HOME / Tips Diet / Meski Rendah Kalori, Patuhi Aturan Makan Buah Untuk Diet

Meski Rendah Kalori, Patuhi Aturan Makan Buah Untuk Diet

Meski Rendah Kalori, Patuhi Aturan Makan Buah Untuk Diet
Meski Rendah Kalori, Patuhi Aturan Makan Buah Untuk Diet

Sudah sejak lama, mengonsumsi buah dikenal sebagai gaya hidup yang menyehatkan. Namun banyak yang tidak tahu bahwa ada aturan makan buah untuk diet, supaya manfaatnya maksimal dan risiko kesehatan bisa diminimalisir.

Apa saja?

Perhatikan Jenisnya

Jika diurutkan, ada banyak sekali manfaat buah untuk kesehatan Anda. Kandungan berbagai vitamin, mineral, hingga antioksidan di dalamnya bisa melindungi tubuh dari kanker, masalah pencernaan, kolesterol, serta penyakit degeneratif lain.

Buah-buahan bahkan dikenal sebagai bagian dari gaya hidup sehat dan menjadi salah satu dari 10 makanan untuk diet yang paling terjangkau. Tidak mengherankan, sebab kandungan serat di dalamnya akan membuat rasa kenyang bertahan lama, serta menyehatkan saluran cerna.

Nutrisi di dalamnya juga melindungi dan meremajakan sel tubuh, serta membuat tubuh lebih bugar. Salah satu aturan makan untuk diet yang menggunakan buah adalah dengan memerhatikan jenisnya. Pisang, pepaya, alpukat, apel, berry, kiwi, markisa, hingga jeruk adalah varian yang umum dikonsumsi saat diet.

Selain kaya nutrisi dan serat yang mengenyangkan, buah di atas kerap dipilih karena memiliki indeks glikemik rendah yang bermanfaat untuk mempertahankan berat badan.

Perhatikan Cara Makannya

Selain jenisnya, bagaimana mengonsumsi dan mengolah buah juga wajib diperhatikan. Berikut beberapa hal yang salah kaprah dalam cara memakan maupun pengolahannya.

  1. Membuat jadi jus

Sebenarnya tidak masalah sesekali mengolahnya menjadi minuman jika memang buah dipilih sebagai makanan untuk diet ketat. Namun pada dasarnya, kandungan alaminya bisa rusak karena proses ini. Manfaatnya bisa lebih maksimal jika digigit dan dikunyah secara alami.

  1.  Menambahkan sirup, susu, es krim, atau keju

Alih-alih menjadikannya sehat, tambahan lemak dan gula di dalam buah justru tidak akan membantu menurunkan berat badan.

  1.  Membuang kulitnya

Apel, pir, tomat, anggur, dan beberapa jenis lainnya sebenarnya tidak perlu dikupas sebelum memakannya. Sebab, kandungan berbagai vitamin seperti C dan A, serta serat paling banyak terdapat di bagian kulitnya.

  1. Memasak buah

Mengukus, memanggang, apalagi menggoreng buah akan menghilangkan kandungan vitamin C-nya, bahkan tambahan gula dan minyak membuatnya tak lagi sehat.

Baca Juga:  Tips Menambah Berat Badan Supaya Menjadi Ideal

Perhatikan Waktu Makannya

Ada beberapa hal mengenai waktu makan buah yang harus diperhatikan.

  1. Berbarengan dengan beberapa jenis makanan

Proses pencernaan sayuran umumnya akan terhambat jika dimakan bersamaan dengan buah yang mengandung banyak gula. Begitu juga dengan campuran jeruk dan wortel yang bila dikombinasikan bisa mengakibatkan reflux empedu berlebih serta mulas.

  1. Kombinasi yang salah

Dalam jadwal makan diet ketat, mengonsumsi beberapa jenis buah seringkali menjadi pilihan. Namun, kombinasi yang salah, misalnya jambu dengan pisang, justru akan mengganggu kesehatan. Keduanya bisa menaikkan asam lambung sehingga Anda bisa merasa kembung dan mual.

  1. Hindari tengah malam

Jika dikonsumsi berlebihan, terutama sebagai camilan tengah malam, kandungan gula dalam buah tidak akan membantu Anda mempertahankan berat badan.

Perhatikan Porsi dan Nutrisi Penting Lain

Beberapa buah mengandung kadar gula yang cukup tinggi, sehingga harus diperhatikan porsinya, misalnya durian. Begitu juga dengan jenis buah yang mengandung enzim yang membantu melancarkan pencernaan, wajib dikontrol dalam mengonsumsinya, contohnya pepaya.

Memanfaatkan buah sebagai makanan diet memang baik, namun jika melulu mengonsumsinya tanpa ada tambahan lain, bisa memunculkan risiko kesehatan. Misalnya osteoporosis dan jaringan otot lemah, jika kekurangan zat besi serta protein.

Mematuhi aturan makan buah untuk diet tentu diperlukan. Hal ini bermanfaat untuk memaksimalkan asupan nutrisinya di dalam tubuh, serta mencegah adanya risiko kesehatan yang mengintai. Pastikan keseimbangan nutrisi Anda ketika menjalankan diet, supaya tubuh kian sehat dan bugar.

Sumber:

https://www.dailymail.co.uk/femail/food/article-3077993/The-15-fruits-help-LOSE-weight.html
https://www.merdeka.com/sumut/10-makanan-yang-tidak-boleh-dimakan-bersamaan-salah-satunya-pisang-dan-susu-kln.html?page=4
https://wolipop.detik.com/health-and-diet/d-2916446/cara-makan-buah-yang-tepat-untuk-bantu-turunkan-berat-badan
https://health.kompas.com/read/2020/01/07/170000768/8-jenis-buah-yang-baik-dikonsumsi-untuk-program-diet?page=all
https://www.halodoc.com/artikel/inilah-buah-buahan-yang-cocok-untuk-diet
https://hellosehat.com/nutrisi/diet/diet-buah/
https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3643844/deretan-kesalahan-saat-turunkan-berat-badan-dengan-buah

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Share on tumblr
Share on pinterest

artikel terkait

DAPATKAN E-BOOK GRATIS

Kumpulan tips diet simpel sehari-hari

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments