HOME / Kebutuhan Protein / 8 Nutrisi Ibu Menyusui untuk Kesehatan Moms dan Bayi

8 Nutrisi Ibu Menyusui untuk Kesehatan Moms dan Bayi

8 Nutrisi Ibu Menyusui untuk Kesehatan Moms dan Bayi
8 Nutrisi Ibu Menyusui untuk Kesehatan Moms dan Bayi

Moms tentu sudah tahu manfaat dari menyusui bayi dengan ASI selepas melahirkan, baik untuk sang bayi maupun sang ibu. Agar mendapat manfaat yang optimal, maka perlu memperhatikan nutrisi ibu menyusui.

Mengapa? Dalam aktivitas sehari-hari tubuh ibu menyusui membutuhkan energi berkali-kali lipat untuk memproduksi ASI dengan baik. Nutrisi yang sesuai dapat membantu menjaga stamina ibu menyusui dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Jenis-jenis nutrisi ibu menyusui di antaranya adalah karbohidrat, serat, vitamin A, B12, D, protein, asam folat, juga kalsium. Semua nutrisi tersebut adalah bagian dari kebutuhan ibu dan bayi, dan memiliki peranan tersendiri.

Walau begitu, bukan berarti bahwa Anda harus membeli suplemen vitamin dan makanan. Ada jenis makanan tertentu yang mengandung asupan nutrisi penting untuk ibu menyusui. Simak daftarnya berikut ini !

  1. Vitamin A

Baik untuk perkembangan mata, jantung dan sistem imun bayi. Makanan yang menjadi sumber vitamin ini di antaranya adalah susu, buah jeruk, melon, ubi jalar, wortel, dan sayuran berwarna hijau tua.

  1. Vitamin D

Vitamin yang satu ini sangat dibutuhkan tubuh agar dapat menyerap kalsium untuk kesehatan tulang dan gigi, tidak cuma untuk bayi tapi juga untuk Ibu. Sumber vitamin D dari kategori makanan di antaranya adalah kuning telur, ikan salmon, ikan teri, nasi segar, kemudian beberapa jenis jamur.

Selain makanan, berjemur di bawah sinar matahari di waktu yang tepat juga bisa menambah asupan vitamin D.

  1. Vitamin B12

Tak kalah penting, vitamin B12 membantu pembentukan sel darah merah bayi, juga perkembangan otak dan fungsinya. Untuk Ibu, vitamin ini membantu meningkatkan suasana hati, optimalisasi energi dan kemampuan memori.

Asupan vitamin B12 bisa ditemukan dari produk hewani seperti daging merah, daging unggas, hati, telur, susu, kepiting dan udang.

  1. Asam Folat

Asam Folat memiliki peran penting dalam pembentukan sel darah merah untuk mencegah anemia pada Ibu, dan mendukung perkembangan otak dan sumsum tulang belakang bayi.

Baca Juga:  7 Rekomendasi Camilan Tinggi Protein yang Lezat dan Sehat

Contoh nutrisi ibu menyusui untuk asam folat adalah buah alpukat, buah jeruk, kacang-kacangan dan bebijian dan sayuran hijau seperti asparagus.

  1. Karbohidrat

Karbohidrat membantu menyediakan energi yang dibutuhkan dalam proses perkembangan bayi dan dukungan stamina untuk ibu. Sumber karbohidrat sangat variatif. Anda bisa memilih olahan gandum seperti oatmeal, beras merah, beras coklat atau beras hitam, sayuran, buah, bebijian, umbi-umbian.

Batasi konsumsi karbohidrat olahan seperti tepung putih dan beras putih.

  1. Lemak Tak Jenuh

Gizi yang satu ini punya peran penting dalam perkembangan dan pertumbuhan bayi sehingga tidak bisa dikesampingkan. Siasati asupan sehari-hari Anda dengan menambah minyak zaitun atau minyak kanola, atau ikan dengan lemak alami seperti salmon.

  1.  Protein dan kalsium

Untuk mengoptimalkan produksi ASI, dan membantu pembentukan otot, tulang dan jaringan tubuh lain pada bayi, kebutuhan protein dan kalsium juga tidak boleh diabaikan.

Anda bisa memperoleh protein alami dengan mengonsumsi daging tanpa lemak, daging unggas, mentega, tempe, tahu dan produk laut dengan kandungan merkuri yang minim. Kalsium terkandung dalam susu, keju dan yoghurt.

  1. Zat besi dan mineral

Gizi ibu menyusui yang ini dapat membantu mencegah anemia dan kelelahan. Anda dapat mengonsumsi berbagai jenis sayuran, buah dan kacang atau biji seperti hemps seeds, chia seeds, dan flaxseeds untuk membantu mencukupi kebutuhan tubuh.

Penuhi asupan untuk produksi ASI dan stamina Anda dengan nutrisi ibu menyusui sesuai dengan kondisi dan kebutuhan Anda. Hindari menyia-nyiakan periode menyusui dengan mengkonsumsi makanan yang terlalu manis atau terlalu asin, dan dapat mengganggu kesehatan Anda dan bayi.

Yuk, nikmati hidup sehat dengan makanan yang tepat!

Sumber :

https://kidshealth.org/en/parents/moms-nutrients.html
https://www.healthline.com/nutrition/breastfeeding-diet-101#nutrient-groups
https://www.cdc.gov/breastfeeding/breastfeeding-special-circumstances/diet-and-micronutrients/maternal-diet.html
https://www.parents.com/baby/breastfeeding/breast-milk/12-superfoods-for-breastfeeding-moms/
https://www.sehatq.com/artikel/pentingnya-nutrisi-untuk-ibu-menyusui-ini-makanan-yang-jadi-sumbernya
https://www.haibunda.com/menyusui/20210106134123-54-184002/10-makanan-yang-dianjurkan-untuk-ibu-menyusui-simak-pantangannya-juga-yuk

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Share on tumblr
Share on pinterest

artikel terkait

DAPATKAN E-BOOK GRATIS

Kumpulan tips diet simpel sehari-hari

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments