HOME / Tips Diet / Tambahkan 5 Buah Rendah Kalori untuk Menu Diet Sehat Anda

Tambahkan 5 Buah Rendah Kalori untuk Menu Diet Sehat Anda

Tambahkan 5 Buah Rendah Kalori untuk Menu Diet Sehat Anda
Tambahkan 5 Buah Rendah Kalori untuk Menu Diet Sehat Anda

Beberapa orang membatasi asupan kalori harian mereka. Walaupun begitu, kebutuhan nutrisi harian tetap harus terpenuhi. Buah rendah kalori pun perlu ditambahkan ke dalam menu harian.

Camilan rendah kalori penting bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan. Di sisi lain, nutrisi tetap harus dipenuhi agar badan sehat. Buah bisa menjadi solusinya.

Berikut contoh buah yang bisa Anda masukkan ke dalam menu diet sehat.

Melon

Melon adalah salah satu buah dengan kadar kalori yang rendah. Berdasarkan data dari Fatsecret, 100 gram melon hanya mengandung 34 kalori. Dengan kalori yang rendah, buah ini bisa dinikmati oleh orang yang sedang diet.

Buah ini memiliki kandungan air yang tinggi sehingga bisa mencegah dehidrasi. Dua potongnya bahkan mengandung 159 gram air. Dengan memakan dua potong, Anda sudah mendapat asupan setengah gelas air.

Melon juga bisa mengatasi darah tinggi. Itu karena buah ini mengandung kalium yang dapat menyeimbangkan tekanan darah.

Semangka

Buah rendah kalori untuk diet selanjutnya adalah semangka. Buah ini hanya mengandung 30 kalori untuk setiap 100 gram. Walaupun begitu, buah ini diperkaya mineral, seperti kalium dan magnesium.

Karbohidrat, Vitamin A, serta Vitamin C juga tidak ketinggalan. Kandungan airnya pun tinggi, 92% dari buah ini sendiri. Ini menjadikan semangka memiliki banyak manfaat.

Vitamin A dan C pada semangka bermanfaat dalam mempercantik kulit dan rambut. Tingginya kandungan air dan kehadiran serat pada buah ini membantu melancarkan pencernaan. Tidak hanya itu, antioksidan dalam buah ini akan melindungi tubuh dari radikal bebas.

Stroberi

Stroberi merupakan buah rendah kalori dan rendah gula. Tiap 100 gram stroberi hanya mengandung sekitar 32 kalori. Dengan timbangan yang sama, gula yang terkandung hanya sekitar 4,9 gram.

Baca Juga:  Makanan Pokok Pengganti Nasi yang Sehat dan Bergizi

Kandungan gula dan kalori di dalam stroberi memang rendah. Tetapi, stroberi kaya akan nutrisi yang diperlukan tubuh. Buah ini kaya akan vitamin dan mineral.

Vitamin A, vitamin B6, vitamin C, vitamin E, dan vitamin K ada di dalam buah ini. Fosfor, zinc, kalsium, kalium, dan zat besi juga terkandung di dalamnya.

Dengan nutrisi yang padat, stroberi memiliki segudang manfaat. Buah ini bisa menjaga kesehatan mata karena vitamin C dan antioksidan di dalamnya. Kekebalan tubuh pun akan meningkat karena adanya antioksidan.

Darah tinggi dan risiko serangan jantung juga akan berkurang. Ini karena adanya zat anthocyanin di dalam buah stroberi. Dengan anthocyanin ini, stroke pun juga dapat dicegah.

Jeruk

Jika Anda mencari buah rendah kalori tinggi serat, jeruk adalah salah satunya. Di dalam 100 gram buah jeruk terdapat 47 kalori dan 2,4 gram serat.

Jeruk juga diperkaya nutrisi lainnya, seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, kalium, dan kalsium turut memperkaya buah ini.

Dengan melimpahnya kandungan nutrisi di dalam buah jeruk, menjadikan buah ini bermanfaat untuk kesehatan. Contohnya, menjaga kesehatan jantung. Flavonoid di dalamnya memberi efek perlindungan untuk jantung.

Kandungan serat yang ada pada jeruk juga bermanfaat untuk pencernaan. Asupan serat yang cukup juga membantu mencegah diabetes.

Apel

Apel juga merupakan buah dengan kalori yang rendah, sekitar 52 kalori tiap 100 gramnya. Walaupun kalorinya rendah, nutrisi yang dimiliki apel cukup tinggi.

Nutrisi penting yang dimiliki apel antara lain, vitamin A, vitamin C, kalsium, kalium, fosfor, dan lainnya. Nutrisi tadi menyajikan segudang manfaat untuk Anda.

Misalnya, salah satu manfaat apel adalah mengurangi risiko penyakit jantung. Selain itu, tekanan darah juga dapat diturunkan dengan senyawa polifenol di dalam apel. Dengan ini juga, risiko stroke dapat berkurang.

Baca Juga:  Pola Makan Sehat untuk Orang yang Sibuk Seperti Anda

Itulah contoh buah rendah kalori yang bisa dipilih untuk menu diet. Dengan memakan buah yang kaya nutrisi, diet sehat pun akan bisa membuahkan hasil. Berat badan ideal, tubuh pun sehat.

Sumber:

https://www.halodoc.com/artikel/ini-8-buah-rendah-kalori-yang-wajib-dikonsumsi-saat-puasa
https://mobile.fatsecret.co.id/kalori-gizi/umum/apel?portionid=58449&portionamount=100,000
https://mobile.fatsecret.co.id/kalori-gizi/umum/jeruk?portionid=58609&portionamount=100,000

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Share on tumblr
Share on pinterest

artikel terkait

DAPATKAN E-BOOK GRATIS

Kumpulan tips diet simpel sehari-hari

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments