HOME / Ahli Gizi / Mengetahui Pentingnya Peran dan Tugas Ahli Gizi

Mengetahui Pentingnya Peran dan Tugas Ahli Gizi

Mengetahui Pentingnya Peran dan Tugas Ahli Gizi
Mengetahui Pentingnya Peran dan Tugas Ahli Gizi

Sebenarnya apa yang disebut sebagai profesi ahli gizi serta apa tugas ahli gizi? Biasanya beberapa kelompok masyarakat yang memiliki masalah gizi menggunakan jasa para ahli gizi untuk menangani permasalahan khusus seputar gizi. Ini dia penjelasan lengkapnya.

Mengenal Profesi Spesialis Gizi beserta Tugas-tugasnya

Seorang nutrisionis atau profesi ahli gizi adalah orang yang menangani, memonitor, dan mengevaluasi berbagai masalah tentang gizi kepada kelompok orang tertentu. Dengan kata lain profesi tersebut mempunyai peran dan andil penting untuk mengatur pola makan dan gizi orang-orang tertentu.

Profesi ini biasanya bertugas untuk memonitor pasien yang menderita penyakit kanker, ibu hamil, penyakit ginjal, serta masyarakat pada umumnya.

Lalu, dalam tugasnya apa saja yang menjadi tugas pokok ahli gizi? Di bawah ini adalah ringkasan tugasnya.

1. Memberikan Sosialisasi atau Edukasi tentang Gizi

Permasalahan tentang gizi masyarakat yang masih rendah akan menjadi tugas untuk para ahli gizi. Oleh karena itu, mereka memiliki wewenang atau tugas untuk mengedukasi masyarakat tentang bagaimana pola hidup sehat.

Program edukasi atau sosialisasi gizi ini tentunya harus dari tugas organisasi resmi yang melingkupinya atau sesuai dengan peraturan pemerintah.

2. Berperan dalam Penelitian Pengembangan Gizi

Pengaruh gizi yang seimbang akan menjadi penunjang kesejahteraan di dalam masyarakat. Maka dari itu, tugas pekerjaan ahli gizi adalah melakukan penelitian guna menemukan solusi dalam meningkatkan gizi masyarakat.

3. Melakukan Analisis atau Diagnosis Masalah Gizi

Seorang nutrisionis juga berperan dalam mendiagnosa pasien yang memiliki masalah gizi. Biasanya, para penyandang penyakit diabetes, kanker, dan ginjal sangat bergantung kepada seorang nutrisionis untuk mengontrol dan memonitor pola gizi mereka.

4. Menyediakan Layanan Konsultasi Seputar Gizi

Konsultasi seputar gizi juga merupakan tanggung jawab seorang pakar gizi. Sebagai contoh, mereka akan memberikan nasihat dan saran tentang pola hidup sehat dan bagaimana untuk memiliki badan ideal. Berkonsultasi dengan pakar gizi juga sangat membantu terutama bagi para penderita penyakit tertentu.

Baca Juga:  Peran Ahli Gizi Dalam Mengatur Pola Makan Sehat Untuk Anda

5. Memberikan Rumusan Perbaikan Gizi atau Tatalaksana Gizi

Setelah berkonsultasi dengan pakar gizi, biasanya mereka akan memberikan sebuah saran yang dikenal sebagai tatalaksana gizi. Rekomendasi ini berupa perencanaan bagaimana menerapkan pola makan sampai dengan cara makanan disajikan.

Sekilas Informasi Mengenai Nutritionist dan Dietisien

Mungkin dalam benak Anda muncul pertanyaan. Lalu, apa itu yang dimaksud dengan nutritionist dan ahli diet atau dietisien? Apakah tugas ahli gizi dan dietisien itu sendiri sama?

Nutritionist memiliki peran menyediakan berbagai informasi mengenai gizi dan masalahnya serta bagaimana penerapan pola makan yang baik dan sehat.

Profesi ini dapat bekerja secara individu, namun juga ada yang bekerja di pemerintahan. Gelar yang dimiliki adalah Strata Satu atau Sarjana Gizi (S.Gz.) maupun Magister Gizi (M.Gz.).

Sedangkan dietisien adalah pakar di bidang pangan dan gizi dengan gelar RD atau Registered Dietitian. Mereka menempuh profesi gizi hingga lulus dari uji kompetensi. Peran dari seorang dietisien memberikan diagnosis mengenai permasalahan gizi serta membantu untuk menanganinya.

Jadi, kesimpulannya adalah bahwa seorang dietisien maupun nutrisionis sebenarnya memiliki keahlian sama, yakni dalam bidang pangan dan gizi. Perbedaannya adalah proses pendidikan serta lingkup pekerjaan mereka. Untuk perannya sendiri, para nutrisionis ataupun dietisien memiliki tugas serta tanggung jawab yang sama.

Itulah serba-serbi mengenai tugas ahli gizi dan juga pengetahuan lain yang berkaitan tentang bidang tersebut. Ternyata, spesialis gizi mempunyai banyak tugas dan peran yang tentu saja berguna untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Sumber:

https://www.alodokter.com/seputar-ahli-gizi-tugas-dan-kondisi-yang-memerlukan-konsultasi
https://www.docdoc.com/medical-information/specialties/nutrition
https://hellosehat.com/nutrisi/beda-nutritionist-ahli-diet-ahli-gizi/
https://www.alodokter.com/serba-serbi-profesi-dokter-spesialis-gizi

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Share on tumblr
Share on pinterest

artikel terkait

DAPATKAN E-BOOK GRATIS

Kumpulan tips diet simpel sehari-hari

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments