HOME / Tips Diet / Tips Ampuh Menambah Gizi Tubuh Untuk Anda Yang Sibuk Bekerja

Tips Ampuh Menambah Gizi Tubuh Untuk Anda Yang Sibuk Bekerja

Tips Ampuh Menambah Gizi Tubuh Untuk Anda Yang Sibuk Bekerja
Tips Ampuh Menambah Gizi Tubuh Untuk Anda Yang Sibuk Bekerja

Untuk menjaga tubuh tetap sehat yakni dengan menambah gizi seimbang dalam tubuh. Oleh karena itu menjadi sangat penting memiliki pengetahuan mengenai makanan bergizi. Karena dengan itu bisa membuat seluruh organ tubuh bekerja secara maksimal.

Gaya hidup sehat tentunya memperhatikan segala macam makanan yang dikonsumsi. Ketika seseorang mengkonsumsi makanan bergizi sudah pastinya mereka akan sehat dan mendapat banyak manfaat.

Data dari Kementerian Kesehatan sudah menunjukan bahwa negara Indonesia mengalami masalah dengan gizi buruk. Sebagai negara agraris yang memiliki pangan melimpah seharusnya tidak perlu khawatir dengan masalah makanan sehat namun ini sebaliknya.

Cara Menambah Gizi Dalam Tubuh Alami

Sebagai makhluk hidup sudah pastinya akan mengkonsumsi makanan dan minuman, namun perlu menjadi perhatian perlu sadar dan paham mengenai pentingnya hidup sehat. Salah satunya dengan mengkonsumsi makanan dan minuman merupakan cara menambah kebutuhan gizi.

1. Menjalankan Program 4 Sehat 5 Sempurna

Ketika beberapa tahun silam sempat ramai diperbincangkan mengenai pentingnya program 4 sehat 5 sempurna. Tetapi pola makan teratur seperti itu seolah-olah terlupakan oleh sibuknya kegiatan sehari-hari.

Sebenarnya ketika Anda menjalankan pola makan sehat seperti itu akan mendapatkan berbagai manfaat di dalamnya. Seperti lancarnya metabolisme tubuh, badan akan terasa lebih bugar dan pastinya jauh dari segala penyakit.

Makanan ketika dikatakan baik dan sempurna ketika mencangkup 5 unsur. Seperti karbohidrat sebagai makanan pokok, lauk pauk sumber protein, sayur sebagai sumber serat, buah-buahan sebagai sumber vitamin dan susu sebagai upaya menambah kebutuhan gizi.

2. Pilih Makanan Kaya Akan Nutrisi

Semua orang menginginkan tubuh sehat dan terhindar dari segala macam penyakit. Hal itu tidak akan terwujud jika tidak memiliki kebiasaan makan sehat. Maka hal pertama yang harus dilakukan adalah membiasakan menerapkan pola makan sehat.

Baca Juga:  7 Pilihan Terbaik Menu Sarapan Pagi yang Sehat dan Bergizi

Sebenarnya untuk mengkonsumsi makanan sehat tidaklah mahal tidak Anda memiliki jiwa kreatif. Seperti lemak terdapat tidak hanya pada daging sapi, itu bisa diganti dengan daging ayam atau ikan.

Maka pemahaman seperti itu perlu ditanamkan sejak kecil, pasalnya sehat adalah sebuah kewajiban untuk hari ini. Untuk sehat perlu memenuhi asupan vitamin juga, buah sebagai sumber vitamin tentunya sangat dibutuhkan oleh manusia.

Tidak perlu membeli buah-buahan mahal seperti yang disiarkan pada televisi dan iklan. Cukup dengan buah murah seperti pepaya, pisang dan lain sebagainya cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin terlebih lagi mudah ditemui di pasar tradisional Indonesia.

3. Mengatur Pola Makan

Selain mengkonsumsi makanan sehat merupakan cara menambah kebutuhan gizi, mengatur pola makan juga menjadi faktor utama dalam melancarkan metabolisme tubuh. Yang perlu menjadi perhatian adalah pengaturan jam makan, jangan sampai telat.

Ketika seseorang memiliki jam makan buruk itu sangat berbahaya dan akan menimbulkan banyak risiko. Karena usus memiliki jam kerja nya tersendiri, oleh karena itu sarapan, makan siang dan makan malam harus berada di jam yang tepat.

Sarapan idealnya berada antara pukul 6 sampai 8 pagi, ketika makan siang idealnya sekitar jam 12 sampai 14 dan makan makan sekitar jam 6 sampai 8 malam. Jika berkonsultasi ke dokter pastinya tetap dianjurkan untuk makan 3 kali sehari.

4. Sempatkan Berolahraga

Ketika akan menambah kebutuhan gizi pada tubuh tentunya perlu menyantap makanan sehat kaya akan nutrisi. Namun selain itu perlu diketahui olahraga menjadi faktor utama untuk melengkapi semua itu.

Organ tubuh dapat bekerja maksimal ketika didorong dengan olahraga. Dalam upaya mengontrol lemak dalam tubuh perlu olahraga setiap harinya, olahraga ringan bisa di lakukan dengan 30 menit sampai 60 menit sehari.

Baca Juga:  Menaikkan Berat Badan dengan Pola Makan yang Tepat

Sudah bukan rahasia umum olahraga juga bisa melancarkan metabolisme, terlebih lagi ditambah asupan makan kaya akan nutrisi. Jika ini sudah dijadikan kebiasaan maka kesehatan Anda akan terjaga.

5. Teratur Minum Air Putih

Maksud minum air teratur disini yakni sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Jika berkonsultasi ke dokter pasti disarankan banyak minum air putih, setidaknya mengkonsumsi air putih sebanyak 1 liter per hari.

Minum air putih seperti dianggap remeh tetapi memiliki banyak manfaat. Salah satu nya ketika seseorang meminum air putih dapat mengeluarkan racun dalam tubuh dan membantu menyerap makanan dengan baik.

Ketika bangun tidur disarankan untuk langsung minum air putih, ketika selesai makan dan sebelum tidur. Kebiasaan seperti ini jika terus dilakukan akan membuat tubuh menjadi lebih bugar.

Kesehatan itu tidak murah, maka sebagai orang yang sadar mengenai kesehatan harus mulai menerapkan pola makan sehat. Dengan demikian menjadi cara untuk menambah gizi pada tubuh.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Share on tumblr
Share on pinterest

artikel terkait

DAPATKAN E-BOOK GRATIS

Kumpulan tips diet simpel sehari-hari

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments