HOME / Kebutuhan Protein / 10 Buah yang Mengandung Protein Tinggi, Cocok untuk Camilan

10 Buah yang Mengandung Protein Tinggi, Cocok untuk Camilan

10 Buah yang Mengandung Protein Tinggi, Cocok untuk Camilan
10 Buah yang Mengandung Protein Tinggi, Cocok untuk Camilan

Tahukah Anda? Bahwa fungsi protein sangat penting untuk tubuh. Seperti, sebagai sumber energi dan pembentukan jaringan tubuh. Selain banyak ditemukan di telur dan daging, buah-buahan juga mengandung protein dan bisa membantu melengkapi kebutuhan asupan protein. Lalu, apa saja buah yang mengandung protein?

Berikut ulasannya.

  1. Jambu Biji

Makanan dan buah yang mengandung protein tinggi yang pertama ialah jambu biji. Di dalam satu cangkir jambu biji terdapat kurang lebih 4 gram protein. Kandungan vitamin C yang tinggi serta antioksidan dalam jambu dapat mencegah radikal bebas dan menjaga daya tahan tubuh Anda.

  1. Nangka

Mungkin Anda tidak menyangka jika buah manis ini termasuk buah yang kaya akan protein. Dalam satu cangkir nangka terdapat kurang lebih 2,8 gram protein atau hampir mencapai 3 gram. Buah ini juga kaya akan serat dan baik untuk sistem pencernaan asal tidak dikonsumsi secara berlebihan.

  1. Apricot

Berikutnya adalah buah apricot yang mengandung kurang lebih 2,3 gram protein per setengah cangkir. Buah ini juga mengandung berbagai nutrisi seperti serat, karbohidrat, vitamin serta mineral.

Karena kandungannya tersebut buah manis ini sangat baik untuk pencernaan dan dapat mencegah dehidrasi.

  1. Kiwi

Buah yang kerap dijadikan hiasan ini juga memiliki kandungan protein yang cukup tinggi. Dalam satu cangkir irisan buah kiwi mengandung kurang lebih 2 gram protein.

Tidak hanya itu, kiwi juga mengandung banyak serat, kalori, glukosa serta vitamin C yang baik untuk kekebalan tubuh.

  1. Blackberry

Kandungan protein dalam buah blackberry juga termasuk tinggi yaitu sekitar 2 gram per cangkirnya. Jika Anda kurang suka memakannya secara langsung, Anda juga bisa mencampurkan buah ini dengan yoghurt dan oatmeal atau membuatnya menjadi smoothies.

  1. Jeruk Bali

Selanjutnya ada jeruk bali yang mengandung kurang lebih 1,7 gram protein dalam satu cangkir. Selain dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah hidrasi, buah ini juga baik untuk diet karena mengandung sedikit gula.

  1. Raspberry

Buah raspberry termasuk buah yang memiliki protein untuk diet. Raspberry memiliki kandungan protein yang cukup tinggi yaitu sekitar 1,5 gram per cangkirnya. Buah ini memiliki tinggi serat dan rendah gula sehingga cocok untuk membantu menurunkan badan.

Baca Juga:  8 Makanan yang Mengandung Protein Nabati Cocok untuk Vegan

Anda bisa menikmati buah ini bersama dengan oatmeal atau yoghurt.

  1. Alpokat

Buah yang kerap dijadikan jus ini juga mengandung tinggi protein. Di dalam 100 gram buah alpukat terdapat sekitar 2 gram protein. Selain itu, alpokat juga mengandung lemak sehat serta serat yang baik untuk mencegah radikal sehat serta baik untuk kesehatan pencernaan.

  1. Persik

Buah persik atau peach juga mengandung protein yang cukup tinggi yaitu dalam 100 gram buah persik terdapat sekitar 1 gram protein. Selain itu, buah menyegarkan ini juga mengandung serat serta vitamin E dan C yang baik untuk membantu menjaga berat badan dan menjaga kecantikan kulit.

  1. Pisang

Pisang memang sudah terkenal sekali akan kandungan nutrisinya yang baik untuk tubuh. Dalam 100 gram buah pisang terdapat sekitar 1,1 gram protein serta 23 gram karbohidrat yang membuat buah ini memiliki banyak sumber energi.

Selain itu, pisang juga termasuk buah yang mengandung protein untuk ibu hamil dan cocok untuk dikonsumsi bagi Anda yang sedang diet.

Tidak hanya buah tersebut, buah lain juga memiliki kandungan protein namun tidak banyak.

Beberapa buah di atas merupakan contoh dari buah mengandung protein yang cukup tinggi. Meskipun begitu Anda tidak bisa hanya mengonsumsi buah saja untuk mencukupi asupan protein. Anda perlu mengonsumsi sumber protein lain yang lebih tinggi seperti telur, kacang kacangan atau daging.

Sumber:

https://www.eatthis.com/protein-in-fruit/
https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/daftar-buah-tinggi-protein/?amp=1
https://www.purewow.com/food/high-protein-fruits?amphtml=true

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Share on tumblr
Share on pinterest

artikel terkait

DAPATKAN E-BOOK GRATIS

Kumpulan tips diet simpel sehari-hari

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments