HOME / Tips Diet / Bagaimana Cara Mengetahui Kalori yang Dibutuhkan Saat Diet?

Bagaimana Cara Mengetahui Kalori yang Dibutuhkan Saat Diet?

Bagaimana Cara Mengetahui Kalori yang Dibutuhkan Saat Diet?
Bagaimana Cara Mengetahui Kalori yang Dibutuhkan Saat Diet?

Jika Anda sedang dalam proses diet untuk menurunkan berat badan, salah satu hal penting yang perlu Anda ketahui adalah berapa banyak kalori yang dibutuhkan saat diet? Masing-masing orang memiliki kebutuhan kalori yang berbeda. Anda dapat mengetahui jumlah kalori berdasarkan jenis aktivitas harian, postur tubuh, usia, dan faktor-faktor lainnya.

Dengan menyimak cara mudah di bawah ini, Anda dapat mengetahui berapa banyak kalori yang dibutuhkan saat diet serta cara ampuh untuk membantu membakar kalori.

Cara Menghitung Kalori untuk Diet

Untuk para pemula diet, penting untuk memahami bahwa makanan diet yang Anda konsumsi sehari-hari juga harus memenuhi standar kalori yang sesuai. Sebelum menyiapkan menu diet selanjutnya, perhatikan cara menghitung kalori untuk diet berikut ini.

Kalori berdasarkan usia

Jika berdasarkan usia, maka orang dewasa umumnya memerlukan kalori mulai dari 2000 hingga 2500. Sedangkan untuk anak-anak dan remaja berkisar antara 1000-2000 kalori dan 1400-3200 kalori.

Kalori bagi pria dan wanita

Pria memerlukan lebih banyak kalori sedangkan wanita lebih sedikit. Untuk Anda yang sedang memulai program diet, wanita sebaiknya mengurangi hingga 1500 kalori per harinya. Sedangkan jumlah kalori yang dibutuhkan saat diet untuk pria bisa mencapai 2000 kalori.

Kalori berdasarkan ukuran tubuh

Kalori berdasarkan ukuran tubuh adalah dengan menimbang berat dan juga tinggi badan. Salah satu rumus yang paling sering para ahli gizi gunakan sebagai cara menghitung kalori yang dibutuhkan saat diet adalah dengan menggunakan rumus BMR.

Untuk pria: (88,4 + 13,4 x berat (kg)) + (4,8 x tinggi (cm)) – (5,68 x usia (tahun))

Untuk wanita: (447,6 + 9,25 x berat (kg)) + (3,10 x tinggi (cm)) – (4,33 x usia (tahun))

Kalori berdasarkan aktivitas sehari-hari

Rumus BMR juga dapat berfungsi untuk mengetahui kalori masing-masing orang berdasarkan aktivitas harian. Caranya yakni dengan membuat list kegiatan sehari-hari lalu dengan menggabungkan data kalori kegiatan sehari-hari dan rumus BMR, Anda dapat memperoleh jumlah kalori dengan tepat.

Baca Juga:  Sebetulnya Apa Yang Dimaksud Makanan Sehat Yang Sebenarnya?

Kalori untuk diet

Pada umumnya menurunkan 500 kalori per hari dapat menurunkan berat badan mulai dari 0,5 hingga 1 kg. Kebanyakan wanita akan berusaha mengurangi kalori mulai dari 500 hingga 1500 kalori per hari.

Cara Ampuh Bakar Kalori Tubuh

Untuk mendapatkan bentuk tubuh yang proporsional, berikut merupakan beberapa cara ampuh bakar kalori yang sehat saat diet.

Olahraga teratur

Untuk para pemula, mulailah untuk melakukan olahraga ringan secara teratur setiap harinya untuk membantu menurunkan timbangan berat badan.

Banyak mengkonsumsi protein

Makanan yang banyak mengandung protein cocok untuk Anda yang ingin berat badan turun, seperti telur, ikan dan dada ayam rebus.

Mengurangi gula dan karbo

Bagi Anda yang masih senang makanan manis dan mengandung karbohidrat tinggi, sebaiknya mulai sekarang kurangi mengkonsumsi makanan tersebut untuk menjaga berat badan tetap proporsional.

Perbanyak minum air putih

Air putih merupakan salah satu minuman penting yang tidak hanya baik untuk kesehatan tapi juga cocok untuk membantu membakar kalori.

Makan sesuai kalori yang tepat

Jika Anda sudah lebih memahami tentang cara menghitung kadar kalori pada makanan, maka pastikan untuk lebih memperhatikan daftar kalori makanan untuk diet.

Itulah tadi beberapa cara penting menghitung kalori yang dibutuhkan saat diet dan cara tepat menurunkan kalori secara alami. Semoga dengan mengikuti cara tersebut, diet Anda akan berhasil hingga mencapai berat badan ideal.

Sumber:

https://hellosehat.com/nutrisi/berat-badan-turun/berapa-minimal-kalori-yang-harus-dipenuhi-saat-diet/
https://www.alodokter.com/cari-tahu-kebutuhan-kalori-per-hari-untuk-menurunkan-berat-badan
https://fitco.id/diet/bagaimana-sebenarnya-cara-menghitung-kalori-untuk-diet/
https://www.sehatq.com/artikel/cara-menghitung-kalori-makanan-untuk-turunkan-berat-badan

artikel terkait

DAPATKAN E-BOOK INI

Kumpulan tips diet simpel sehari-hari

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments