HOME / Kebutuhan Protein / Kebiasaan Hidup Sehat dengan Pedoman Gizi Seimbang

Kebiasaan Hidup Sehat dengan Pedoman Gizi Seimbang

Kebiasaan Hidup Sehat dengan Pedoman Gizi Seimbang
Kebiasaan Hidup Sehat dengan Pedoman Gizi Seimbang

Pugs adalah singkatan dari pesan umum gizi seimbang atau yang biasa disebut pedoman gizi seimbang. Hal ini merupakan panduan yang diberikan langsung oleh pemerintah melalui menteri kesehatan.

Dengan adanya penerapan pesan umum gizi seimbang pada masyarakat Indonesia, maka pemerintah berharap  supaya masyarakat tetap dapat hidup sehat dan bergizi seimbang. Ada berapa pesan gizi seimbang yang perlu Anda ketahui? Simak info selengkapnya pada paragraf di bawah ini.

Apa Saja Pedoman Gizi Seimbang yang Perlu Diketahui?

Kementerian kesehatan telah sebutkan 10 pesan gizi seimbang yang perlu masyarakat ketahui. Pedoman ini dapat membantu masyarakat menjalani kebiasaan hidup sehat baik di lingkungan keluarga maupun bermasyarakat.

Mengkonsumsi aneka jenis makanan pokok

Ketika sedang makan pagi, makan siang ataupun makan malam, pastikan makanan yang tersedia mengandung karbohidrat, protein, serat dan vitamin yang seimbang. Hal ini dapat membantu memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi dalam tubuh.

Membatasi makanan asin, berlemak dan manis

Mengkonsumsi makanan asin, berlemak ataupun manis tidak dilarang. Namun, pastikan Anda membatasi jenis makanan tersebut apalagi jika sudah dalam porsi besar.

Aktivitas fisik atau olahraga cukup

Selalu biasakan diri untuk melakukan aktivitas fisik atau olahraga setiap harinya. Olahraga yang teratur dapat menjaga agar badan tetap sehat dan berat badan tetap ideal.

Makan lauk dengan protein tinggi

Lauk dengan protein tinggi sangat baik bagi kesehatan. Beberapa diantaranya adalah telur, daging dan susu. Salah satu fungsi penting dari makanan berprotein tinggi tersebut adalah dapat membantu meningkatkan imun tubuh.

Mencuci tangan dengan benar

Sebelum makan,  sesudah makan dan setelah menggunakan kamar mandi adalah waktu yang tepat untuk mencuci tangan dengan benar agar terhindar dari kuman, penyakit dan juga virus. Pastikan untuk mencuci tangan dengan sabun secara tepat dan di bawah air mengalir.

Baca Juga:  5 Makanan Rendah Protein yang Aman untuk Penderita Gagal Ginjal

Tidak melewatkan sarapan pagi

Sesibuk apapun kegiatan Anda, pastikan untuk tidak melewatkan sarapan pagi. Sebelum memulai kegiatan, sarapan pagi sangat penting karena merupakan sumber energi yang dapat membantu mengawali kegiatan.

Minum air putih 8 gelas per hari

TIdak ada aturan khusus tentang konsumsi air putih yang cukup karena kebutuhannya berbeda bagi masing-masing individu. Namun, pada umumnya orang dewasa perlu 8 gelas per hari. Sudahkah Anda minum air putih sesuai anjuran?

Mengkonsumsi buah dan sayur

Buah dan sayur merupakan sumber vitamin dan serat yang sangat baik untuk menjaga keseimbangan gizi pada tubuh. Pastikan Anda mengkonsumsi sayur dan bayur secara teratur dan seimbang setiap harinya.

Membaca label kemasan makanan

Ketika sedang asik berbelanja makanan di supermarket, kemudian biasakan untuk selalu membaca label pada kemasan makanan untuk mengetahui jumlah kalori dan kandungan lainnya. Dengan begitu, Anda dapat memilah jenis makanan mana yang lebih sehat dan aman untuk dikonsumsi.

Mensyukuri makanan yang tersedia

Pedoman yang terakhir adalah dengan selalu merasa bersyukur dengan berbagai makanan yang tersedia. Maka, dengan begitu, makan pun terasa lebih nikmat dan proses mengunyah makanan tidak akan terasa tergesa-gesa sehingga makanan dapat tercerna dengan lebih baik.

Pedoman gizi seimbang di atas adalah resmi dari Kementerian Kesehatan. Tentunya masih banyak lagi hal penting lainnya yang berfungsi untuk memenuhi gizi seimbang, beberapa diantaranya seperti makan dengan porsi 4 sehat 5 sempurna dan selalu menjaga kebersihan makanan.

Sumber:

https://www.halodoc.com/artikel/pola-hidup-sehat-dengan-menerapkan-pedoman-gizi-seimbang
http://p2ptm.kemkes.go.id/infographic-p2ptm/obesitas/apa-saja-sepuluh-pedoman-gizi-seimbang
http://rsudbangkinang.kamparkab.go.id/blog/sepuluh-pedoman-gizi-seimbang
https://hellosehat.com/nutrisi/gizi-seimbang/

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Share on tumblr
Share on pinterest

artikel terkait

DAPATKAN E-BOOK GRATIS

Kumpulan tips diet simpel sehari-hari

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments