HOME / Tips Diet / 3 Cara Tepat Mengatur Waktu Makan yang Baik dan Efektif

3 Cara Tepat Mengatur Waktu Makan yang Baik dan Efektif

3 Cara Tepat Mengatur Waktu Makan yang Baik dan Efektif
3 Cara Tepat Mengatur Waktu Makan yang Baik dan Efektif

Agar bisa hidup lebih sehat, Anda bisa menerapkan diet seimbang. Tetapi juga tidak boleh melupakan waktu makan yang baik. Sayangnya, frekuensi dan waktu makan seringkali terlupakan sehingga hasil diet kurang maksimal. Ini juga berpengaruh pada kesehatan tubuh Anda.

Beberapa penelitian menyatakan bahwa orang yang memiliki waktu makan yang betul cenderung memiliki berat badan yang terkendali. Dengan mengontrol berat badan, Anda bisa menghindari berbagai jenis penyakit yang disebabkan oleh obesitas.

Salah satu dampak negatif dari obesitas adalah mudah terkena serangan jantung. Selain itu, orang dengan berat badan berlebih juga rentan terkena diabetes dan penyakit lain, seperti stroke dan hipertensi.

Seperti Apa Jadwal Makan yang Baik?

Memang tidak ada ketentuan yang pasti perihal pola makan sehat, pagi, siang, malam. Setiap individu, termasuk Anda tentu saja memiliki pola makan tersendiri. Namun, akan lebih baik untuk membuat aturan waktu makan.

Usahakan jadwal makan diet yang sama setiap hari agar tubuh mengerti dan tahu jadwal ia mendapatkan asupan makanan. Proses metabolisme tubuh akan meningkat dan berat badan bisa terjaga.

  1. Sarapan

Jangan pernah melewatkan sarapan! Saat hendak menerapkan waktu makan yang baik untuk diet, atur waktu sarapan yang baik. Tubuh membutuhkan makanan setelah kosong selama Anda tidur di malam hari. Sekitar 1 hingga 2 jam setelah bangun tidur, kadar gula darah akan turun.

Waktu ideal untuk sarapan adalah sebelum jam 9 pagi. Hal ini bertujuan untuk memberi tubuh dan otak makanan. Atau Anda bisa menikmati sarapan sehat 2 jam setelah bangun pagi. Misalkan jika Anda terbiasa bangun jam 6 pagi, maka Anda bisa sarapan di jam 8 pagi.

  1. Makan Siang

Selain sarapan, waktu makan siang juga harus Anda perhatikan. Ya, Anda harus konsisten menjaga waktu makan, terlebih jika sedang menjalankan program diet guna menjaga kesehatan tubuh dan berat badan.

Baca Juga:  11 Jenis Makanan yang Harus Dihindari saat Diet Karbo

Idealnya, makan siang dilakukan 4 jam setelah sarapan. Jadi, saat Anda konsisten setiap harinya sarapan di jam 8 pagi, maka waktu makan siang Anda adalah di jam 12 siang. Karena puncak aktivitas berada di sekitar jam makan siang, Anda bisa menambahkan porsi makan siang dibandingkan dengan sarapan di pagi hari.

Tapi tetap ingat untuk selalu menyantap makanan sehat yang tidak akan membawa efek buruk bagi tubuh. Terlambat makan siang bisa merusak hari dan mood karena saat perut kosong dan keroncongan, Anda akan lebih mudah marah dan lelah tanpa alasan.

  1. Makan Malam

Guna menjaga berat badan, banyak orang yang rela melewatkan makan malam. Nyatanya, makan malah tidak kalah penting dari sarapan dan makan siang karena tubuh memerlukan asupan makanan di malam hari agar tetap sehat.

Supaya jam makan malam tidak menyebabkan berat badan bertambah, pastikan selalu makan malam sebelum jam 7 malam. Sebaiknya, dilakukan 3 jam sebelum tidur, di mana tubuh Anda mulai beristirahat.

Jam makan malam juga bisa berkisar 2 hingga 3 jam setelah Anda menikmati camilan sehat. Banyak orang yang menyisipkan jadwal camilan di antara jam makan utama. Apakah Anda termasuk salah satunya?

Sekarang, Anda sudah bisa mulai menentukan waktu makan yang baik. Coba mulai mencatat kapan Anda bangun pagi dan apakah Anda termasuk orang yang tidak pernah melewatkan camilan sehat di antara jam makan utama. Jangan lupa untuk konsisten melakukannya agar tujuan Anda bisa tercapai dan badan tetap sehat.

Sumber:

https://www.merdeka.com/sehat/kapan-jam-yang-paling-tepat-untuk-makan.html
https://sahabatnestle.co.id/content/gaya-hidup-sehat/3-cara-tepat-mengatur-jadwal-makan.html
https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/jam-makan-yang-baik/
https://www.cdc.gov/obesity/adult/causes.html

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Share on tumblr
Share on pinterest

artikel terkait

DAPATKAN E-BOOK GRATIS

Kumpulan tips diet simpel sehari-hari

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments