HOME / Berat Badan / 5 Penyebab Badan Kurus Walaupun Makan Banyak

5 Penyebab Badan Kurus Walaupun Makan Banyak

5 Penyebab Badan Kurus Walaupun Makan Banyak
5 Penyebab Badan Kurus Walaupun Makan Banyak

Pasti Anda sering menemui seseorang yang sering makan banyak tetapi tidak bisa gemuk. Bisa jadi Anda sendiri yang mengalaminya atau kerabat dan teman Anda. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi penyebab badan kurus walaupun makan banyak.

Anda sebaiknya lebih memerhatikan kondisi ini. Karena bisa jadi penyebab badan kurus susah gemuk adalah indikasi adanya penyakit. Atau bisa jadi Anda sudah memiliki bawaan metabolisme tubuh yang cepat sejak lahir.

Beberapa orang merasa gagal ketika merasa tubuhnya terlalu kurus padahal sudah makan di atas porsi normal.

Maka dari itu, Anda perlu tahu apa saja penyebab badan tetap kurus walaupun sudah makan banyak. Simak beberapa diantaranya berikut ini.

  1. Faktor Genetik

Beberapa orang memang memiliki faktor genetik atau keturunan dalam hal metabolisme tubuh. Metabolisme yang cepat juga memengaruhi kondisi tubuh Anda karena berperan dalam pembakaran kalori. Mereka ini memiliki genetik kurus sejak lahir.

Kalori yang tidak lama berada di dalam tubuh akhirnya habis terlebih dahulu sebelum berubah menjadi lemak. Hal ini yang dapat menyebabkan tubuh tetap kurus walaupun sudah mengonsumsi banyak makanan.

Beberapa orang yang mengalami kondisi ini dianjurkan untuk mengonsumsi makanan lebih banyak daripada orang normal. Karena bagaimanapun, tubuh juga memerlukan kalori untuk diubah menjadi energi.

Belum lagi jika orang yang memiliki faktor ini sering kali berolahraga dan beraktivitas tinggi, maka asupan kalori bisa jadi kurang terpenuhi.

  1. Makanan Rendah Kalori

Jika Anda bingung kenapa tetap kurus padahal sudah makan banyak, bisa jadi Anda kurang tepat mengonsumsi makanan.

Penyebabnya Anda hanya makan jenis makanan yang memiliki kalori rendah. Beberapa di antaranya adalah sayur dan buah-buahan. Meskipun jenis makanan ini menyehatkan, tapi sebaiknya Anda tetap mengonsumsi makanan yang mengandung banyak gizi, protein, dan kalori.

Baca Juga:  5 Pilihan Makanan yang Bisa Menambah Berat Badan

Sebab, tubuh Anda juga butuh kalori yang akan berubah menjadi energi bagi tubuh. Jika Anda terlalu banyak kekurangan kalori, Anda akan mudah lelah.

  1. Olahraga Berlebihan

Jika tubuh Anda tidak gemuk namun Anda hanya mengkonsumsi buah dan sayuran, kemudian ditambah olahraga yang berlebih, itu adalah hal yang salah kaprah. Hal itu mungkin tepat bagi orang yang kegemukan namun membahayakan bagi orang yang kurus dan tidak ideal.

Olahraga yang rutin dan seimbang memang dapat menyeimbangkan kalori dalam tubuh, tentunya diimbangi dengan asupan kalori yang cukup pula.

Namun, apabila kalori yang terbakar dalam tubuh lebih banyak daripada kalori yang didapatkan dari makanan, maka dapat menyebabkan tubuh Anda kurus.

Ini bisa menjadi salah satu penyebab bagi sebagian orang yang sudah makan banyak tetapi tetap kurus.

  1. Stres

Stres adalah pemicu hal-hal buruk bagi tubuh Anda. Berbagai penyakit timbul akibat stres dan bisa mempengaruhi perubahan pola hidup. Jadi sebisa mungkin jangan stres, ya.

Orang yang mengalami stres biasanya pola makannya jadi sembarangan. Bisa jadi sangat jarang makan ataupun terlalu banyak makan.

Bagi orang yang kurus, stres bisa menyebabkan perut buncit tetapi bagian tubuh lainnya tetap dalam keadaan kurus. Kok bisa?

Penyebabnya adalah tingginya hormon kortisol dalam darah. Kortisol adalah hormon yang dilepaskan ketika Anda mengalami stres. Hormon kortisol mendorong pematangan sel lemak jahat yang menyebabkan penumpukan lemak pada bagian perut saja.

Maka dari itu, semua orang disarankan untuk jauh dari stres, tidurlah yang cukup. Karena stres adalah pemicu berbagai macam masalah kesehatan.

  1. Penyakit

Penyebab selanjutnya yang harus Anda waspadai adalah timbulnya penyakit yang tidak Anda sadari. Beberapa penyakit dalam dapat mempengaruhi metabolisme tubuh Anda.

Baca Juga:  Tidur Jam Berapa Yang Bikin Gemuk? Ini Faktanya!

Beberapa penyakit mengkhawatirkan yang menyebabkan orang memiliki badan terlalu kurus adalah diabetes, AIDS, hingga kanker.

Maka dari itu, jika Anda merasakan kejanggalan dalam tubuh Anda, sebaiknya segera periksakan ke dokter.

Itulah beberapa penyebab badan kurus walaupun makan banyak. Anda harus lebih memperhatikan apa saja yang terjadi terhadap tubuh Anda. Semoga sehat selalu, ya.

Sumber:

https://hot.liputan6.com/read/4169742/5-penyebab-tetap-kurus-walau-makan-banyak-bisa-tandakan-penyakit
https://health.kompas.com/read/2021/08/05/133100668/6-penyebab-banyak-makan-tapi-tetap-kurus?page=all
https://hellosehat.com/nutrisi/berat-badan-turun/penyebab-banyak-makan-tapi-tetap-kurus/

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Share on tumblr
Share on pinterest

artikel terkait

DAPATKAN E-BOOK GRATIS

Kumpulan tips diet simpel sehari-hari

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments