HOME / Tips Diet / Apa Itu Nutrisi: Pengertian dan Jenis-jenis Makronutrien

Apa Itu Nutrisi: Pengertian dan Jenis-jenis Makronutrien

Apa Itu Nutrisi: Pengertian dan Jenis-jenis Makronutrien
Apa Itu Nutrisi: Pengertian dan Jenis-jenis Makronutrien

Beberapa orang pasti sering membahas tentang nutrisi, tetapi belum tahu pasti tentang definisi tepatnya. Sebenarnya, apa itu nutrisi? Dan seberapa besarkah perannya untuk tubuh?

Ada berbagai makanan yang dikonsumsi setiap hari. Mulai dari yang menyehatkan sampai yang buruk untuk kesehatan tubuh. Pada dasarnya, sumber makanan kaya nutrisi yang selalu digunakan berasal dari tumbuhan dan hewan.

Tapi apakah semua makanan itu bernutrisi?

Apa Pengertian dari Nutrisi?

Nutrisi merupakan zat makanan yang mengandung gizi. Nutrisi adalah tentang mengonsumsi makanan sehat dan seimbang. Di sisi lain, gizi berarti makanan yang dibutuhkan untuk Kesehatan dan pertumbuhan.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa nutrisi adalah makanan dengan banyak kandungan penting yang wajib Anda konsumsi jika ingin tetap sehat.

Nutrisi bisa Anda peroleh dari berbagai makanan untuk asupan sehari-hari. Jenis-jenis nutrisi ada banyak, mulai dari karbohidrat, lemak, vitamin, air, mineral,protein, dan lain-lain.

Semua nutrisi tersebut memiliki manfaat yang berbeda bagi tubuh. Dengan asupan makanan bernutrisi yang tepat, tubuh bisa mengolahnya menjadi sumber energi, melancarkan berbagai proses di dalam tubuh, serta mampu memelihara jaringan dengan baik.

Apa Saja Manfaat Nutrisi Berdasarkan Jenisnya?

Manfaat nutrisi bagi tubuh tentu tidak lepas dari jenis nutrisi yang Anda konsumsi. Umumnya, ada 6 jenis nutrisi yang paling penting untuk tubuh. Keenam sumber nutrisi tersebut adalah karbohidrat, lemak, air, mineral, vitamin, dan protein.

Dari 6 kelas penting nutrisi tersebut, ada yang termasuk zat gizi makro dan zat gizi mikro. Untuk zat gizi makro atau disebut juga sebagai makronutrien adalah karbohidrat, lemak, serta protein. Istilah lemak di sini biasanya juga disebut sebagai lipid.

Membahas mengenai makronutrien, ketiga zat tersebut sangat diperlukan untuk tubuh. Namun, yang paling Anda butuhkan untuk meningkatkan energi dalam beraktivitas adalah karbohidrat.

Baca Juga:  Waktu Makan yang Baik Supaya Tubuh Tetap Sehat dan Bugar

Lebih jelasnya, simak ulasan dari beberapa manfaat nutrisi berikut ini:

1. Karbohidrat

Karbohidrat memiliki peran yang sangat penting bagi tubuh, terutama sebagai sumber energi untuk melakukan berbagai aktivitas. Meski karbohidrat merupakan makronutrien yang sangat penting, Anda tetap tidak boleh berlebihan dalam mengkonsumsinya.

Kandungan karbohidrat dalam setiap makanan juga berbeda. Ada yang mengandung banyak serat seperti buah-buahan, ada juga yang lebih banyak mengandung gula seperti kue.

Anda bisa mengonsumsi kentang, beras merah, oatmeal, buah-buahan, nasi, dan roti gandum sebagai sumber karbohidrat terbaik.

2. Lemak

Lemak dibedakan menjadi lemak jenuh dan lemak tak jenuh. Salah satu contoh dari lemak jenuh adalah daging, sedangkan lemak tak jenuh adalah minyak nabati. Intinya lemak jenuh asalnya dari hewan, sedangkan lemak tak jenuh dari tumbuhan.

Lemak juga diperlukan oleh tubuh untuk membantu proses penyerapan berbagai vitamin yang terjadi di dalam tubuh. Apalagi lemak juga mengandung lebih banyak kalori untuk tubuh yang bisa menjadi sumber daya tahan.

3. Protein

Jenis makronutrien berikutnya adalah protein. Ada juga protein yang berasal dari hewan (protein hewani), dan protein dari tumbuhan (protein nabati).

Beberapa makanan berprotein yang bagus untuk Anda konsumsi seperti susu, daging, makanan laut, kacang merah, jagung, dan alpukat.

Berbagai sumber nutrisi di atas bisa menjadi solusi untuk memenuhi kebutuhan energi Anda. Dengan begitu, daya tahan tubuh lebih terjaga meski harus beraktivitas padat.

Setelah memahami apa itu nutrisi dan beberapa contohnya di atas, Anda pasti semakin tertarik untuk menjaga pola makan dan hidup sehat.

Sumber:

https://www.nakedpress.co/blogs/stories/tubuh-harus-punya-7-nutrisi-apa-saja-mereka-1

https://study.com/academy/lesson/what-is-nutrition.html

https://www.alodokter.com/ini-alasan-pentingnya-memenuhi-kebutuhan-asupan-nutrisi-di-pagi-hari

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Share on tumblr
Share on pinterest

artikel terkait

DAPATKAN E-BOOK GRATIS

Kumpulan tips diet simpel sehari-hari

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments