HOME / Berat Badan / Tanpa Disadari, Ini 5 Kegiatan yang Bikin Gemuk

Tanpa Disadari, Ini 5 Kegiatan yang Bikin Gemuk

Tanpa Disadari, Ini 5 Kegiatan yang Bikin Gemuk
Tanpa Disadari, Ini 5 Kegiatan yang Bikin Gemuk

Pasti Anda menginginkan tubuh yang ideal bukan? Tapi memiliki tubuh ideal terkadang menjadi tantangan bagi sebagian dari Anda. Justru, tanpa disadari malah sering melakukan kegiatan yang bikin gemuk.

Anda sudah merasa sering berolahraga, mengurangi porsi makanan, tapi timbangan tak kunjung memberikan kabar baik. Kemudian Anda menyerah karena merasa semua usaha Anda sia-sia.

Padahal banyak faktor lain yang menyebabkan berat badan Anda meningkat. Bisa jadi kegiatan yang membuat badan gemuk sudah sering Anda lakukan.

Salah satunya, awal hari Anda harus dibangun dengan kebiasaan-kebiasaan positif. Kebiasaan positif ini akan berimbas pada hari-hari setelahnya. Kebiasaan itu bisa menjadi kebiasaan yang bikin kurus tubuh Anda.

Jika Anda sudah memulainya, Anda bisa mulai mengenali kegiatan-kegiatan berikut ini yang menyebabkan Anda jadi gemuk.

  1. Tidur Terlalu Lama atau Terlalu Sebentar

Mungkin sebagian Anda sudah tahu bahwa kurang tidur dapat memicu kenaikan berat badan. Salah satunya penyebabnya adalah hormon kortisol yang merangsang rasa lapar ketika kita begadang.

Tetapi terlalu banyak tidur juga bukanlah sesuatu yang baik. Menurut penelitian di jurnal PLOS ONE, tidur lebih dari 10 jam dapat meningkatkan resiko kenaikan Indeks Massa Tubuh dibandingkan orang lain yang tidurnya cukup. Tidur yang cukup kurang lebih tujuh hingga delapan jam setiap harinya.

  1. Melewatkan Sarapan atau Waktu Makan

Sebagian dari Anda sering melewatkan sarapan? Mulailah untuk mengubahnya. Karena sarapan dapat meningkatkan energi dan menstabilkan level gula darah.

Kebiasaan melewatkan sarapan dapat memperlambat metabolisme tubuh dan memperlambat pembakaran lemak. Anda justru 4 kali lebih beresiko mengalami obesitas daripada orang yang teratur dengan jam makannya.

Ketika Anda melewatkan sarapan, Anda cenderung makan dengan porsi berlebih di siang hari atau bahkan mungkin memilih makanan yang tidak sehat.

Baca Juga:  Ini Berat Badan Ideal Remaja Agar Tetap Terlihat Kece & Sehat

Sebaiknya Anda makan dalam jumlah kecil tiap tiga sampai empat jam sekali. Usahakan makanan Anda mengandung protein dan serat. Seperti buah-buahan, kacang-kacangan, oatmeal, dan lainnya.

Maka dari itu, usahakan sarapan dan makan di waktu yang tepat ya!

  1. Kurang Minum Air Putih

Minum air putih seharusnya menjadi kebiasaan baik bagi semua orang. Memulai hari dengan minum air putih akan membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Minum air putih juga dapat menekan nafsu makan dan asupan kalori bagi Anda.

Asupan air yang cukup sangat penting bagi tubuh Anda. Seorang penulis nutrisi Newo Orleans bernama Molly Kimball berkata bahwa terkadang tubuh salah mengartikan lelah menjadi lapar, penyebabnya adalah dehidrasi karena Anda kebiasaan kurang minum air putih.

Ada tips lain untuk Anda, cobalah minum segelas atau dua gelas air putih sebelum makan, supaya tubuh Anda mulai merespon rasa kenyang. Jadi kalori yang akan Anda konsumsi tidak terlalu banyak.

  1. Tidak Fokus Makan

Seringkali kita tidak fokus ketika makan. Mungkin Anda terbiasa makan dengan menonton televisi, membaca koran atau menonton video di handphone. Makan tidak dalam keadaan fokus membuat kita lupa diri dan secara tidak sadar terus menerus memasukkan makanan ke dalam mulut berulang kali.

Kita pun tidak sadar sudah berapa kalori yang kita cerna. Otak lambat merespon rasa kenyang karena fokusnya teralihkan. Ini yang dapat menyebabkan kegemukan.

  1. Jarang Berolahraga

Lemak dan kalori dalam tubuh Anda yang berlebih butuh dibakar atau dibuang. Salah satunya dengan berolahraga. Olahraga yang cukup tidak hanya dapat menyeimbangkan metabolisme tubuh Anda, tapi juga dapat menyehatkan tubuh Anda secara keseluruhan.

Manfaat berolahraga sangat banyak, apalagi bagi Anda yang mengidamkan tubuh ideal. Cukup rutin berolahraga di waktu yang singkat, daripada jarang olahraga yang nantinya menyebabkan Anda semakin malas bergerak.

Baca Juga:  Catat! Ini Waktu Jogging yang Baik & Efektif

Sudah tahu kan apa saja kegiatan yang bikin gemuk? Mungkin selama ini ada kebiasaan yang kurang tepat Anda lakukan sehari-hari, sehingga menyebabkan berat badan berlebih. Semoga informasi ini dapat membantu Anda dalam menerapkan pola hidup sehat yang baru.

Sumber:

https://kumparan.com/the-shonet/10-kebiasaan-yang-membuat-kamu-gendut-1rwfMSVNXsA/full
https://lifestyle.kompas.com/read/2021/01/07/060200020/7-kebiasaan-pagi-hari-ini-bikin-cepat-gemuk?page=all
https://hellosehat.com/nutrisi/berat-badan-turun/kebiasaan-yang-membuat-gemuk/
https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/2958977/kebiasaan-kebiasaan-sehat-ini-justru-bikin-tubuh-anda-gemuk

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Share on tumblr
Share on pinterest

artikel terkait

DAPATKAN E-BOOK GRATIS

Kumpulan tips diet simpel sehari-hari

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments