HOME / Tips Diet / Sebetulnya Apa Yang Dimaksud Makanan Sehat Yang Sebenarnya?

Sebetulnya Apa Yang Dimaksud Makanan Sehat Yang Sebenarnya?

Sebetulnya Apa Yang Dimaksud Makanan Sehat Yang Sebenarnya?
Sebetulnya Apa Yang Dimaksud Makanan Sehat Yang Sebenarnya? (Foto: Trang Doan)

Apa yang dimaksud makanan sehat, bisa menjadi pertanyaan yang agaknya jarang untuk orang tanyakan. Kenapa bisa begitu? Yah, karena, untuk makanan sehat sendiri, semua orang pasti sudah mengetahui. Kalau enggak sayuran, ya, buah-buahan. Kalau bukan sayuran dan buah-buahan, berarti tidak akan jauh lagi, dari daging-dagingan dan susu. Itulah makanan sehat, yang sesungguhnya, katanya.  

Tetapi, kabar buruknya, apa yang sudah diketahui, belum tentu sudah dipahami. Karena, mengetahui dan memahami adalah dua hal yang berbeda. Jadi, untuk kamu yang sedang memiliki pertanyaan, apa yang dimaksud dengan makanan sehat. Selamat, karena kamu, sudah berada di artikel yang tepat. Silahkan geser artikel ke arah bawah, untuk mendapatkan apa yang kamu butuhkan. Woke?

Apa Itu Makanan Sehat?

Untuk mempermudah kamu, memahami apa itu makanan sehat. Dibawah ini, sudah tersedia lengkap poin-poin pembahasan. Tentang seluk-beluk, makanan sehat yang wajib diketahui. Seperti biasa, harap dibaca semua poin-poinnya secara teliti. Supaya, tidak ada yang salah nanti. Siap?

Makanan Yang Bisa Penuhi Kebutuhan Nutrisi

Setiap manusia, punya kebutuhan nutrisi yang semuanya harus terpenuhi. Dan makanan, bisa dikatakan sebagai makanan yang sehat. Adalah jenis makanan, yang bisa memenuhi kebutuhan nutrisi-nutrisi tersebut. Misal, kebutuhan karbohidrat bisa dipenuhi melalui nasi dan ubi. Kebutuhan protein bisa dipenuhi melalui, makan ikan dan daging. Nasi, ubi, ikan, daging, itulah contoh jenis makanan sehat.

Bukan Dilihat Dari Harga Mahal Murahnya

Makanan sehat, tidak selamanya harus mahal. Tidak perlu, harus mengkomsi sayuran organik, yang diimpor dari luar negeri, jika belum memungkinkan. Membeli sayuran di pedagang pasar, terus dibersihkan saja, itu sudah cukup. Tidak perlu juga, memaksakan harus terus menerus, makan dengan daging untuk penuhi protein. Karena, hanya makan satu butir telur pun, protein bisa terpenuhi juga.

Baca Juga:  Pola Makan Sehat untuk Orang yang Sibuk Seperti Anda

Satu Jenis Baik Banyak Jenis Lebih Baik

Ini, hebatnya makanan sehat. Dimakan satu jenis saja, sudah baik. Kalau dimakan, dicampurkan dengan jenis yang lain, tentu akan lebih baik. Karena, bagaimana pun juga, tidak bisa menutup mata. Kandungan nutrisi di setiap jenis makanan, itu akan berbeda. Dengan mencampurkan, setiap jenis makanan, menjadi suatu hidangan. Bisa jadi cara, untuk memenuhi kebutuhan nutrisi, dengan hanya satu suapan.

Misal, ambil contoh, daging ayam. Tentu, untuk daging ayam sendiri, sudah bisa dikatakan sebagai makanan yang sehat. Tapi, kalau si daging ayam tadi, dicampurkan dengan sayuran, seperti kentang, wortel, dan kol. Juga tidak lupa, diberikan kuah kaldu ayam. Hingga, menjadikan hidangan sup. Tentu, akan jauh lebih enak dilidah, dan jauh lebih lengkap juga nutrisinya. Betul apa bener?

Nah, kira-kira, itu sih. Tiga poin tentang makanan yang sehat, yang wajib kamu ketahui. Untuk lebih memantapkan pemahaman tentang, apa yang dimaksud makanan sehat. Ada satu lagi pembahasan tambahan, yang wajib kamu ketahui. Penasaran dengan topiknya apa? Silahkan geser kembali ke arah bawah, untuk menemukan semua jawabannya. Oke?

Contoh Makanan Sehat Itu Apa?

Tidak akan terasa lengkap makan, kalau makanannya hanya dengan nasi tanpa lauk. Enggak akan afdol juga rasanya, kalau tadi kamu sudah memahami. Apa itu makanan sehat, tanpa memahami juga, apa saja contohnya. Berikut, poin-poin tentang contoh makanan sehat, yang perlu juga kamu ketahui.

Biji-Bijian dan Kacang-Kacangan

Kata siapa, makanan sehat hanya bisa sayuran dan buah-buahan aja. Karena, pada kenyataannya, biji-bijian dan kacang-kacangan pun, bisa masuk ke kelompok makanan yang sehat. Jangan salah, walaupun punya ukuran yang kecil. Biji-bijian punya nutrisi juga, antara lain, ada magnesium, vitamin E, serat, dll.   

Baca Juga:  Apakah Pisang Bagus untuk Diet? Ini yang Perlu Diketahui

Makanan Olahan Dari Susu  

Selain air putih, susu juga jadi jenis minuman, yang disarankan untuk dikonsumsi. Ini bisa terjadi karena,  susu punya kandungan kalsium yang tinggi. Selain minum susu secara langsung, mengkonsumsi makanan olahan dari susu pun, seperti keju, dan yogurt. Bisa sama-sama, menyehatkan tubuh juga.

Setelah membaca artikel ini sampai selesai. Jadi penasaran, kira-kira, pemahaman kamu soal, apa yang dimaksud makanan sehat, sudah ada peningkatan berapa persen nih sekarang?

Sumber:

https://www.halodoc.com/kesehatan/makanan-sehat

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Share on tumblr
Share on pinterest

artikel terkait

DAPATKAN E-BOOK GRATIS

Kumpulan tips diet simpel sehari-hari

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments