HOME / Kebutuhan Protein / Nutrisi Ibu Hamil Trimester 1 yang Wajib Dipenuhi

Nutrisi Ibu Hamil Trimester 1 yang Wajib Dipenuhi

Nutrisi Ibu Hamil Trimester 1 yang Wajib Dipenuhi
Nutrisi Ibu Hamil Trimester 1 yang Wajib Dipenuhi

Ada banyak hal terjadi dalam tubuh ibu di trimester awal kehamilan, termasuk lonjakan hormon dan pertumbuhan janin yang semakin pesat. Ini sebabnya, kesehatan keduanya wajib diperhatikan. Salah satunya adalah dengan memenuhi nutrisi ibu hamil trimester 1 melalui makanan maupun suplemen tambahan.

Pada 14 minggu awal ini, Anda akan mengalami lonjakan hormon yang bisa menyebabkan rasa tidak nyaman seperti mual, sakit kepala, cepat lelah, bahkan sembelit. Produksi ASI pun sudah dimulai, sehingga payudara bisa saja terasa sakit.

Bagi janin, ini adalah momen pembentukan organ vital seperti otak, jantung, sumsum tulang belakang, termasuk organ kelamin, meski belum sempurna. Calon bayi hanya mengandalkan makanan dari ibunya untuk membuatnya tumbuh dan terus menyempurnakan organ-organ tubuhnya.

Inilah sebabnya, penting untuk memperhatikan asupan nutrisi ibu hamil trimester 1, sebab makanan ini tidak hanya menyuplai tubuh ibunya namun juga kebutuhan janin.

Jika tidak terpenuhi, perkembangan calon bayi bisa terganggu dan bisa berakibat fatal pada kesehatannya. Lalu, apa saja nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil trimester 1?

  1. Asam Folat

Pada dasarnya, janin di kandungan membutuhkan vitamin dan mineral dari makanan ibunya untuk mendukung pertumbuhan otak dan tulangnya yang kecil.

Melansir dari Eating Well, nutrisi penting yang dibutuhkan selama trimester pertama untuk mendukung kehamilan yang sehat adalah asam folat yaitu sebesar 600-800 mcg per hari.

Hal ini dikarenakan sistem sarafnya mulai berkembang. Penting juga untuk mendapatkan jumlah kolin, B12, dan asam lemak omega-3 yang cukup. Nutrisi ini bisa menurunkan faktor risiko autis pada bayi sebesar 40%, sekaligus bagi ibu mencegah preeklamsia, keguguran, dan anemia.

Sayuran hijau seperti bayam dan brokoli, serta telur, hati sapi, hingga alpukat, jeruk, dan pepaya adalah makanan yang banyak mengandung folat.

  1. Protein
Baca Juga:  Kebiasaan Hidup Sehat dengan Pedoman Gizi Seimbang

Makanan berprotein tinggi akan turut menyumbangkan kekuatan jaringan rahim pada ibu dan perkembangan otot bayi di dalamnya. Karenanya, banyak ahli yang menyarankan sarapan pagi ibu hamil trimester pertama adalah dengan telur, daging ayam, atau ikan.

Pastikan makanan ini dimasak dengan baik untuk menghindari terkontaminasi bakteri dan kuman yang bisa menyebabkan risiko infeksi pada janin.

  1. Zat Besi

Pada saat hamil, tubuh ibu akan memproduksi darah lebih banyak. Ini sebabnya, zat besi yang berguna dalam produksi hemoglobin, sangat dibutuhkan di masa kehamilan.

Jika ibu hamil kekurangan zat besi dan terjadi anemia, maka dampaknya bukan hanya pada dirinya, namun juga pada janin. Anemia menyebabkan kontraksi pada rahim dan memberikan efek negative pada IQ bayi nantinya.

Sebab selain asam folat, zat besi juga merupakan nutrisi vital yang dibutuhkan dalam perkembangan otak janin di dalam kandungan. Ibu bisa mendapatkannya dengan mengonsumsi daging sapi, telur, unggas, seafood, tahu, bayam, dan kacang-kacangan.

Namun jangan khawatir, Anda juga bisa mendapatkan zat besi sebagai vitamin ibu hamil trimester 1 hingga di masa akhir kehamilan, dari dokter.

  1. Kalsium dan Vitamin D

Nutrisi ini cukup penting untuk pertumbuhan tulang dan gigi bayi. Bagi ibu, kalsium juga diperlukan untuk memperlancar peredaran darah dan membantu kinerja sistem otot serta saraf.

Jika tidak mengasup kalsium dan vitamin D dengan cukup, maka perkembangan bayi yang pesat akan mengambilnya dari cadangan ibu. Ini sebabnya selain dari makanan, ibu bisa mengonsumsi suplemen tambahan supaya tidak terkena osteoporosis nantinya.

Ibu bisa mendapatkan kedua nutrisi ini dari susu, yoghurt, keju, salmon, ikan teri, dan sayur berdaun hijau.

  1. Vitamin A

Nutrisi ini penting untuk perkembangan penglihatan bayi, pembentukan sel-sel, serta sistem kekebalannya. Vitamin A mudah didapatkan dari sayuran dan buah-buahan, bisa juga melalui suplemen.

Baca Juga:  10 Buah yang Mengandung Protein Tinggi, Cocok untuk Camilan

Itulah beberapa nutrisi ibu hamil trimester 1 yang wajib dipenuhi demi perkembangan maksimal janin. Meskipun demikian, nutrisi lain seperti karbohidrat, vitamin, dan mineral lainnya harus tetap rutin dikonsumsi karena juga penting untuk kekuatan dan pemulihan ibu pasca melahirkan kelak.

Sumber:

https://www.eatingwell.com/article/290540/what-to-eat-when-youre-pregnant-first-trimester/
https://www.halodoc.com/artikel/4-makanan-wajib-ibu-hamil-di-trimester-pertama
https://www.healthline.com/nutrition/13-foods-to-eat-when-pregnant
https://hellosehat.com/kehamilan/kandungan/trimester-1/nutrisi-trimester-pertama-kehamilan/
https://www.haibunda.com/kehamilan/
20210307201359-49-196943/7-nutrisi-dan-makanan-untuk-ibu-hamil-trimester-pertama

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Share on tumblr
Share on pinterest

artikel terkait

DAPATKAN E-BOOK GRATIS

Kumpulan tips diet simpel sehari-hari

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments