HOME / Tips Diet / Lari Pagi Jam Berapa? Bolehkan Lari di Sore dan Malam Hari Juga?

Lari Pagi Jam Berapa? Bolehkan Lari di Sore dan Malam Hari Juga?

Lari Pagi Jam Berapa? Bolehkan Lari di Sore dan Malam Hari Juga?
Lari Pagi Jam Berapa? Bolehkan Lari di Sore dan Malam Hari Juga?

Lari pagi jam berapa ya enaknya? Jika diamati ada yang jogging waktu subuh, tetapi ada juga yang lari-lari sekitar jam 7 bahkan jam 10 pagi. Jadi, yang benar yang mana?

Membahas tentang lari pagi yang paling tepat, berarti itu adalah masalah teknik. Sebenarnya ada jam-jam terbaik untuk lari pagi yang perlu diketahui. Untuk lebih jelasnya, simak ulasannya berikut.

Jam Berapa Waktu Lari Pagi Terbaik?

Banyak yang mengungkapkan bahwa lari pagi hari sebaiknya jam 06.00 sampai dengan jam 07.00 pagi. Pada jam-jam ini banyak manfaat yang bisa diperoleh tubuh.

Olahraga lari pagi bermanfaat untuk kesehatan jantung dan pernapasan. Apalagi saat pagi hari masih belum banyak polusi serta kendaraan yang berlalu lalang.

Selain memberikan dampak positif untuk kesehatan, lari pagi akan membuat pikiran lebih tenang dan rileks.

Membahas mengenai lari di pagi hari, tentu tidak akan lepas dari kelebihan dan kekurangan.

Kelebihan Lari pagi:

  • Lebih banyak membakar kalori.
  • Mampu membantu meningkatkan energi yang lebih besar. Sehingga berbagai aktivitas sehari-hari bisa terlewati dengan sempurna.
  • Tersedia oksigen yang sehat bagi tubuh, sebab kandungan oksigen pagi hari bisa digunakan untuk bernafas lebih mudah.
  • Lari akan lebih mudah karena tidak ada terik matahari.
  • Pikiran dan tubuh jadi lebih rileks.

Jika tujuan Anda lari pagi untuk menurunkan berat badan, Anda bisa rutin melakukannya selama 60 sampai dengan 90 menit. Lebih baik melakukannya sebanyak  tiga kali dalam seminggu. Ingat, jangan melakukannya secara berlebihan.

Di sisi lain, lari pagi juga memiliki kekurangan, terutama pada otot-otot tubuh Anda yang masih kaku dan tegang akibat dari bangun tidur. Dampaknya bisa menyebabkan kram otot.

Baca Juga:  Manfaat Mengkonsumsi Makanan Sehat Dalam Menjaga Badan Tetap Fit

Untuk mengatasi hal ini, Anda perlu melakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum jogging di pagi hari. Bagaimanapun, Anda juga tidak disarankan untuk melakukan olahraga yang terlalu berat setelah tidur lama.

Pagi hari memang menjadi waktu favorit bagi sebagian banyak orang untuk melakukan olahraga. Namun, banyak juga yang lari-lari di waktu sore atau malam hari. Faktanya, lari sore dan malam juga memiliki manfaat masing-masing.

Membahas mengenai lari sore, waktu yang paling tepat adalah jam 15.00 sampai 16.00, sedangkan waktu jogging terbaik untuk malam hari adalah pukul 18.00 hingga 20.00 malam. Sama halnya dengan lari pagi, lari sore dan malam pada jam-jam tersebut juga memiliki kelebihan tersendiri.

Lari sore dan malam akan memberi beberapa kelebihan seperti:

  • Mampu mengatasi masalah persendian yang kaku.
  • Jika Anda mengalami hari yang cukup berat dan melelahkan, maka lari-lari di penghujung hari juga mampu membantu menghilangkan stress.
  • Pembakaran lemak juga meningkat di malam hari.

Ada yang mengatakan bahwa lari di malam hari akan membuat Anda lelah, sehingga tidur bisa lebih nyenyak. Padahal anggapan itu tidak selalu benar.

Anda juga perlu waspada jika tubuh mungkin saja akan terisi energi kembali setelah lari-lari. Hal ini justru membuat Anda sulit tidur.

Membahas mengenai waktu untuk olahraga lari, waktu pagi, sore, atau malam sama-sama bermanfaat untuk tubuh. Masing-masing memiliki kelebihan sebagaimana dijabarkan di atas.

Jadi, jika Anda masih bertanya mengenai lari pagi jam berapa yang paling tepat. Pagi jam 6 atau jam 7 merupakan jawaban terbaik. Tetapi lari sore dan malam juga akan berguna untuk tubuh. Semua tergantung dengan kebutuhan Anda.

Sumber:

https://www.runtastic.com/blog/en/when-to-run/

https://www.healthline.com/health/exercise-fitness/proper-running-form

https://medium.com/running-for-your-life/morning-vs-evening-what-is-the-best-time-to-run-77b4c59e511

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Share on tumblr
Share on pinterest

artikel terkait

DAPATKAN E-BOOK GRATIS

Kumpulan tips diet simpel sehari-hari

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments