HOME / Ahli Gizi / 5 Tugas Ahli Gizi di Catering Ini Penting Tapi Sayangnya Belum Pada Tahu

5 Tugas Ahli Gizi di Catering Ini Penting Tapi Sayangnya Belum Pada Tahu

5 Tugas Ahli Gizi di Catering Ini Penting Tapi Sayangnya Belum Pada Tahu
5 Tugas Ahli Gizi di Catering Ini Penting Tapi Sayangnya Belum Pada Tahu (Foto: Pietro Jeng)

Tugas ahli gizi di catering, bisa menjadi pertanyaan yang paling umum dipertanyakan. Apalagi untuk orang-orang yang baru tahap awal, ingin mencoba program diet dengan bantuan layanan catering.

Beuhh, pasti kian hari pertanyaan seputar “Sebetulnya tugas ahli gizi di catering itu seperti apa?” “Kenapa di setiap layanan catering, selalu dikaitkan dengan ahli gizi. Memangnya apa hubungannya?”

Tenang, tenang, kamu masih beruntung hari ini. Karena sebentar lagi, kamu akan segera menemukan jawaban dari pertanyaan tersebut. Iyah, seperti biasa, artikel ini akan menjadi jawaban yang kamu butuhkan.

Karena artikel ini, akan membahas tentang tugas ahli gizi di catering. Bukankah ini yang kamu inginkan dan butuhkan selain manfaat ilmu gizi ? Jadi yuk, tanpa basa basi, kita langsung ke pembahasan inti

Memberikan Layanan Edukasi

Ini nih, tugas yang paling awal dan pasti dilakukan oleh setiap ahli gizi. Dimana pun tempat dia bekerja, termasuk di tempat catering. Yaitu, memberikan edukasi alias pembelajaran juga pengetahuan, terkait dengan persoalan kebutuhan gizi secara umum dan mendalam pastinya.

Jika tujuan kamu, ingin menggunakan layanan catering untuk membantu program diet. Biasanya di sesi ini, ada tanya jawab antara kamu dengan ahli gizi, terkait dengan pengenalan kebutuhan gizi sepenting apa. Juga pengenalan tentang beberapa program diet, yang bisa menjadi pilihan untuk kamu jalankan.

Memberikan Layanan Konsultasi

Sebetulnya, ini masih lanjutan tugas ahli gizi di catering yang ada di poin pertama. Karena biasanya, setelah kamu diberikan edukasi, akan dilanjutkan dengan sesi konsultasi. Dalam sesi ini, biasanya ada obrolan pribadi, terkait keadaan kesehatan juga gaya hidup. Diantaranya, seperti, makanan yang sering dikonsumsi apa saja, memiliki riwayat penyakit atau tidak, memiliki alergi atau tidak,  dan lain-lain.

Baca Juga:  Jam Tidur Yang Baik dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Kenapa ini ditanyakan? Yah, supaya nanti ahli gizi bisa dengan mudah menyimpulkan, status gizi kamu itu sudah sampai di tahap yang mana, apakah ada yang perlu diperbaiki atau tidak. Kalau di layanan catering, biasanya, sesi ini jadi pondasi dalam memutuskan, rekomendasi menu dan program diet apa saja yang kiranya bisa kamu coba, sesuai dengan keadaan gizi kamu yang terbaru pastinya.

Memberikan Layanan Intervensi Gizi

Hayoh, seberapa sering kamu mendengar istilah ini baru-baru ini? Betul sekali, secara sederhana, intervensi gizi bisa diartikan, sebagai upaya atau cara, yang sebaiknya dilakukan, dengan tujuan, untuk mengurangi bahkan mencegah adanya masalah gizi. Salah satunya, adalah kekurangan asupan gizi.

Untuk praktiknya, dalam layanan catering, biasanya intervensi gizi akan terlihat, salah satunya. Pada saat ahli gizi, memberikan rekomendasi menu makanan diet, tetapi dari menu tersebut semua kebutuhan gizi kamu sudah terpenuhi. Jadi singkatnya, jaminan kebutuhan gizi akan terpenuhi, walaupun kamu sedang menurunkan berat badan. Nikmat dan menguntungkan sekali bukan? 

Memberikan Layanan Program Diet Sehari-hari

Masih melanjutkan poin sebelumnya, tugas ahli gizi di catering juga, yaitu turut ikut ambil peran dalam pemilihan menu diet yang tepat. Baik itu dari segi menu makanan, jenis bahan makanan, hingga saran penyajiannya harus seperti apa dan bagaimana, semuanya sudah diatur oleh ahli gizi pastinya.

Kenapa harus begitu? Ya, balik lagi, ahli gizi adalah orang yang tepat untuk mengatur semuanya. Karena mereka, sudah dibekali dengan pengetahuan yang tentunya bisa mendukung untuk mengatur hal-hal tersebut. Mereka juga, sudah memiliki pengalaman yang tidak sebentar untuk jaminan. Iya enggak sih?

Memberikan Layanan Pengembangan Gizi

Jangan salah, ahli gizi juga harus melakukan penelitian, layaknya seorang ilmuan. Yah, tentunya hal yang diteliti oleh ahli gizi, masih di ruang lingkup kesehatan dan kebutuhan gizi. Hasil dari penelitian ini juga, biasanya akan mempengaruhi pada perkembangan pelayanan di tempat dimana mereka bekerja, salah satunya tempat catering.

Baca Juga:  Jangan Langsung Konsultasi Ke Ahli Gizi Kalau Belum Tahu Dua Hal Ini

Eh, tapi, hasil penelitian ahli gizi juga. Biasanya, bisa berupa cara adaptasi ahli gizi, dengan teknologi. Jadi seperti, penemuan untuk meningkatkan kebutuhan gizi, tetapi disesuaikan dengan teknologi. Hebat sekali bukan?

Gimana, setelah kamu menyimak artikel ini sampai selesai. kira-kira, menurut kamu, tugas ahli gizi di catering yang mana nih, yang paling penting?

Sumber:

https://www.cureaja.id/2020/07/Tugasahligizi.html

https://iik.ac.id/blog/peran-ahli-gizi-dalam-memeriksa-keamanan-pangan-sesuai-mutu-gizi-seimbang/

https://www.resepbunda.biz/tag/ahli-gizi/

artikel terkait

DAPATKAN E-BOOK INI

Kumpulan tips diet simpel sehari-hari

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments