HOME / Tips Diet / 10 Makanan Pengganti Nasi untuk Diet Lebih Sehat dan Efektif

10 Makanan Pengganti Nasi untuk Diet Lebih Sehat dan Efektif

10 Makanan Pengganti Nasi untuk Diet Lebih Sehat dan Efektif
10 Makanan Pengganti Nasi untuk Diet Lebih Sehat dan Efektif

Bagi orang yang sedang diet sekalipun ternyata masih membutuhkan karbohidrat untuk memenuhi energi tubuh, lho. Karena itulah Anda memerlukan makanan pengganti nasi untuk diet yang lebih sehat agar nutrisi tetap terpenuhi. Setidaknya ada 10 jenis makanan pengganti nasi untuk diet nasi untuk diet ini.

Nah, apa saja makanan tersebut?

  1. Mie Shirataki Jepang

Mie ini merupakan makanan Jepang yang memiliki kalori kecil, yaitu setiap porsinya hanya sebesar 3 kkal. Setiap porsinya disajikan dalam ukuran 85 gram.

Pengganti nasi dan tepung ini dibuat dari sejenis serat yang berasal dari tanaman jepang bernama Konjac atau juga banyak yang menyebutnya Konnyaku. Jenis karbohidrat yang digunakan berupa glucomannan yang memiliki molekul lebih sederhana dari karbohidrat.

Cara membuatnya sangat mudah, yaitu hanya cukup direbus dalam waktu dua menit. Setelah itu dipanaskan kembali dengan wajan anti lengket, hingga airnya hilang.

  1. Nasi Jagung

Alternatif pengganti nasi untuk diet selanjutnya ini memiliki jumlah kalori sebesar 86 kalori dalam setiap 100 gram. Selain itu, ada kandungan vitamin B, serat, dan senyawa alami yang bisa menurunkan kolesterol jahat.

Untuk diet, jagung bisa dikonsumsi dalam bentuk nasi jagung atau tepung. Sekarang ini sudah banyak toko yang menjualnya dengan ukuran tertentu.

  1. Kentang

Jenis umbi-umbian ini bisa dikonsumsi dengan sangat mudah. Anda cukup merebus atau mengukusnya saja. Setelah itu bisa dikonsumsi dengan lauk yang lain.

Dalam kentang terkandung serat yang sangat baik sebagai alternatif pengganti nasi. Serat dalam kentang ini juga sangat baik untuk pencernaan.

  1. Oatmeal

Makanan ini memberikan efek kenyang lebih lama dibandingkan dengan nasi. Kandungan kalorinya sebesar 68 kkal dalam setiap 100 gram.

Baca Juga:  Pola Makan yang Sehat Sesuai Kebutuhan Nutrisi untuk Tubuh

Terdapat pula vitamin A, B6, kalsium, dan potasium yang tentunya sangat baik untuk kesehatan. Kandungan tersebut mampu menurunkan kadar gula dan kolesterol jahat dalam tubuh.

  1. Nasi Merah

Jika ingin tetap memakan nasi, nasi merah bisa menjadi alternatif terbaik. Dalam makanan ini memiliki karbohidrat kompleks, vitamin B6, zat besi, dan zinc.

Cara mengolahnya sama dengan memasak nasi putih biasa, namun Anda harus memberikan air lebih banyak.

  1. Ubi Jalar

Ubi jalar juga bisa menjadi makanan pengganti karbohidrat. Kandungan dalam ubi jalar ini memiliki 86 kkal dalam setiap 100 gram. Terdapat protein yang cukup besar yaitu 1,6 gram dan berbagai vitamin.

Dalam memasaknya bisa digunakan dengan berbagai cara. Mulai dari merebus, mengukus, digoreng, atau dengan memasaknya dengan makanan lainnya.

  1. Quinoa

Quinoa adalah makanan berbentuk biji-bijian kecil dengan banyak jenis. Mulai dari cokelat, merah, putih, ungu, hingga hitam. Tanaman quinoa ini ternyata sudah digunakan sejak 5 ribu tahun yang lalu.

Dalam quinoa ini terdapat protein yang cukup besar, yaitu 4 gram dalam 92 gram. Kandungan lainnya berupa asam amino, vitamin B1, B2, B3, dan berbagai zat yang sangat baik untuk tubuh.

Cara memasaknya sama dengan nasi putih. Dengan memasaknya menggunakan air, kemudian ditutup hingga airnya terserap.

  1. Bulgur

Salah satu jenis gandum ini memiliki jumlah kalori sebesar 76 kkal dalam 100 gramnya. Cara memasaknya pun juga sama dengan nasi biasa.

  1. Kembang Kol

Kembang kol merupakan sayuran pengganti nasi juga punya kandungan karbohidrat dan kalori, namun lebih aman dibandingkan dengan nasi. Dalam 57 gram kembang kol ini hanya terdapat 13 kkal.

Cara memasaknya adalah dengan memarut kembang kol, kemudian mengukusnya selama lima menit saja.

  1. Kuskus

Bijian-bijian ini juga bisa digunakan sebagai pengganti nasi ketika diet. Makanan ini kaya protein dan serat dengan kandungan karbohidrat yang rendah.

Baca Juga:  Cara Jitu untuk Meraih Berat Badan Ideal

Itulah berbagai makanan pengganti nasi untuk diet yang sangat aman dan sehat. Sebenarnya masih banyak makanan pengganti lainnya, seperti singkong, kacang garbanzo, brokoli, hingga risoni. Gunakan berbagai makanan tersebut sebagai alternatif untuk diet Anda agar lebih sehat dan efektif.

Sumber:

https://www.kompas.com/food/read/
2021/03/07/093200775/15-makanan-diet-pengganti-nasi-putih-ada-shirataki-dan-brokoli?page=all

https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/manfaat-quinoa/
https://health.kompas.com/read/
2020/06/29/060600068/7-makanan-pengganti-nasi-untuk-diet-sehat?page=all

https://www.idntimes.com/food/diet/prila-arofani/pengganti-nasi-untuk-diet

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Share on tumblr
Share on pinterest

artikel terkait

DAPATKAN E-BOOK GRATIS

Kumpulan tips diet simpel sehari-hari

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments