HOME / Berat Badan / Ketahui 10 Contoh Makanan yang Tidak Sehat bagi Tubuh

Ketahui 10 Contoh Makanan yang Tidak Sehat bagi Tubuh

Ketahui 10 Contoh Makanan yang Tidak Sehat bagi Tubuh
Ketahui 10 Contoh Makanan yang Tidak Sehat bagi Tubuh

Ada banyak ragam makanan yang tersedia. Agar tetap sehat, Anda perlu mengurangi makanan yang tidak sehat. Anda perlu mengetahui contoh makanan yang tidak sehat.

Hidup sehat adalah harapan semua orang. Salah satu hal yang seringkali menjadi penyebab menurunnya kesehatan adalah makanan. Bukan karena sedikit makan, tetapi karena salah ketika memilihnya.

Akibat memakan makanan yang tidak sehat, mereka terserang penyakit. Penyakit yang bisa menyerang pun terbilang berbahaya, seperti penyakit jantung dan darah tinggi.

Sekarang, saatnya mengetahui apa saja makanan yang tidak sehat untuk dikonsumsi. Temukan contohnya di dalam artikel ini.

Gorengan

Kalori yang terkandung dalam gorengan bisa dibilang cukup tinggi. Salah satu contohnya, bakwan. Berdasarkan data fatsecret, makanan yang satu ini mengandung sekitar 137 kalori perpotong.

Sedangkan, kebanyakan orang tak cukup hanya makan satu.

Tak hanya kalori, kandungan lemak pada gorengan pun juga tinggi. Ini membuat gorengan bisa menyebabkan obesitas jika dikonsumsi berlebihan.

Daging Olahan

Daging memang sehat karena merupakan sumber protein. Namun, daging olahan mendapat beberapa bahan tambahan selama prosesnya. Tambahan yang dimaksud bisa berupa pengawet dan pewarna.

Ini menjadikan daging olahan bisa mengganggu tekanan darah bahkan menyebabkan kanker. Terutama, jika Anda sering mengonsumsinya dan dengan jumlah banyak.

Makanan Kalengan

Makanan kalengan memang praktis dan mudah disajikan. Namun, mengkonsumsi makanan kaleng memiliki sejumlah risiko.

Makanan kalengan umumnya diberi tambahan gula, garam dan pengawet. Gula dan garam tambahan ini bisa meningkatkan risiko munculnya penyakit. Misalnya, diabetes ataupun darah tinggi.

Bukan hanya karena gula dan garam, risiko lainnya berasal dari BPA. BPA adalah bahan kimia yang terdapat pada kemasan. Bahan ini bisa terkontaminasi ke makanan dan mempengaruhi kesehatan.

Baca Juga:  Tanpa Disadari, Ini 5 Kegiatan yang Bikin Gemuk

Asinan

Makanan asinan diolah menggunakan garam dan cuka. Jika dikonsumsi secara berlebih, bisa meningkatkan risiko penyakit.

Konsumsi garam dalam jumlah tinggi bisa menyebabkan darah tinggi. Sedangkan asam, bisa mengganggu pencernaan bahkan merusak gigi.

Jeroan

Jeroan mengandung nutrisi seperti vitamin, zat besi, magnesium, dan lainnya. Tetapi, mengkonsumsinya dalam jumlah yang banyak dapat menimbulkan penyakit.

Ini karena jeroan tinggi akan kandungan lemak jenuh dan kolesterol. Asupan kolesterol yang tinggi bisa menyebabkan penyakit jantung.

Tidak hanya itu, jeroan juga mengandung purin dalam jumlah yang tinggi. Ini menyebabkan penyakit asam urat bagi yang mengkonsumsinya dalam jumlah banyak.

Mie Instan

Mie instan lebih sulit dicerna sehingga membuat kerja saluran cerna menjadi lebih berat. Jika dikonsumsi terlalu sering dan dalam jumlah banyak, akan mengganggu kesehatan pencernaan.

Mie instan juga merupakan makanan tinggi natrium. Dalam satu sajian mie instan, terdapat 860 mg natrium. Asupan natrium berlebih bisa menyebabkan darah tinggi.

Selain darah tinggi, konsumsi mie instan secara berlebih juga bisa mengganggu kesehatan jantung dan ginjal.

Junk Food

Junk food atau makanan cepat saji memiliki kandungan gula dan garam yang tinggi. Kalori makanan ini pun juga tinggi. Dengan sering memakannya dalam jumlah banyak, risiko obesitas akan menghantui.

Tidak hanya gula dan garam saja, junk food juga tinggi kandungan lemak dan kolesterol. Sehingga, konsumsi makanan ini dalam jumlah banyak dan sering bisa meningkatkan risiko penyakit jantung.

Junk food rendah akan kandungan serat. Dengan begitu, orang yang memakannya tidak mudah merasa kenyang. Ini mendorong orang untuk ingin memakannya lagi.

Minuman Kemasan

Minuman kemasan mengandung gula yang tinggi. Contohnya, soda mengandung hampir 10 sendok makan gula persajian. Dengan kandungan gula yang tinggi, risiko diabetes akan meningkat bagi orang yang sering meminumnya.

Baca Juga:  Pola Makan untuk Menambah Berat Badan, Layak Dicoba

Roti Putih

Roti putih tinggi kandungan karbohidrat, tapi rendah serat dan nutrisi lain. Kandungan gula dalam roti putih juga cukup tinggi. Indeks glikemik pada roti putih pun terbilang tinggi.

Perlu diketahui, indeks glikemik menentukan seberapa cepat makanan diproses menjadi gula. Semakin tinggi indeks glikemik, semakin cepat pula prosesnya.

Dengan begini, memakan roti putih terlalu sering dapat meningkatkan risiko penyakit diabetes.

Kue

Kue memiliki kalori serta kandungan gula yang tinggi. Tingginya kalori bisa menyebabkan kenaikan berat badan. Diikuti oleh gula berlebih dapat menyebabkan penyakit diabetes.

Kue juga mengandung lemak jenuh. Konsumsi zat ini dalam jumlah banyak akan meningkatkan risiko penyakit jantung.

Itulah beberapa contoh makanan tidak sehat. Kalau dilihat, kebanyakan memiliki kandungan gula, garam, dan lemak yang tinggi. Ada juga yang diberi tambahan pengawet.

Itu bisa menjadi ciri-ciri makanan tidak sehat.

Setelah mengetahui contoh makanan yang tidak sehat, saatnya beralih ke makanan yang lebih sehat.

Sumber:

https://www.google.com/amp/s/www.sehatq.com/artikel/sederet-makanan-tidak-sehat-yang-harus-dijauhi/amp
https://www.halodoc.com/kesehatan/makanan-tidak-sehat
https://www.google.com/amp/s/hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/makanan-sehari-hari-yang-berbahaya/%3famp=1
https://www.google.com/amp/s/m.klikdokter.com/amp/3633964/konsumsi-makanan-kaleng-baik-atau-buruk
https://mobile.fatsecret.co.id/kalori-gizi/umum/bakwan
https://www.google.com/amp/s/hellosehat.com/nutrisi/tips-makan-sehat/plastik-bpa-berbahaya/%3famp=1
https://www.halodoc.com/artikel/amankah-makan-asinan-setiap-hari
https://www.alodokter.com/sering-makan-jeroan-waspada-ini-efeknya-bagi-kesehatan
https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/2696499/waspada-inilah-deretan-penyakit-akibat-junk-food
https://www.halodoc.com/artikel/minuman-dalam-kemasan-yang-bisa-beri-dampak-negatif
https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3647520/dampak-kesehatan-akibat-sering-makan-roti-tawar-putih#:~:text=Roti%20tawar%20putih%20mengandung%20serat,dan%20Anda%20bisa%20mengalami%20sembelit.
https://hellosehat.com/diabetes/tipe-2/indeks-glikemik/
https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3622870/kenali-efek-beragam-bahan-pembuat-kue-bagi-kesehatan

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Share on tumblr
Share on pinterest

artikel terkait

DAPATKAN E-BOOK GRATIS

Kumpulan tips diet simpel sehari-hari

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments