HOME / Ahli Gizi / 5 Tanda Imun Kuat yang Perlu Anda Perhatikan!

5 Tanda Imun Kuat yang Perlu Anda Perhatikan!

5 Tanda Imun Kuat yang Perlu Anda Perhatikan!
5 Tanda Imun Kuat yang Perlu Anda Perhatikan!

Pentingnya kesadaran akan kesehatan sistem imun sangat penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Tanda imun kuat juga menunjukkan bahwa tubuh tengah berada dalam kondisi prima dan sehat. Imunitas tubuh punya peran penting dalam menjaga tubuh tetap terlindungi dari berbagai infeksi maupun penyakit.

Mengenal Imun

Imun atau sistem imun sebenarnya merupakan berbagai mekanisme perlindungan yang terdapat di dalam tubuh manusia. Secara mudah, imun artinya adalah sistem kekebalan tubuh yang punya posisi penting dalam perlindungan atau pertahanan tubuh.

Imun sendiri berfungsi dalam menjaga tubuh dari radikal bebas ataupun dari berbagai penyakit dan virus. Saat imun bekerja dengan baik maka tubuh juga akan lebih sehat serta tidak mudah sakit karena perlindungannya optimal.

Tanda Bahwa Imun Tubuh Kuat

Selama masa pandemi, kesehatan dan sistem imun harus selalu menjadi perhatian utama supaya tidak mudah terserang virus COVID-19. Berikut ini beberapa tanda yang bisa menjadi acuan dalam menentukan imun tubuh yang kuat:

1. Mengikuti Diet Sehat

Hal pertama yang sudah pasti menjadi tanda kesehatan sistem imun adalah perilaku konsumsi yang mengikuti diet sehat. Ketika Anda memperhatikan dan tetap menjaga pola makan yang sehat, maka imun sistem hampir selalu ada di kondisi terbaik.

Sayangnya, ada beberapa versi diet sehat di luar sana dan beberapa mungkin tidak sesuai dengan anjuran nutritionist. Pastikan selalu untuk mengkonsumsi beberapa jenis sayur dan buah yang berwarna-warni seperti brokoli, wortel, dan pisang.

Pilihlah jenis makanan yang punya kandungan vitamin A dan C tinggi untuk mendukung kesehatan imun tubuh. Vitamin D juga penting sebagai imun booster dan menjadi bagian pembentuk sistem imun, konsumsi misalnya telur atau jamur.

2. Punya Kesehatan Usus yang Baik

Satu hal paling penting yang mengindikasikan kesehatan imunitas tubuh adalah kesehatan organ pencernaan Anda. Sistem kekebalan tubuh sendiri tinggal di dalam usus terdapat sebanyak sekitar 80% dari total keseluruhan.

Baca Juga:  Pengertian Nutrisi Beserta Jenis dan Fungsinya

Sangat masuk akal ketika sistem pencernaan juga menunjukkan bagaimana kekebalan tubuh milik Anda. Sebuah penelitian menunjukkan ketika bakteri usus baik dan menunjukkan spektrum lebih luas, maka respons imun juga akan lebih baik.

Cara untuk menjaga jumlah bakteri baik dalam tubuh adalah dengan mengkonsumsi beberapa jenis makanan seperti pisang atau apel.

3. Suka Minum Air Putih

Perilaku konsumsi air putih ternyata juga menjadi tanda sistem imun kuat di diri seseorang. Meskipun hal ini masih belum terbukti tetapi ada beberapa alasan baik mengapa harus tetap mengkonsumsi air di 1,5-2L per hari.

Air dapat membuat tubuh tetap terhidrasi sehingga membuat sirkulasi dalam tubuh menjadi lebih baik. Ketika terjadi sirkulasi yang baik, area lymphatic tubuh akan membuat imun tubuh bisa ditransfer dengan cepat ke berbagai area.

Saat terjadi luka atau infeksi, sirkulasi yang baik akan mempercepat penyembuhan di area tersebut.

4. Bisa Dengan Mudah Sembuh dari Flu

Selanjutnya yang menunjukkan imun kuat adalah Anda bisa dengan mudah terhindar atau sembuh dari flu. Flu dapat menyerang tubuh ketika imunitas sedang rendah dan saat mulai sembuh, tubuh menunjukkan imun yang membaik.

Penyakit seperti flu dan batuk biasanya akan secara alami sembuh dalam waktu beberapa hari.

Jika Anda mengalami flu lebih lama, berarti sistem imunitas di dalam tubuh menunjukkan kurang baik.

5. Tidur dengan Nyenyak

Aktivitas tidur yang terasa nyenyak menjadi salah satu bukti bahwa kekebalan di dalam tubuh tetap terjaga.

Tidur nyenyak sendiri di waktu tertentu juga akan memperbaiki sistem kekebalan tubuh sendiri secara alami.

Saat tidur, tubuh seperti berhenti dan ada waktu luang bagi tubuh untuk memperbaiki dan memulihkan fungsi imun. Seseorang yang tidur nyenyak menunjukkan berbagai sistem dalam tubuh berfungsi optimal termasuk juga imun.

Baca Juga:  Perhatikan Asupan, Begini Cara Menghitung Kebutuhan Kalori

Memahami beberapa tanda imun kuat sebenarnya masih belum cukup untuk menjaga diri dari berbagai penyakit. Sebaiknya, selalu atur pola makan, olahraga yang teratur, dan juga konsumsi air putih agar tubuh tetap sehat.

Sumber:

https://www.halodoc.com/artikel/bingung-antara-antigen-dan-antibodi-ini-penjelasannya
https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/
20210706144908-255-663890/7-tanda-imun-tubuh-menurun-dan-cara-mengatasi
https://www.avogel.ca/blog/what-are-the-signs-of-a-strong-immune-system/
https://www.lifebuoy.co.id/semua-artikel/
berita-kesehatan/jangan-biarkan-sistem-imun-melemah-kenali-peran-pentingnya.html

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Share on tumblr
Share on pinterest

artikel terkait

DAPATKAN E-BOOK GRATIS

Kumpulan tips diet simpel sehari-hari

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments