jelasnya, kebutuhan asupan protein setiap orang adalah sebagai berikut:

  • Pria dewasa membutuhkan 56 gram protein per hari.
  • Perempuan dewasa membutuhkan 46 gram protein per hari.
  • Pria remaja memerlukan 52 gram protein per hari.
  • Perempuan remaja memerlukan 46 gram protein per hari.
  • Anak-anak memerlukan 19-44 gram, sedangkan balita 10 gram per hari.

Setelah mengetahui pedoman tersebut, selanjutnya Anda bisa memperolehnya melalui camilan berprotein tinggi yang bagus untuk tubuh.

1. Roti Panggang

Camilan pertama yang bisa Anda konsumsi adalah roti panggang. Selain rasanya yang enak, roti panggang sangat bagus untuk asupan protein. Bahkan camilan lezat ini bisa Anda konsumsi saat pagi, siang, maupun malam.

2. Puding Biji Chia

Bukan hanya roti panggang, puding biji chia juga menjadi alternatif camilan sehat yang bisa Anda konsumsi dengan rajin. Puding lezat ini tidak hanya mengandung protein, tetapi ada lemak sehat dan serat yang bagus untuk kesehatan.

Camilan ini bisa Anda buat dengan mencampurkan susu almond, biji chia, yogurt, madu, dengan buah favorit Anda.

Baca Juga:  10 Buah yang Mengandung Protein Tinggi, Cocok untuk Camilan

3. Yoghurt Beku

Camilan tinggi protein enak lain yang bisa Anda coba adalah yoghurt yang dibekukan. Makanan ini menjadi rekomendasi camilan dingin menyehatkan yang bisa Anda konsumsi. Kandungan dalam yoghurt yang dibekukan antara lain protein setinggi 6 gram, lemak, kalori, dan karbohidrat.

Supaya tetap bisa mendapatkan manfaatnya dengan maksimal, Anda perlu mengonsumsi yogurt tanpa tambahan topping manis. Sebab, di dalam yogurt beku sudah terdapat gula sekitar 37 gram.

4. Nugget Tahu

Sesekali, Anda perlu mencoba camilan tahu yang enak ini. Selain enak, nugget tahu juga mengandung protein tinggi, yaitu sekitar 10,437% sampai dengan 11,946%. Ada juga kandungan lain seperti serat kasar, lemak, dan air.

Jika Anda mengonsumsi tahu rendah kalori, dapat juga menjadi sumber seng, zat besi, dan magnesium.

5. Kacang-kacangan

Sudah bukan rahasia lagi bahwa makanan berupa kacang-kacangan memiliki kandungan protein yang tinggi. Kacang mengandung 28% protein. Mengonsumsinya sebagai camilan akan membantu mencegah kanker, menghindari stress, serta mampu menurunkan risiko penyakit jantung.

6. Telur Rebus

Telur rebus bisa menjadi camilan berprotein tinggi yang mudah dibuat. Anda bisa membuatnya sendiri di rumah tanpa repot memasak menggunakan banyak bahan. Camilan telur rebus juga praktis dibawa ke mana-mana.

Dalam telur rebus terkandung protein sebesar 12,2 gram, kilokalori, kalsium, dan zat besi. Mengonsumsi telur rebus juga dipercaya mampu menyehatkan jantung dan meningkatkan kesehatan tubuh.

7. Smoothie

Selain menyegarkan, smoothie juga mengandung protein yang tinggi. Anda bisa membuatnya sendiri dengan menggunakan susu tawar cair, buah, sayur, sirup, dan es batu. Smoothie juga dipercaya bisa meningkatkan kekebalan tubuh.

Masih banyak camilan tinggi protein lainnya yang bisa Anda konsumsi. Tetapi beberapa camilan di atas merupakan yang wajib Anda coba. Meski demikian, jangan lupa untuk mengimbangi makanan bernutrisi dengan olahraga yang rutin.

Baca Juga:  Jumlah Kebutuhan Protein Orang Dewasa dan Cara Menghitungnya

Sumber:

https://www.prevention.com/food-nutrition/healthy-eating/g26013537/healthy-high-protein-snacks/

https://www.amwaytoday.co.id/id/articles/8-ide-snack-tinggi-protein

https://roomme.id/artikel/travel-&-food/15-camilan-tinggi-protein-rendah-lemak

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Share on tumblr
Share on pinterest

artikel terkait

DAPATKAN E-BOOK GRATIS

Kumpulan tips diet simpel sehari-hari

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments