HOME / Tips Diet / 7 Pilihan Terbaik Menu Sarapan Pagi yang Sehat dan Bergizi

7 Pilihan Terbaik Menu Sarapan Pagi yang Sehat dan Bergizi

7 Pilihan Terbaik Menu Sarapan Pagi yang Sehat dan Bergizi
7 Pilihan Terbaik Menu Sarapan Pagi yang Sehat dan Bergizi

Makan pagi sangat diperlukan guna menyuplai energi untuk beraktivitas seharian. Tentu bukan sembarang makanan, karena salah pilih malah berisiko meningkatkan kolesterol, tekanan darah, bahkan berat badan. Lalu, bagaimana memilih menu sarapan pagi yang sehat dan bergizi?

Tidak Asal Kenyang

Kebanyakan orang masih memiliki mindset bahwa makan haruslah mengenyangkan. Padahal, konsumsi karbohidrat yang berlebihan bukanlah pilihan menu sarapan sehat di pagi hari.

Sebab, hal ini berpotensi memicu naiknya insulin. Dilansir dari BBC, Sarah Elder, seorang ahli gizi mengatakan bahwa sarapan seimbang berguna untuk menstabilkan kadar gula dalam darah seharian.

Tubuh menggunakan simpanannya untuk melakukan pertumbuhan dan perbaikan di waktu malam. “Karenanya, sarapan seimbang sebaiknya mampu meningkatkan energi, serta protein dan kalsium yang telah digunakan sepanjang malam,” ungkap ahli gizi ini.

Masukkan Kandungan Gizi Lain

Lalu, bagaimana menentukan menu sarapan pagi yang sehat untuk diet? Melansir dari Yahoo, Ruth Frenchman, seorang nutrisionis, mengatakan bahwa setiap manusia membutuhkan gizi yang tidak sama.

Misalnya, usia, tujuan, serta kegiatan harian masing-masing individu tentu bisa memengaruhi porsi makannya. Namun, umumnya dalam seporsi makan, setidaknya harus mengandung protein sebanyak 25%, sebesar 25 % karbohidrat, serta buah atau sayur 50%.

Ide Makan Pagi Bernutrisi

Memilih jenis makanan untuk dikonsumsi umumnya tidak sulit. Namun, menentukan menu sarapan sehat yang tidak membosankan, bisa menjadi hal yang memusingkan.

Karena terkadang, banyak orang mulai menjadi bosan dengan pilihan yang sama setiap hari.

Inilah daftar makanan pagi menyehatkan yang patut dicoba.

  1. Oatmeal

Kandungan beta glukan, yang berbentuk serat lengket dan tebal di dalamnya, bisa meningkatkan rasa kenyang serta mengurangi kolesterol. Oatmeal tak hanya cocok sebagai menu sarapan pagi simple, tapi kandungan antioksidannya bisa memperkuat jantung dan berguna menstabilkan tensi.

Baca Juga:  4 Makanan Pengganti Nasi untuk Diet yang Sehat dan Aman

Dalam satu cangkirnya (235 gram), terkandung 6 gram protein. Nah, untuk meningkatkan kandungan proteinnya, coba campurkan bersama susu.

  1. Telur

Dalam satu butirnya rata-rata mengandung 70 kalori, 6 gram protein, vitamin A, D, dan B12. Mengonsumsinya akan memberikan rasa kenyang serta membuat stabil kadar gula darah. Kandungan kolin di dalamnya merupakan nutrisi yang sangat penting untuk menjaga hati serta otak tetap sehat.

  1. Buah-buahan

Dilansir dari Grid, dr. Fiastuti Witjaksono, MSc. MS. Sp.GK, menyarankan menyarap buah sebab mampu menyehatkan pencernaan serta menimbulkan rasa kenyang lebih lama.  Kombinasikan buah kiwi, blueberry, atau buah lain yang Anda suka untuk dimakan bersama oatmeal.

  1. Yoghurt

Seporsi (6 gram) yoghurt mengandung protein setara dengan sepotong daging. Mengonsumsi yoghurt akan membantu mengurangi rasa lapar, meningkatkan laju metabolisme, dan menjaga usus Anda tetap sehat.

Kombinasi dari yoghurt bersama taburan buah-buahan, seperti kiwi atau berry adalah contoh menu sarapan gizi seimbang.

  1. Chia Seeds

Biji chia adalah sumber serat dan gizi terbaik. Dalam 28 gramnya, mengandung 11 gram serat yang mampu menyerap air, menyehatkan saluran cerna, serta membuat tubuh lebih kenyang.

Tambahkan dalam sereal, smoothie, puding, atau panggangan, maka kandungan seng, magnesium, zat besi, dan kalsiumnya akan membuat Anda tetap sehat.

  1. Kopi dan Teh

Di Indonesia, kedua minuman ini sangat populer untuk menemani santapan pagi. Kafein di dalamnya terbukti meningkatkan laju metabolisme dan pembakaran lemak. Kandungan antioksidannya juga mengurangi peradangan, melindungi pembuluh darah, serta mengurangi risiko diabetes dan penyakit hati

  1. Selai Kacang

Kandungan protein di dalamnya mampu menjaga kadar gula dalam darah. Dua sendok selai kacang mengandung 8 gram protein atau menyediakan sekitar 20% kebutuhan protein harian orang dewasa.

Baca Juga:  7 Menu Sarapan Pagi untuk Diet Turunkan Berat Badan

Membiasakan diri mengonsumsi menu sarapan pagi yang sehat dan bergizi bisa bermanfaat pada kesehatan dalam jangka panjang. Untuk itu, lakukanlah rutinitas baik dengan sarapan makanan yang bergizi setiap hari.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Share on tumblr
Share on pinterest

artikel terkait

DAPATKAN E-BOOK GRATIS

Kumpulan tips diet simpel sehari-hari

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments