HOME / Berat Badan / Daftar Menu Diet Sehat dan Murah, Tubuh Makin Langsing

Daftar Menu Diet Sehat dan Murah, Tubuh Makin Langsing

Daftar Menu Diet Sehat dan Murah, Tubuh Makin Langsing
Daftar Menu Diet Sehat dan Murah, Tubuh Makin Langsing

Daftar menu diet sehat dan murah tepat untuk membantu Anda dalam membentuk tubuh jadi ideal. Tidak harus repot dan bingung memikirkan dompet karena menu yang mahal dan rumit.

Ada banyak menu yang bisa orang dapatkan dengan mudah dan simpel, tentunya juga terjangkau di kantong. Selain itu menu-menu tersebut juga mengandung berbagai nutrisi yang memenuhi kebutuhan tubuh manusia.

Sehingga bisa menjaga proses metabolisme tubuh yang bagus serta bisa membuat berat badan turun dengan mudah. Lantas seperti bagaimana sebenarnya menu diet dikatakan sehat?

Memilih Daftar Menu Diet Sehat dan Murah, Simak Dulu Penjelasan Ini

Banyak orang yang berpendapat bahwa, cara diet seseorang yakni dengan mengurangi porsi dan jenis makanan.

Padahal bukan hanya demikian, seseorang yang ingin diet sehat bisa dengan mengatur kalori yang masuk dan keluar.

Salah satu caranya dengan memilih daftar menu diet sehat dan murah agar aman di kantong. Meskipun makanan yang masuk dalam jumlah banyak, tapi kalau sesuai dengan kebutuhan tubuh bukan jadi masalah.

Karena masing-masing orang punya kegiatan yang tidak sama dan kebutuhan kalori yang berbeda. Apabila menginginkan untuk menjalani diet maka bisa dengan melakukan langkah tersebut.

Dalam menjalani program diet, sebaiknya memilih menu yang sehat. Selain bisa mengurangi kalori, usahakan menu yang Anda pilih bisa memberikan nutrisi yang baik untuk tubuh. Seperti kandungan vitamin dan mineral yang terpenuhi dengan tepat.

Kebutuhan Kalori Tubuh Setiap Harinya

Seperti informasi sebelumnya bahwa setiap tubuh manusia membutuhkan jumlah kalori yang tidak sama. Perbedaan ini karena aktivitas fisik yang tidak sama pada tiap individunya.

Memiliki tubuh yang tidak ideal alias kegemukan membuat tidak nyaman? Selain itu bisa bikin tubuh makin tidak sehat karena gemuk bisa memicu berbagai penyakit di dalam tubuh Anda.

Selain itu pola diet yang tepat akan membantu menurunkan berat badan dengan sehat. Pasalnya diet yang ekstrem dan tidak tepat juga berpotensi untuk membuat tubuh jadi tidak sehat.

Salah satu caranya adalah dengan melakukan defisit kalori. Apa itu defisit kalori? Makan dengan memperhatikan jumlah kalori yang masuk ke tubuh sesuai dengan kebutuhan.

Orang juga bisa membantu dengan meningkatkan aktivitas fisik untuk melakukan pembakaran kalori yang lebih banyak. Sehingga apabila ingin hasil maksimal bisa memadukannya dengan menjaga pola makan dan aktivitas fisik.

Apabila Anda disiplin maka berat badan bisa ideal dan tentunya akan membuat tampilan makin cantik. Jumlah kebutuhan kalori pada masing-masing orang berbeda setiap harinya.

Baca Juga:  Tanpa Disadari, Ini 5 Kegiatan yang Bikin Gemuk

Selain itu juga karena faktor yang mempengaruhinya, seperti aktivitas fisiknya, usia, jenis kelamin, dan lainnya. Anda bisa mencoba menghitung kebutuhan kalori setiap harinya.

Menghitung kebutuhan kalori per harinya bisa berdasarkan jenis kelamin seperti berikut ini.

  1. Laki-laki, rumusnya adalah 10 x (berat badan dalam kg) + 6,25 x (tinggi dalam cm) – 5 x (usia) + 5
  2. Rumus menghitung kalori perempuan adalah 10 x (berat badan dalam kg) + 6,25 x (tinggi dalam cm) – 5 x (usia) – 161

Daftar Menu Diet Sehat dan Murah yang Rekomended untuk Anda

Beberapa menu diet sehat dan murah berikut bisa Anda aplikasikan dalam menjalani kebutuhan makanan sehari-hari. Asupan makanan yang tepat dan sehat akan membantu membuat tubuh jadi lebih ideal dan bugar.

1. Omelet, Salad Buah, dan Sup Sayur Sosis

Daftar menu diet sehat dan murah untuk sarapan bisa pakai omelet yang membutuhkan tambahan sayur. Telur di pagi hari cukup rekomended sekali untuk membantu memberikan tenaga pada tubuh. Selain itu, bahan juga mudah, bergizi, dan murah.

Untuk menu pada makan siangnya bisa dengan salad buah yang mudah ditemukan di rumah. Bisa pakai pisang dengan campuran madu/yoghurt. Bisa juga pakai buah lainnya seperti apel, melon, semangka dan sebagainya.

Makan malamnya bisa menggunakan sup sayur sosis. Seperti buncis, wortel, atau brokoli bisa juga. Kemudian untuk tambahan protein bisa menggunakan sosis secukupnya saja.

2. Capcay, Buah Apel, dan Susu Rendah Lemak

Menu sarapan pagi bisa makan menggunakan menu capcay sayuran dan tambahan sosis, ayam cincang, atau yang lainnya. Dalam membuatnya Anda bisa menghilangkan tepung tapioka atau maizena yang menjadi kuah capcay.

Untuk menu makan siang bisa menggunakan berbagai pilihan buah-buahan. Bisa buah apel, alpukat, atau pisang. Memilih satu atau dua buah untuk mengganjal perut.

Pada malamnya bisa memilih untuk meminum segelas susu rendah lemak saja. Tidak harus membeli susu mahal, bisa pakai produk di pasaran yang kemasan sachet atau bijian untuk susu cepat saji. Pastikan juga mengurangi gula agar tak menjadi energi yang sia-sia di malam hari.

3. Sup Tahu, Buah Pir, Sari Kacang Hijau

Daftar menu diet sehat dan murah di pagi hari bisa memilih sup tahu yang terjangkau. Anda bisa menambahkan berbagai sayuran hijau seperti wortel, sawi, dan sebagainya.

Sedangkan pada siangnya bisa memilih untuk makan buah pir satu biji dengan banyak mengkonsumsi air putih. Kalau malas makan, bisa dengan membuatnya jadi jus. Boleh juga mengganti buah pir dengan buah lain seperti apel atau lainnya yang ada di rumah.

Baca Juga:  Cara Mengecilkan Paha Sambil Tiduran Yang Pastinya Mudah Banget

Pada malam hari menu diet yang sehat bisa memilih sari kacang hijau. Bisa menggunakan produk kemasan atau bikin sendiri. Sari kacang hijau bikin sendiri tentu lebih sehat dan bisa mengatur kadar gula sesuai kebutuhan.

4. Steak Tempe, Sup Sayur, dan Buah Apel

Daftar menu diet sehat dan murah selanjutnya bisa dengan menggunakan bahan praktis yang sering ada yaitu tempe. Namun, supaya lebih lezat maka bisa mengolahnya menjadi steak yang rasanya tidak kalah dengan daging.

Caranya bisa mencari resep steak daging di internet. Anda juga dapat menambahkan sayuran seperti wortel, buncis, dan lainnya.

Pada siang harinya menu diet yang segar dan sehat bisa memilih sup sayur. Kalau membeli di tukang sayur satu paket olahan sup cuma Rp5.000 per bungkus. Tapi, kalau di supermarket lebih mahal. Namun semua sama-sama sehat dan bisa orang gunakan.

Malamnya makan buah saja satu butir atau tergantung dengan jenisnya. Boleh juga menggunakan 2 atau 3 buah apel yang ukurannya kecil, seperti apel manalagi, apel ana, dan lainnya.

5. Telur Rebus, Urap Sayur dan Tempe, Jus Buah

Malas memasak? Bisa pakai menu gampang telur rebus saja. Cukup mendidihkan air kemudian masukkan telur beberapa menit sesuai keinginan. Lebih baik jika kuningnya masih berwarna oranye, kira-kira 7-8 menitan.

Kupas dan makan, boleh menambahkan sayur kalau mau. Bisa juga pakai telor asin, jadi tidak perlu memasaknya lagi.

Menu makan siang bisa pakai urap-urap sayuran hijau. Yang enak dibuat urap adalah sayur sawi, daun singkong, daun kenikir, atau daun pepaya kalau suka pahit. Bisa menambahkan kecambah dan kacang panjang.

Makan pakai tempe goreng atau tempe yang diberikan bumbu agar makin lezat dan nikmat diet Anda.

Malamnya bisa minum jus buah saja. Bebas, mau pakai buah apa, asalkan penggunaan gula tidak banyak. Akan lebih baik kalau tanpa gula. Kalau belum terbiasa maka bisa dengan menggunakan gula khusus diet atau sedikit saja.

Daftar menu diet sehat dan murah di atas bisa Anda aplikasikan untuk membantu membentuk tubuh ideal dan sehat. Semoga informasi kami bisa membantu, selamat mencoba.

artikel terkait

DAPATKAN E-BOOK INI

Kumpulan tips diet simpel sehari-hari

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments