HOME / Kebutuhan Protein / 7 Menu Makanan Penambah Berat Badan Janin untuk Bumil

7 Menu Makanan Penambah Berat Badan Janin untuk Bumil

7 Menu Makanan Penambah Berat Badan Janin untuk Bumil
7 Menu Makanan Penambah Berat Badan Janin untuk Bumil

Kesehatan tubuh bayi perlu disiapkan sejak dalam kandungan. Salah satunya dengan memakanan makanan penambah berat badan janin yang sehat dan kaya nutrisi. Ingat ya, jangan asal menambah porsi makanan tapi tak jelas kandungan gizinya. Lebih baik konsumsi 7 menu makanan sehat untuk ibu hamil berikut ini.

  1. Kedelai

Kedelai adalah salah satu jenis makanan penambah berat badan janin dalam kandungan yang sering direkomendasikan. Anda tidak harus memakan kedelai langsung kok. Bisa juga memakan olahan kedelai, seperti tahu dan tempe. Bahan makanan ini adalah sumber protein tinggi yang juga kaya kalsium untuk membentuk jaringan bayi dalam kandungan.

  1. Telur

Banyak orang mengatakan telur rebus bisa menambah berat badan janin. Hal ini sangatlah tepat, karena telur mengandung asam folat dan zat besi yang baik. Kandungan tersebut juga dapat menguatkan selaput ketuban dan mencegah bayi lahir cacat. Menariknya lagi, telur juga kaya protein serta vitamin A dan D yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan janin.

  1. Yogurt

Cara menambah berat badan janin secara cepat bisa Anda lakukan secara mudah dengan mengkonsumsi yogurt yang kaya protein. Apalagi, olahan susu yang satu ini juga mengandung banyak probiotik baik untuk menjaga kesehatan pencernaan dan meningkatkan daya tahan tubuh. Rasanya pun enak dan bisa Anda jadikan camilan yang menyehatkan.

  1. Sayur Bayam

Untuk meningkatkan berat janin dalam kandungan, Anda perlu mengonsumsi sayuran hijau berwarna gelap yang tinggi akan zat besi, vitamin, dan mineral. Salah satu contohnya adalah sayur bayam, brokoli, atau kale.

Dari Ketiga jenis sayuran tersebut, mungkin sayur bayam adalah yang paling murah dan mudah didapat. Anda bisa mengkonsumsinya secara rutin minimal 3x seminggu. Selain mencukupi kebutuhan kalori, sayur bayam juga kaya zat antioksidan yang berkhasiat untuk mencegah berbagai gangguan kehamilan.

  1. Kentang
Baca Juga:  5+ Fungsi Protein Bagi Tubuh yang Perlu Anda Ketahui

Kentang tidak hanya baik untuk menggantikan nasi selama program diet, tapi juga bagus untuk memenuhi nutrisi ibu hamil. Selain mengandung karbohidrat tinggi untuk sumber energi, kentang juga kaya asam folat yang baik untuk kandungan. Olah dengan cara merebusnya secara tepat sebagai pengganti nasi putih sehari-hari.

  1. Alpukat

Kalau dari jenis buah-buahan, ibu hamil perlu mengkonsumsi buah alpukat yang kaya akan lemak baik dan asam folat tinggi. Selain bermanfaat untuk menambah berat badan janin, buah alpukat juga dapat membantu perkembangan janin. Bagi ibu hamil sendiri, buah berwarna hijau ini juga bermanfaat untuk menghasilkan kolesterol baik dan mencegah risiko penyakit jantung.

Sebaiknya konsumsi buah alpukat secara langsung tanpa perlu mengolahnya menjadi jus atau sejenisnya. Batasi juga konsumsinya agar tidak menimbulkan efek samping. Setidaknya cukup memakannya sebutir dalam sehari.

  1. Ikan Salmon

Makanan yang baik untuk janin berikutnya adalah ikan salmon. Jenis ikan yang satu ini memang terkenal sebagai sumber asam lemak omega 3 yang baik untuk pertumbuhan janin.

Bahan tersebut juga dapat membantu perkembangan otak dan mata janin, serta memasok protein sesuai kebutuhan. Tapi ingat untuk mengolahnya secara tepat dengan cara merebusnya sampai matang.

Ternyata makanan penambah berat badan janin bukan hanya mengutamakan kuantitas porsi. Yang lebih utama adalah kandungan gizinya yang mampu menunjang kesehatan dan pertumbuhan fisik si kecil nanti. Selain memakan makanan di atas, usahakan juga untuk menghindari makanan tak sehat yang dapat membahayakn ibu dan calon bayi.

Sumber:

https://www.popmama.com/pregnancy/second-trimester/annas/makanan-untuk-menambah-berat-badan-janin-selama-kehamilan
https://review.bukalapak.com/mom/bumil-ini-7-makanan-penambah-berat-badan-bayi-di-dalam-kandungan-43159
http://blog.sayurbox.com/10-makanan-untuk-menambah-berat-badan-janin/

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Share on tumblr
Share on pinterest

artikel terkait

DAPATKAN E-BOOK GRATIS

Kumpulan tips diet simpel sehari-hari

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments