HOME / Tips Diet / 7 Rekomendasi Makan Malam Untuk Diet yang Tepat

7 Rekomendasi Makan Malam Untuk Diet yang Tepat

7 Rekomendasi Makan Malam Untuk Diet yang Tepat
7 Rekomendasi Makan Malam Untuk Diet yang Tepat

Setiap orang pasti ingin mendapatkan berat badan ideal. Cara terbaik untuk menjaga berat badan adalah dengan mengatur pola makan dengan baik. Misalnya memilih makan malam untuk diet yang tepat.

Ada beberapa menu makan malam yang bisa Anda pilih untuk memenuhi asupan nutrisi saat diet. Seperti beberapa makanan untuk diet berikut ini:

  1. Telur Utuh

Siapapun pasti sepakat bahwa telur merupakan makanan tinggi protein sekaligus mengenyangkan. Mengonsumsi satu butir telur di malam hari akan membuat Anda merasa lebih kenyang sehingga tidak perlu memasukkan makanan lebih banyak.

Selain bisa mengenyangkan perut dalam waktu lebih lama, mengonsumsi telur juga bagus untuk meningkatkan metabolisme. Bahkan kandungan gizi dalam telur sangat melimpah. Jadi, jangan ragu untuk memilih telur utuh sebagai menu diet sehat.

  1. Sayuran Hijau

Selain memilih telur untuk diet, Anda juga bisa memasukkan sayuran hijau ke dalam daftar menu wajib. Banyak jenis sayuran berwarna hijau yang bisa Anda pilih, misalnya sawi, lobak swiss, bayam, kangkung, dan masih banyak lagi.

Sayuran hijau baik untuk diet karena berfungsi optimal dalam penurunan berat badan. Apalagi sayuran hijau juga rendah karbohidrat dan kalori.

  1. Kentang Rebus

Jangan hanya mengonsumsi kentang goreng, sebab Anda bisa makan kentang rebus untuk makan malam saat diet. Selain rasanya yang enak, kentang rebus juga bagus untuk mengenyangkan perut.

Sama seperti telur, makan kentang rebus dalam porsi sedikit akan membuat Anda cepat kenyang. Dengan begitu, tidak perlu makan lebih banyak sehingga berat badan tetap terjaga dengan baik.

  1. Tuna dan Salmon

Menikmati sepiring salmon atau tuna di malam hari akan sangat menyenangkan. Selain rasanya enak, ternyata kedua makanan tersebut juga bagus untuk diet.

Baca Juga:  Mengenal Aturan, Rekomendasi Makan, dan Pantangan Diet OCD

Meskipun kedua menu bergizi itu dianggap berlemak, tetapi terbukti tidak membuat berat badan naik. Bahkan kandungan protein di dalamnya bisa membuat perut Anda merasa kenyang lebih lama. Lebih baik ganti makan malam diet Anda dengan menu salmon atau tuna.

  1. Dark Chocolate

Ada yang hobi makan cokelat hitam? Dark Chocolate dianjurkan untuk Anda yang ingin menjaga berat badan tetap ideal.

Cokelat hitam mampu memberikan ketenangan sehingga Anda terhindar dari stress. Selain itu, Anda juga bisa menekan  rasa lapar dan berhenti memasukkan banyak makanan.

  1. Kacang

Kacang merupakan camilan bergizi yang bagus untuk diet. Beberapa orang mengira bahwa kacang mengandung tinggi lemak sehingga bisa menggemukkan badan. Padahal kenyataannya tidak seperti itu.

Sebuah studi menunjukkan bahwa orang-orang yang suka makan kacang memiliki tubuh yang lebih ramping. Kendati demikian, konsumsilah kacang sewajarnya dengan tidak terlalu berlebihan.

  1. Tahu dan Tempe

Sebagai orang Indonesia, Anda pasti tidak asing lagi dengan menu tahu dan tempe. Ternyata tahu tempe tidak hanya bagus untuk sarapan saja, tetapi juga untuk makan malam.

Baik tahu maupun tempe mengandung protein tinggi yang diperlukan oleh tubuh. Sebagaimana yang diketahui bahwa mengonsumsi makanan tinggi protein bisa membuat perut cepat kenyang.

Meskipun ingin menurunkan berat badan, ingatlah bahwa Anda tidak boleh terlalu berlebihan.

Jika Anda sedang menjalankan diet, tidak ada salahnya untuk memilih salah satu dari beberapa rekomendasi makan malam untuk diet di atas. Semoga bermanfaat.

Sumber:

https://hellosehat.com/nutrisi/diet/menu-makan-malam-untuk-diet/
https://id.theasianparent.com/makan-malam-untuk-diet
https://www.healthline.com/nutrition/20-most-weight-loss-friendly-foods#TOC_TITLE_HDR_14

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Share on tumblr
Share on pinterest

artikel terkait

DAPATKAN E-BOOK GRATIS

Kumpulan tips diet simpel sehari-hari

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments