HOME / Kebutuhan Protein / Seberapa Besar Kebutuhan Nutrisi Manusia Itu? Temukan Jawabannya

Seberapa Besar Kebutuhan Nutrisi Manusia Itu? Temukan Jawabannya

Seberapa Besar Kebutuhan Nutrisi Manusia Itu? Temukan Jawabannya
Seberapa Besar Kebutuhan Nutrisi Manusia Itu? Temukan Jawabannya (Foto: destiawan nur agustra)

Kebutuhan nutrisi manusia, agaknya bisa menjadi hal yang jarang dibicarakan dan dijadikan pembahasan. Walaupun sebetulnya, topik ini tuh penting untuk diketahui. Kenapa begitu? Yah, karena, dengan kita mengetahui, kebutuhan nutrisi manusia. Secara tidak langsung, kita juga akan mengetahui, seberapa besar kebutuhan nutrisi untuk diri kita sendiri. Yah, kan, kita sama-sama manusia. Betul?

Menyadari keadaan tersebut, artikel ini hadir untuk membantu. Membantu dengan cara apa? Betul, dengan cara memberikan informasi, sebetulnya seberapa besar, kebutuhan nutrisi manusia, jawabannya. Jadi, untuk kamu, yang memiliki pertanyaan yang sama. Harap pastikan, kamu membaca artikel ini sampai tuntas. Supaya, jawaban yang kamu dapatkan, bisa terbayarkan secara lunas. Siap?

Apa Itu Kebutuhan Nutrisi Manusia?

Sebelum mengetahui, seberapa besar kebutuhan nutrisi manusia. Ada baiknya, untuk kamu memahami terlebih dahulu, apa itu kebutuhan nutrisi manusia. Berikut ini, poin-poin pembahasannya:

Takaran Nutrisi Yang Harus Dipenuhi

Sederhananya, kebutuhan nutrisi manusia, bisa diartikan, sebagai besaran takaran nutrisi yang harus dipenuhi oleh setiap manusia. Nutrisinya berasal dari mana? Yah, dari makanan dan minuman yang dikonsumsi jawabannya. Untuk standar kebutuhan nutrisi pun, nyatanya setiap orang pasti punya perbedaan. Tapi, untuk ruang lingkup negara, biasanya ada keberadaan AKG, untuk jadi patokannya.

Ada Dua Jenis Kebutuhan Nutrisi

Belum banyak orang yang mengetahui, kalau kebutuhan nutrisi ini terbagi menjadi dua. Pertama, ada kebutuhan gizi makro. Yang berarti, kebutuhan nutrisi-nutrisinya ini, lumayan besar presentasinya. Contohnya, ada lemak, protein, dan karbohidrat. Yang kedua, ada kebutuhan gizi mikro. Yang berarti, kebutuhan nutrisi-nutrisinya itu lebih sedikit. Contohnya, ada fosfor, magnesium, vitamin, zat besi, dll.

Menghitung Kebutuhan Kalori Jadi Kunci 

Untuk di Indonesia sendiri, bisa dibilang, sudah ada angka standar, kebutuhan nutrisi manusia. Yaitu, bisa dilihat di tabel Angka Kecukupan Gizi alias AKG tadi. Tapi, jika ingin mengetahui, standar angka, kebutuhan manusia, yang mengarah untuk diri kita sendiri. Kita harus menghitungnya, secara mandiri. Dan, yang jadi kunci untuk bisa menghitung semuanya. Dengan, mengetahui angka kebutuhan kalori.

Baca Juga:  5 Sumber Protein Nabati untuk MPASI Agar Bayi Sehat

Masih bingung, menghitung kebutuhan kalori itu memangnya seperti apa?

Tenang, jangan panik dulu. Karena dibawah, sudah ada penjelasan langkah-langkahnya. Jadi, silahkan geser artikel ini ke arah bawah. Untuk menemukan, apa yang kamu butuhkan. Woke?

Bagaimana Cara Menghitung Kebutuhan Nutrisi Manusia?

Untul lebih mempermudah semuanya, ada baiknya. Kamu sudah mengetahui, kebutuhan jumlah kalori, yang akan dihitung kebutuhan nutrisinya. Untuk menemukan angka kebutuhan kalori, bisa digunakan rumus. Dengan mengkalikan hasil angka BMR, dengan angka aktivitas harian rata-rata. Untuk langkah-langkahnya, kamu bisa baca dulu artikel ini Menghitung Kebutuhan Kalori.

Gimana, sudah? Hasil angkanya berapa? Untuk jadi contoh, kita sama-sama ambil angka kebutuhan kalorinya 2000 saja, oke? Setelah itu, bisa dilanjutkan dengan menghitung menggunakan rumus dibawah

Kebutuhan Karbohidrat = 65%  X 2.000 = 1300 kalori. Ubah angkanya menjadi bentuk gram, dengan membagi angka 1300 dengan 4. Jadi, hasil akhir angkanya adalah, 325 gram.

Kebutuhan Lemak = 20% X 2.000 = 400 kalori. Ubah kembali angkanya jadi besaran gram, dengan membagi angka 400 dengan 9. Jadi, hasil akhir angkanya adalah, 44 gram.

Kebutuhan Protein = 15% X 2.000 = 300 kalori. Ubah kembali angkanya, jadi bentuk besaran gram. Dengan membagi angka 300 dengan 4. Jadi, hasil akhir angkanya adalah, 75 gram.

Dengan begitu, bisa disimpulkan. Kalau, kebutuhan nutrisi manusia, yang kebutuhan kalorinya menginjak angka 2.000. Maka, kebutuhan karbohidratnya, 325 gram. Kebutuhan lemaknya, sekitar 44 gram, dan kebutuhan proteinnya, harus mencapai angka 75 gram. Cukup mudah kan, menghitungnya?

Nah, itu dia cara menghitung, kebutuhan nutrisi manusia. Yang sebetulnya, bisa ada dua cara. Yang pertama, standar umum, yaitu dengan melihat angka-angka di AKG. Disana, sudah tersedia lengkap pokoknya. Dan kedua, standar khusus, yang harus dihitung menghitung rumus, seperti contoh diatas.

Baca Juga:  Makanan Berprotein Rendah untuk Diet Rendah Protein, Apa Saja?

Ternyata, bisa segampang itu, menghitung kebutuhan nutrisi manusia. Setuju?

Sumber:

https://hellosehat.com/nutrisi/pengertian-akg/

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Share on tumblr
Share on pinterest

artikel terkait

DAPATKAN E-BOOK GRATIS

Kumpulan tips diet simpel sehari-hari

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments