HOME / Kebutuhan Protein / Apa Arti Imun Booster? Makanan Apa Saja yang Meningkatkan Imun?

Apa Arti Imun Booster? Makanan Apa Saja yang Meningkatkan Imun?

Apa Arti Imun Booster? Makanan Apa Saja yang Meningkatkan Imun?
Apa Arti Imun Booster? Makanan Apa Saja yang Meningkatkan Imun?

Sistem kekebalan tubuh adalah pertahanan utama tubuh dalam melawan penyakit. Jika imun tubuh baik maka tubuh akan terhindar dari penyakit atau menjadi sembuh lebih cepat ketika terserang penyakit. Meningkatkan kekebalan tubuh bisa dilakukan dengan imun booster. Lalu, apa arti imun booster? Berikut ulasannya.

Apa itu Imun Booster?

Apa arti imun booster? Mengutip dari apnews.com, arti imun booster adalah suplemen vitamin yang membantu membangun fungsi sistem kekebalan untuk melindungi tubuh dari penyakit dan memulihkan tubuh kembali setelah terserang penyakit.

Imun booster ini mengandung vitamin C, vitamin B12 dan mengantarkan antioksidan yang berperan meningkatkan kekebalan dan berfungsi mencegah radikal bebas. Peningkatan daya tahan tubuh menggunakan imun booster sangat diperlukan terutama saat wabah Covid-19 seperti saat ini.

Tidak hanya pada anak-anak, orang dewasa dan orang tua juga memerlukan imun booster agar tubuh tidak mudah terserang penyakit.

Makanan yang Mengandung Imun Booster

Selain didapatkan melalui suplemen, terdapat beberapa makanan yang dapat dijadikan sebagai imun booster terbaik diantaranya yaitu

  1. Jeruk

Buah jeruk memang sudah terkenal akan kandungan vitamin C yang tinggi. Vitamin C berfungsi untuk menstimulasi antibodi sehingga sistem imun tubuh meningkat. Selain itu, kandungan antibodi yang terkandung dalam buah jeruk dapat mencegah radikal bebas dalam tubuh.

  1. Kunyit

Kunyit sudah terkenal menjadi jamu yang baik untuk tubuh. Kunyit memiliki warna kuning yang menandakan adanya kandungan kurkumin di dalamnya.

Kurkumin sendiri adalah antioksidan yang dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu, kunyit juga bisa membantu menjaga kesehatan jantung.

  1. Kiwi

Buah kiwi kaya akan vitamin C, vitamin K, potasium dan folat yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Kandungan nutrisi dalam buah ini dapat mencegah radikal bebas, mencegah kardiovaskuler, kanker dan diabetes. Anda bisa mengolah buah ini menjadi jus atau memakannya secara langsung.

  1. Makanan Laut

Selain buah-buahan dengan warna terang, Anda juga bisa memakan makanan laut sebagai imun booster. Makanan laut mengandung omega-3, protein, vitamin yang juga dapat menjaga daya tahan tubuh. Beberapa contoh makanan laut yang bisa Anda konsumsi diantaranya yaitu udang, ikan, tiram dan sejenisnya.

  1. Sayuran hijau

Selain buah, sayuran juga bisa dijadikan booster daya tahan tubuh. Sayur seperti bayam mengandung banyak antioksidan, vitamin C, vitamin A dan mineral yang baik untuk menjaga imun tubuh. Selain bayam, brokoli juga mengandung banyak serat dan antioksidan yang baik untuk pencernaan dan sistem kekebalan tubuh.

  1. Semangka

Buah yang memiliki rasa manis dan kaya akan air ini tidak hanya menyegarkan namun juga berkhasiat. Kandungan vitamin C dalam semangka dapat meningkatkan sirkulasi sel darah putih. Selain itu, kandungan serat semangka juga baik untuk melancarkan sistem pencernaan.

  1. Blueberry

Terakhir ada buah blueberry yang juga kaya akan antioksidan dan flavonoid yang baik untuk menjaga imun tubuh. Selain itu, buah blueberry juga mengandung serat yang baik untuk pencernaan.

Baca Juga:  5 Sumber Protein Nabati untuk MPASI Agar Bayi Sehat

Selain mengkonsumsi suplemen imun booster dan makanan alami di atas, Anda juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh dengan menjaga pola hidup sehat seperti mengurangi stres, rutin berolahraga, membatasi asupan alkohol dan rokok, menghindari begadang dan istirahat yang cukup.

Itulah ulasan mengenai arti imun booster dan contoh makanan yang dapat dijadikan sebagai suplemen imun booster.

Sama seperti tubuh, sistem kekebalan juga memerlukan nutrisi seperti vitamin C, B12, mineral agar dapat berfungsi dengan baik. Anda bisa mengkonsumsi suplemen untuk menjaga daya tahan tubuh Anda.

Sumber:

https://apnews.com/press-release/newmediawire/2349de5406f9cd278c21bb9bce7ff464
https://suryahusadha.com/blog/articles/309-immune-booster-treatment-for-covid-19-preventive
https://www.orami.co.id/magazine/amp/imun-booster/

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Share on tumblr
Share on pinterest

artikel terkait

DAPATKAN E-BOOK GRATIS

Kumpulan tips diet simpel sehari-hari

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments