HOME / Tips Diet / 8 Jenis Sayur yang Bagus untuk Diet Penurunan Berat Badan

8 Jenis Sayur yang Bagus untuk Diet Penurunan Berat Badan

8 Jenis Sayur yang Bagus untuk Diet Penurunan Berat Badan
8 Jenis Sayur yang Bagus untuk Diet Penurunan Berat Badan

Kelebihan berat badan menjadi masalah bagi banyak orang dan banyak yang berusaha untuk menurunkannya. Sayuran mengandung bahan seperti serat dan nutrisi esensial lain untuk metabolisme dan menurunkan berat badan. Berikut ini daftar sayur yang bagus untuk diet dan membantu hidup sehat:

1. Bayam

Bayam menjadi sayur yang paling baik untuk diet karena kandungan kalorinya yang rendah dan nutrisi lainnya yang lengkap.

Serat dalam bayam cukup tinggi sehingga bisa memberikan rasa kenyang ketika dikonsumsi juga membantu pencernaan. Bayam bisa menjadi bahan salad sayur untuk diet atau Anda bisa juga menikmatinya dalam bentuk smoothie yang populer.

2. Brokoli

Selanjutnya ada brokoli, sayur yang bisa menjadi bahan dasar untuk berbagai tipe sajian. Brokoli juga menjadi sayur yang punya kandungan serat berkualitas tinggi seiring dengan mineral dan vitamin di dalamnya.

Di dalam brokoli juga terdapat senyawa fitokimia yang nantinya berperan mengurangi lemak dalam tubuh. Menu sayuran untuk diet berbahan dasar brokoli yang paling umum yaitu memanggangnya lalu memberi minyak zaitun.

3.  Cabai

Ternyata, cabai juga menjadi sayur yang cocok untuk dikonsumsi ketika tengah menjalani diet.

Panas dari cabai bisa membantu tubuh untuk membakar kalori lebih banyak lagi sehingga mengurangi lemak di tubuh. Namun, jangan terlalu berlebihan dalam konsumsi cabai karena akan mengganggu pencernaan Anda.

4. Labu Siam

Ada juga sayur labu siam yang memang sudah sangat sering ada di dalam masakan nusantara seperti lodeh atau sayur asam. Anda bisa menemukan labu siam dengan mudah di pasar ataupun toko sayur terdekat karena ketersediaannya yang melimpah.

Di balik rendahnya kandungan kalori, terdapat kandungan mineral dan vitamin yang baik untuk tubuh. Konsumsi satu cangkir labu masak hanya akan memberikan 42 kalori saja, jadi sangat cocok untuk diet.

Baca Juga:  Makan Sehari Berapa Kali Supaya Lebih Sehat

5. Kubis Brussel

Kubis brussel menjadi sayur untuk diet cepat kurus karena kandungan kalori rendah serta serat tinggi.  Tersedia pula makronutrien serta vitamin di dalam kubis brussel yang tubuh perlukan untuk metabolisme.

Anda bisa mengolah sayur ini dengan cara memanggang, merebus, atau bisa juga menumisnya tergantung selera.

6. Kembang Kol

Hampir mirip seperti brokoli, kembang kol juga rendah kalori beserta bahan serat yang tinggi. Kembang kol dalam satu cangkir hanya memiliki 27 kalori saja, konsumsi cukup banyak kembang kol tidak akan membuat gendut.

Tiga hal penting dari kembang kol yaitu bebas dari lemak, kandungan natriumnya rendah, serta rendah sodium. Kembang kol juga terdiri dari 92% air serta terdapat seratnya tinggi, perasaan kenyang akan bertahan cukup lama.

7. Wortel

Sayur lainnya untuk program diet yaitu wortel yang memang punya kalori rendah beserta serat tinggi. Di dalam wortel, terdapat serat larut dan tidak larut yang cocok untuk membuat Anda kenyang lebih lama.

Jus wortel dapat mengolah jadi jus sayur yang bagus untuk diet, Anda bisa juga menambahkan buah maupun sayuran lain atau tidak.

8. Kacang Polong

Kacang polong ternyata memiliki serat terlarut tinggi dengan fungsi memperbaiki pencernaan dalam perut.

Beberapa penelitian sudah membuktikan konsumsi kacang polong juga berkaitan dengan penurunan resiko obesitas. Bahan ini ternyata juga berfungsi dalam mengatasi radang di perut yang bisa mengakibatkan penumpukan lemak.

Masih ada beberapa jenis sayur yang bagus untuk diet lainnya seperti mentimun atau asparagus. Konsumsi sayur juga harus memperhatikan kebutuhan nutrisi harian tubuh, jadi harus diperhitungkan secara keseluruhan.

Sumber:

https://www.foodnetwork.com/healthy/articles/best-vegetables-eat-lose-weight
https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20210105154350-262-589742/12-sayuran-yang-membuat-berat-badan-turun
https://www.ndtv.com/food/weight-loss-top-9-vegetables-to-include-in-your-diet-to-burn-belly-fat-1885607

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Share on tumblr
Share on pinterest

artikel terkait

DAPATKAN E-BOOK GRATIS

Kumpulan tips diet simpel sehari-hari

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments